Penyebab Setelan Angin Karburator Tidak Berfungsi: 5 Faktor Dan Ulasan

Penyebab Setelan Angin Karburator Tidak Berfungsi - Terdapat berbagai kerusakan yang terjadi pada karburator, salah satunya setelan angin yang tidak berfungsi. Lalu apa saja penyebab setelan angin pada karburator yang tidak berfungsi?

Karburator ini adalah sebuah alat yang bekerja untuk menambah bahan bakar dengan udara untuk mesin pembakaran dalam. Di mana elemen ini dapat ditemukan pada mobil tua atau berbagai mesin kecil. Cara kerja karburator tersebut juga dapat memengaruhi performa mesin.

Saat mobil hidup, karena itu piston silinder akan mengisap hingga ada udara di luar yang masuk melalui karburator. Hingga bahan bakar pada ruang pelampung turut terserap melewati spuyer kecil.

Bahan bakar itu ada berwujud asap dan kabut. Gas akan masuk ke arah ruang bahan bakar untuk dibakar. Tetapi, tiap elemen kendaraan tidak lepas dari permasalahan kerusakan. Misalkan saja pada karburator mobil. Umum terjadi permasalahan setelan angin yang tidak berfungsi.

Penyebab setelan angin karburator tidak berfungsi cukup bermacam. Bila ini sampai terjadi, tentu saja akan punya pengaruh pada perform mesin kendaraan tersebut. Untuk lebih jelasnya terkait penyebab setelan angin karburator tidak befungsi akan diulas lebih dalam pada artikel berikut ini.

penyebab setelan angin karburator tidak berfungsi

Penyebab Setelan Angin Karburator Tidak Berfungsi

Tiap kendaraan banyak memiliki elemen dengan peranan yang tidak sama. Bila salah satu elemen mengalami permasalahan, tentu saja akan memengaruhi performa elemen yang lain. Oleh karena itu, perlu dilakukan perawatan kesemua elemen kendaraan. Salah satu bagian utama itu yaitu karburator.

Elemen ini terhitung dalam bagian penting pada mesin kendaraan. Perannya yang cukup penting membuat bagian ini harus terurus dan pada kondisi baik. Bila muncul permasalahan pada elemen itu, perform mesin akan turun. Bila setelan angin karburator tidak berfungsi, karena itu perform mesin juga tidak optimal.

Pemicunya juga bervariatif. Saat mobil alami ini, bisa jadi kendaraan berhenti di jalan. Supaya terbebas dari permasalahan ini, tidak ada kelirunya untuk ketahui penyebab setelan angin karburator tidak berfungsi diantaranya yaitu:

1. Aus pada Intake Manifold

Penyebab pertama setelan angin karburator tidak berfungsi adalah keausan pada intake manifold. Pada mesin mobil, intake manifold adalah pipa tabung yang berada pada bagian atas. Perannya mengantar kombinasi udara dan bahan bakar ke silinder agar dipakai untuk proses pembakaran.

Saat part ini memiliki masalah, karena itu tinggi terjadi kemungkinan kebocoran. Salah satunya pemicunya adalah aus atau umur tua elemen.

Bila penyebab setelan angin karburator tidak berfungsi adalah karena aus pada intake manifold, karena itu yang dapat melakukan pengujian ke tukang bubut atau bengkel resmi kendaraan.

2. Sil karet Screw Air Hancur

Karet sil ini rupanya memiliki peranan yang penting supaya tidak terjadi kebocoran angin. Bila o ring karet ini hancur, lepas, lenyap karena itu harus selekasnya di carikan substitusinya atau penggantinya. Masalahnya dapat menyebabkan permasalahan lain pada kendaraan bila karet oring setelan angin ini tidak ada.

Bila tidak yakin silakan lepas setelan anginya terus melepas sil karetnya dan pasang kembali pada motor karburator.  Oring ini kerap hancur karena tidak cermat saat pembersihan atau sudah tua karetnya. Akan tetapi umumnya hilang ketika di semprot angin compressor.

Jadi untuk anda yang baru di dunia otomotif saat melakukan pembersihan carburator harus hati hati. Bila tidak perlu dibuka lebih bagus diamkan saja.

Untuk menghindari permasalahan yang semakin besar kembali. Apabila terpaksa untuk membuka dan ternyata hilang maka lebih bagus membeli part kit carburator yang satu set yang hanya sekitaran 15 - 20 ribu rupiah.

3. Peer Skrup Lemah

Penyebab lain setelan angin karburator tidak berfungsi bisa juga karena peer atau oegas skrup yang lemah. Pegas pada skrup cukup penting supaya setelan angin bekerja optimal.

Peer skrup yang lemah dapat menjadi salah satu faktor penyebab tidak berfungsinya elemen ini. Saat pegas dipasang dan sekrup tidak dapat dikencangkan maka seharusnya untuk menukarnya dengan yang baru.

Hal ini agar mendukung perform kendaraan agar dapat bekerja dengan optimal. Kerjakan pengujian teratur pada tiap elemen kendaraan.

4. Kebocoran Karburator

Penyebab setelan angin karburator tidak berfungsi bisa juga karena kebocoran pada karburator itu sendiri. Hal ini dapat ketahui dari menetesnya bahan bakar. Meskipun karburator telah dibuat seaman dan sekeras kemungkinan untuk meredam penekanan bensin, tetapi bila mekanisme pelampung tidak dapat menutup aliran bahan bakar, karena itu automatis akan meluber ke sisi ikatan selang.

Hal ini sebagai akibat dari kerusakan pada selang, kerak pada ruangan karburator, dan permasalahan yang lain. Bila ini terjadi, selekasnya kontak bengkel untuk minta pergantian karburator baru.

Adanya faktor external sebagai penyebab setelan angin karburator tidak berfungsi. Tetapi, juga bisa karena kualitas asli karburator yang kurang sempurna.

5. Skep Carburator Rusak

Penyebab terakhir setelan angin karburator yang tidak berfungsi yaitu karena skep karbu yang rusak. Bagin ini adalah pintu khusus masuknya angin dan bahan bakar yang akan melewati venturi. Apabila skep karburator tidak tutup dengan baik tentu perfoma karburator akan terganggu.

Umumnya skepnya telah aus atau pegas skep kurang kuat dan model rumah skep yang berbeda. Hal ini karena telah terlampau tua karburatornya

Bila carburator telah tua maka akan sangat sulit untuk menyeting carburator. Lebih bagus menukar carburator kw atau ori yang jelas lebih baik.

Diatas adalah ulasan terkait penyebab setelan angin karburator tidak befungsi. Semoga dapat menambah wawasan pengetahuan.

Posting Komentar untuk "Penyebab Setelan Angin Karburator Tidak Berfungsi: 5 Faktor Dan Ulasan"