Perbedaan Resonator Panjang Dan Pendek: 3 Faktor Dan Akibatnya

Perbedaan Resonator Panjang Dan Pendek - Resonator adalah salah satu bagian penting pada knalpot mobil. Berdasarkan konstruksinya terdapat dua jenis yaitu resonator panjang dan pendek. Lalu apa perbedaan resonator panjang dan pendek?

Sekarang ini lumayan banyak resonator dengan beragam ukuran yang dipasarkan di online shop sampai off-line. Konstruksi resonator ini tentu akan berpengaruh terhadap hasil yang dikeluarkan oleh knalpot mobil. Untuk lebih jelasnya terkait perbedaan resonator panjang dan pendek akan diulas lebih dalam pada artikel berikut ini. 

perbedaan resonator panjang dan pendek

Efek Penggunaan Resonator Mobil Yang Tidak Standar

Sama seperti yang sudah diterangkan di atas, resonator jadi sisi penting dalam mekanisme knalpot karena mempunyai dua fungsi khusus, yaitu:

  1. Menahan suara yang ada sepanjang mesin bekerja
  2. Membuat back pressure dalam saluran gas buang

Dari ke-2 fungsi itu, dampak khusus yang bisa dirasa dari kehadiran resonator dalam mekanisme knalpot adalah peredam suara. Adanya resonator, karena itu suara yang dibuat mesin dan keluar lewat knalpot jadi lebih kecil, alias tidak begitu keras. Dengan demikian, Anda dan penumpang dalam kabin mobil tidak terusik dengan suara mobil ketika perjalanan.

Untuk yang belum ketahui letak resonator, elemen ini bisa terpasang di muka catalytic converter, dekat sama header. Selainnya itu dapat terpasang di belakang catalytic converter dekat muffler.

Sayang, ada banyak orang yang lebih sukai untuk melepas resonator dari mekanisme knalpot mobil. Apa saja dampaknya bila tidak ada resonator dalam knalpot mobil?

1. Suara knalpot lebih berisik dan bising

Fungsi resonator bermanfaat untuk menahan suara kerja mesin. Tanpa adanya bagian ini, suara knalpot jadi lebih berisik dan bising hingga bisa mengusik pendengaran sejauh perjalanan.
Apa lagi saat pedal gas diinjak lebih dalam. Karena itu suara knalpot makin berisik saja. Meskipun berkesan mengusik, ada sebagian orang yang lebih menyukai hal ini.

2. Konsumsi bahan bakar boros

Dampak lain lenyapnya resonator dari mekanisme knalpot adalah beralihnya konsumsi bahan bakar. Kenapa dapat demikian? Konsumsi bahan bakar makin bertambah karena beberapa orang lebih menyukai untuk akselerasi dengan menekan pedal gas lebih dalam.

Untuk bagian teknisnya sendiri, di antara input dan output yang dibuat mesin pun tidak tepat. Terutamanya saat mesin ada di RPM bawah. Keadaan mesin menjadi lebih ngempos hingga perlu mencapai pedal gas lebih dalam.

3. Perform mesin berubah

Fungsi resonator dalam membuat back pressure pada gas buang yang pada akhirnya lenyap membuat perform mesin berlainan. Perform mesin bisa turun terutamanya saat ada di RPM bawah.

Begitupun saat mesin berada di RPM tinggi. Dari ini saja, kelihatan jika memang tidak ada keuntungan yang timbul dengan melepas resonator dari mekanisme knalpot mobil Anda.

Perbedaan Resonator Panjang dan Pendek

Setelah mengetahui efek atau akibat yang ditimbulkan dengan ada atau tidak adanya resonator, maka dapat diketahui pul perbedaan antara resonator panjang dan pendek. Berikut perbedaan resonator panjang dan pendek pada knalpot mobil yaitu:

1. Suara yang dihasilkan

Saat resonator pada knalpot jadi lebih pendek, karena itu suara knalpot yang dibuat kedengar lebih bising. Namun tetap tidak mengurangi fungsi khusus dari resonator itu sendiri karena masih tetap ada elemen ini didalam mekanisme knalpot mobil Anda.

Pada akhirnya, masih tetap lebih bagus tidak untuk memodifikasi resonator bawaan pabrik karena semakin banyak dampak jeleknya dibanding imbas bagusnya.

2. Ukuran

Tentu dari konstruksinya juga akan menimbulkan beberapa dampak akibat perbedaan ukuran resonator baik panjang maupun pendek. Salah satunya yaitu letak knalpot yang akan menjadi lebih dalam apabila bagian header tidak diganti ukurannya.

3. Tampilan

Perbedaan terakhir antara resonator panjang dan pendek adalah dari segi tampilan. Biasanya untuk yang menginginkan suara yang keras dibagian resonator di pendekkan dan dibagian muffler diganti dengan yang racing. Oleh karena itu suara dan tampilan akan lebih bagus.

Diatas adalah ulasan terkait perbedaan antara resonator knalpot panjang dan pendek pada mobil. Semoga dapat menambah wawasan pengetahuan.

Posting Komentar untuk "Perbedaan Resonator Panjang Dan Pendek: 3 Faktor Dan Akibatnya"