Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Starter Motor Bunyi Cetak Cetek: 5 Penyabab Dan Perbaikan

Terkadang saat menggunakan starter motor, kita bisa mendengar suara atau bunyi "cetak cetek" yang mengganggu dan tidak normal. Starter motor sendiri merupakan salah satu komponen penting dalam sistem penggerak mesin pada kendaraan bermotor. Fungsi utama starter motor adalah untuk memutar mesin pada saat pertama kali dihidupkan.

Suara ini bisa menjadi pertanda ada masalah pada starter motor atau komponen lainnya dalam sistem penggerak mesin. Pada artikel ini, akan dijelaskan beberapa kemungkinan penyebab starter motor bunyi "cetak cetek" dan cara mengatasinya.

starter motor bunyi cetak cetek

Starter Motor Bunyi Cetak Cetek

Bunyi tek tek yang terdengar saat menghidupkan starter motor biasanya berasal dari relay starter, juga dikenal sebagai bendiks starter. Beberapa faktor yang dapat menyebabkan bunyi cetak cetek dari starter motor meliputi:

1. Battery lemah

Penyebab utama bunyi cetak cetek pada starter motor adalah akibat baterai yang lemah. Baterai merupakan sumber listrik yang menyuplai kebutuhan mekanisme kelistrikan starter. Kondisi baterai yang buruk dapat mempengaruhi performa starter elektrik.

Ketika kondisi baterai lemah atau rusak, motor starter mungkin tidak dapat dinyalakan atau tidak cukup kuat untuk melakukan starter, atau bahkan hanya dapat mengaktifkan relay starter saja. Jika hanya listrik pada baterai yang cukup untuk mengaktifkan relay starter saja, maka saat tombol starter ditekan, hanya akan terdengar bunyi tek tek.

Untuk memperbaiki hal ini, baterai harus dicharger jika memungkinkan, namun jika tidak, maka baterai harus diganti dengan yang baru.

2. Kabel putus

Kabel putus dari relay starter ke motor starter dapat menyebabkan bunyi cetak cetek saat tombol starter ditekan. Hal ini terjadi karena arus listrik tidak dapat mengalir ke motor starter sehingga motor starter tidak dapat dihidupkan dan hanya terdengar bunyi tek tek pada bagian relay starter.

Meskipun jarang terjadi, jika kabel putus maka perbaikan dapat dilakukan dengan menghubungkan kabel tersebut kembali.

3. Sikat starter habis

Sikat starter yang habis dapat menyebabkan bunyi tek tek saat tombol starter ditekan. Dalam kondisi ini, listrik tidak dapat mengalir ke motor starter sehingga motor starter tidak dapat dihidupkan. Selain itu, saat proses starter, hanya terdengar bunyi tek tek pada relay starter. Untuk memperbaiki hal ini, sikat pada motor starter harus diganti.

4. Relay Starter rusak

Dalam mekanisme starter yang menggunakan listrik, ada sebuah elemen motor yang disebut switch atau relay starter. Relay starter memiliki beberapa fungsi penting, karena di dalam elemen ini terdapat buypass, sehingga arus dari baterai akan langsung mengalir ke tombol starter motor.

Relay starter yang telah digunakan untuk waktu yang lama dapat menyebabkan lilitan menjadi rusak. Hal ini dapat menyebabkan motor mengeluarkan suara tek tek saat dihidupkan. Hal ini terjadi karena salah satu dari 2 kabel relay yang terputus ke tombol starter.

5. Motor Starter yang tidak berfungsi

Ini merupakan salah satu penyebab paling akhir saat suara starter pada motor mengeluarkan bunyi cetak cetek. Penyebab ini biasanya muncul karena habisnya bostel pada motor starter. Hal ini dapat menyebabkan starter motor Anda mengeluarkan bunyi tek tek saat ingin melakukan starter.

Jika bostel pada motor sudah habis dan tidak mengeluarkan bunyi tek tek, kemungkinan ada masalah pada sisi lain seperti magnet dinamo starter, massa, atau bahkan arang dinamo motor yang habis.

Cara Memperbaiki Starter Motor Bunyi Cetak Cetek

Berikut adalah beberapa cara memperbaiki starter motor yang mengeluarkan bunyi cetak cetek:

  1. Periksa kondisi battery atau aki. Jika battery lemah atau rusak, maka starter motor tidak dapat berfungsi dengan baik. Battery harus dicharger jika memungkinkan atau diganti dengan yang baru.
  2. Cek kabel-kabel yang menghubungkan relay starter ke motor starter. Kabel yang putus dapat mengakibatkan bunyi tek-tek saat switch starter didesak. Jika kabel putus, maka kabel harus disambungkan kembali.
  3. Periksa kondisi sikat starter. Jika sikat starter habis, maka muncul bunyi tek-tek saat switch starter didesak. Sikat starter dapat diganti untuk memperbaiki masalah ini.
  4. Periksa kondisi relay starter. Jika relay starter rusak, maka motor starter tidak akan menerima arus listrik yang cukup, sehingga hanya mengeluarkan bunyi tek-tek saat switch starter didesak. Relay starter dapat diganti untuk memperbaiki masalah ini.
  5. Periksa motor starter. Jika motor starter bostel atau brush habis, maka motor starter tidak dapat berfungsi dengan baik dan mengeluarkan bunyi tek-tek saat switch starter didesak. Motor starter perlu diganti atau diperbaiki untuk memperbaiki masalah ini.

Perlu diingat, jika tidak yakin atau tidak memiliki keahlian dalam memperbaiki starter motor, sebaiknya meminta bantuan dari mekanik yang terlatih dan berpengalaman.

Diatas merupakan ulasan terkait berbagai faktor penyebab starter motor bunyi cetak cetek dan cara memperbaiki. Semoga dapat menambah wawasan pengetahuan.

Posting Komentar untuk "Starter Motor Bunyi Cetak Cetek: 5 Penyabab Dan Perbaikan"