Parking Brake Lever: Fungsi Dan Cara Kerja

Fungsi Dan Cara Kerja Parking Brake Lever - Parking brake lever atau tuas rem parkir merupakan salah satu komponen penting pada mobil untuk menjaga mobil agar tetap dalam posisi yang stabil saat diparkir. Meskipun rem parkir ini tidak sering digunakan, tetapi sangat penting untuk memastikan keselamatan berkendara. Hal ini karena rem parkir berfungsi sebagai pengaman tambahan saat mobil parkir di tempat yang miring atau licin.

Parking brake lever umumnya terletak di antara kursi pengemudi dan penumpang, tepat di bawah dashboard. Biasanya parking brake lever ini berbentuk tuas yang bisa ditarik ke atas atau ditekan ke bawah untuk mengaktifkan atau menonaktifkan rem parkir pada mobil.

Pada mobil modern, ada beberapa jenis rem parkir yang digunakan, termasuk rem parkir elektronik dan rem parkir otomatis. Namun, rem parkir konvensional dengan menggunakan parking brake lever masih banyak digunakan pada mobil-mobil keluaran lama atau pada mobil-mobil dengan harga yang lebih terjangkau.

Dalam panduan ini, kita akan membahas cara kerja, fungsi, dan cara menggunakan parking brake lever pada mobil. Hal ini akan membantu pengemudi untuk memahami pentingnya rem parkir dan bagaimana cara menggunakan parking brake lever dengan benar untuk menjaga keselamatan dalam berkendara.

parking brake lever

Fungsi Parking Brake Lever

Parking brake lever, atau yang juga dikenal sebagai tuas rem parkir, merupakan bagian penting dari sistem rem parkir pada mobil. Fungsi dari parking brake lever adalah untuk mengaktifkan dan menonaktifkan sistem rem parkir pada mobil.

Saat parking brake lever ditarik, kabel rem parkir akan menarik kumparan rem pada roda belakang, yang membuat roda belakang terkunci sehingga mobil tidak dapat bergerak. Hal ini sangat penting untuk menjaga mobil agar tetap dalam posisi yang stabil saat diparkir, terutama pada permukaan yang miring atau licin.

Selain itu, parking brake lever juga memiliki fungsi sebagai pengaman tambahan jika terjadi kegagalan pada sistem rem utama pada mobil. Jika sistem rem utama pada mobil gagal, maka sistem rem parkir dapat digunakan sebagai alternatif untuk menghentikan mobil dengan aman.

Oleh karena itu, penting untuk memastikan bahwa parking brake lever berfungsi dengan baik dan kabel rem parkir dalam kondisi yang baik, sehingga dapat bekerja dengan optimal dan memberikan keamanan tambahan saat mobil diparkir. Pemeriksaan dan perawatan berkala pada sistem rem parkir pada mobil juga sangat disarankan untuk memastikan bahwa sistem ini selalu dalam kondisi yang baik dan dapat berfungsi dengan optimal.

Cara Kerja parking Brake Lever

Cara kerja parking brake lever pada mobil cukup sederhana. Ketika parking brake lever ditarik, kabel rem parkir yang terhubung dengan tuas rem parkir akan menarik kumparan rem pada roda belakang. Berikut ini adalah langkah-langkah cara kerja parking brake lever pada mobil:

1. Aktivasi parking brake lever

Cara kerja parking brake lever pada mobil dimulai dengan mengaktifkan atau menarik parking brake lever. Hal ini akan membuat kabel rem parkir menarik tuas rem parkir dan menarik kumparan rem pada roda belakang. Dalam kondisi normal, parking brake lever akan mengunci roda belakang dan mencegah mobil agar tidak bergerak.

2. Menarik kampas rem

Setelah kumparan rem pada roda belakang ditarik oleh kabel rem parkir, kampas rem pada roda belakang akan menekan rotor atau drum rem, dan membuat roda belakang terkunci. Hal ini sangat penting untuk menjaga mobil agar tetap dalam posisi yang stabil saat diparkir, terutama pada permukaan yang miring atau licin.

3. Sistem pegas

Setelah parking brake lever dilepaskan, sistem pegas akan mengembalikan kampas rem pada roda belakang ke posisi semula, sehingga roda belakang bisa berputar kembali. Fungsi sistem pegas ini sangat penting untuk memastikan bahwa kampas rem tidak terus menekan rotor atau drum rem pada roda belakang, sehingga tidak mengganggu kinerja sistem rem utama pada mobil.

4. Pemeriksaan

Untuk memastikan bahwa parking brake lever berfungsi dengan baik, sebaiknya dilakukan pemeriksaan secara berkala pada komponen-komponen rem parkir, termasuk kabel rem, tuas rem, kumparan rem, dan sistem pegas. Pemeriksaan berkala ini penting untuk mendeteksi kerusakan atau keausan pada komponen-komponen tersebut, sehingga dapat segera diperbaiki sebelum terjadi kegagalan pada sistem rem parkir. Selain itu, pemeriksaan berkala juga dapat memperpanjang umur pakai komponen rem parkir dan menjaga keamanan dan kenyamanan dalam berkendara.

Diatas adalah ulasan terkait fungsi dan cara kerja dari parking brake lever pada mobil. Semoga dapat menambah wawasan pengetahuan.

Posting Komentar untuk "Parking Brake Lever: Fungsi Dan Cara Kerja"