Ukuran Celah Klep Jupiter Z: 4 Ukuran Dan Penyetelan

Jupiter Z adalah sepeda motor yang diproduksi oleh Yamaha. Ukuran celah klep pada Jupiter Z sangat penting untuk menjaga kinerja mesin dan menghindari kerusakan. Celah klep adalah jarak antara bagian atas katup dan bagian bawah rocker arm ketika klep berada dalam posisi tertutup.

Ukuran celah klep harus disesuaikan dengan spesifikasi pabrik yang tercantum dalam manual pengguna. Jika celah klep terlalu kecil, maka klep tidak akan sepenuhnya tertutup, yang dapat menyebabkan kebocoran tekanan yang mempengaruhi kinerja mesin dan dapat mengakibatkan kerusakan pada klep atau rocker arm. Sebaliknya, jika celah klep terlalu besar, maka performa mesin dapat menurun dan bahkan menyebabkan kerusakan pada mesin.

Oleh karena itu, penting untuk memeriksa celah klep secara teratur dan menyesuaikannya sesuai dengan rekomendasi pabrik. Hal ini akan membantu menjaga kinerja mesin yang optimal dan mencegah kerusakan yang tidak diinginkan.

ukuran celah klep jupiter z

Ukuran Celah Klep Jupiter Z

Seiring dengan bertambahnya usia motor, beberapa komponennya mulai aus, termasuk klep. Klep motor Jupiter yang seringkali terlupakan dapat mengalami perubahan yang dapat memengaruhi performa motor Jupiter.

Maka dari itu, setiap motor memiliki standar ukuran celah klep yang berbeda-beda. Berikut adalah standar ukuran celah klep pada motor Yamaha Jupiter Z:

  1. Yamaha Jupiter lama memiliki celah katup masuk 0,5 mm dan katup buang 0,08 mm
  2. Jupiter Z memiliki celah katup masuk 0,05 mm dan katup buang 0,08 mm
  3. Yamaha New Jupiter MX 135 memiliki celah katup masuk 0,10 mm dan celah katup buang 0,15 mm
  4. Jupiter Z1 memiliki celah katup masuk 0,08 mm dan katup buang 0,10 mm

Setelah mengetahui ukuran celah klep, perlu juga diketahui ukuran klep Jupiter. Klep Jupiter memiliki dua bagian sama seperti yang lain yaitu Klep In dan Klep Ex. Klep In berfungsi untuk mengatur masuknya udara dan bahan bakar ke mesin, sedangkan Klep Ex berfungsi untuk mengatur gas tersisa pembakaran.

Ukuran Klep Jupiter Z

Ukuran diameter klep pada motor Yamaha Jupiter juga berbeda-beda untuk setiap typenya. Berikut adalah daftar ukuran klep Yamaha Jupiter:

  1. Yamaha Jupiter lama memiliki klep in sebesar 23 mm dan klep buang 20 mm
  2. Jupiter Z memiliki katup masuk sebesar 23 mm dan katup buang 20 mm
  3. Yamaha New Jupiter MX 135 memiliki klep in sebesar 19 mm dan klep buang 17 mm
  4. Jupiter Z1 memiliki katup masuk 26 mm dan katup buang sebesar 21.5 mm

Cara Menyetel Klep Jupiter Z

Setelah mengetahui ukuran celah klep dan ukuran klep Jupiter, perlu juga diketahui cara menyetel celah klep Jupiter Z. Berikut cara menyetel celah klep Jupiter Z:

  1. Hal pertama yaitu menyiapkan kunci 24 (untuk membuka tutup klep), kunci ring 8/9, kunci T 17, kunci klep, filler gauge, dan obeng kembang.
  2. Buka tutup pertanda pengapian yang terletak di kiri bak oli. Terkadang bisa juga menggunakan koin.
  3. Setelah dibuka, ambil kunci T17. Lalu putar baut dalam gearbox bersimpangan dengan arah jarum jam, dan rasakan torsinya saat diputar. Pertanda agak berat.
  4. Putarlah secara perlahan-lahan sampai tanda top atau 'T' sesuai dengan lubang kecil yang telah dibuka sebelumnya.
  5. Buka tutup klep In (atas) saat berada di posisi TOP, lalu klepnya dapat digoyangkan. Jika belum TOP, saat klep disentuh tidak ada pergerakan.
  6. Kendorkan baut klep in (masuk) dengan kunci ring 8, lalu masukkan filler 0,07. Putar baut klep

Diatas merupakan ulasan terkait ukuran celah klep jupiter z dan cara menyetelnya. Semoga dapat menambah wawasan pengetahuan.

Posting Komentar untuk "Ukuran Celah Klep Jupiter Z: 4 Ukuran Dan Penyetelan"