Macam Macam Bak Mobil Pick Up: 3 Jenis Dan Ulasannya

Macam Macam Bak Mobil Pick Up - Mobil pick up memiliki ciri khas dengan adanya bak yang terletak di belakang. Perlu diketahui bahwasanya terdapat beberapa jenis bak mobil pick up. Lalu apa saja macam macam bak mobil pick up?

Untuk membuat lancar usaha terutamanya distribusi barang ke daerah yang mempunyai akses jalan kecil. Mobil pick up sering jadi unggulan untuk beberapa pebisnis angkut barang dalam menjaga kecepatan distribusi barang ke daerah-daerah itu.

Dengan dimensinya yang relatif sama dengan mobil individu, mobil pick up jadi opsi pas distributor untuk mencapai daerah pada jalan seperti jalan komplek atau jalan kecil yang lebarnya cukup hanya untuk melalui satu mobil saja.

Untuk memenuhi kebutuhhan beberapa distributor barang ini, faksi pabrikasi mobil pick up meningkatkan beberapa design bak pick up supaya bisa mengoptimalkan peranan angkutan dan mempermudah pada proses pembagian barang.

Sekarang ini, ada 3 macam mode bak mobil pick up yang biasa disiapkan oleh penjual mobil. Untuk lebih jelasnya terkait macam macam bak mobil pick up dan ulasan terkait kelebihan dan kekurangan akan diurai lebih dalam pada artikel berikut ini.

Macam Macam Bak Mobil Pick Up

Dalam penggunaannya terdapat beberapa macam atau jenis bak pada mobil pick up diantaranya yaitu:

1. Standar deck (Bak Standar)

Macam macam bak pada mobil pick up yang pertama adalah standar deck. Pick-Up Standar Deck atau kerap disebutkan bak standard sebagai bak mobil pick-up yang modenya memang mengikuti wujud dan ketentuan umum untuk mobil bak yang dikeluarkan oleh pabrikasi pembikin mobil.

Beberapa ciri bak mobil pick up standard semacam ini adalah ada rumah roda di lantai baknya, persisnya disamping kiri kanan bak cocok di atas roda. Rumah roda ini mempunyai wujud yang lebih mencolok dibanding lantai bak mobil itu.

Untuk mobil pick up dengan bak standard ini, sisi bak segi samping kiri kanan karakternya paten dam tidak bisa dibuka. Cuma ada satu pintu ada di belakang yang dapat dibuka atau ditutup sebagai tempat masuk keluar barang.

macam macam bak mobil pick up

Kelebihan bak standar deck:

  • Daya angkut yang dipunyai semakin besar namun tetap ekonomis
  • Lantai bak mempunyai ketinggian yang lebih rendah dibandingkan dua mode yang lain hingga mempunyai keuntungan saat bawa barang yang lumayan tinggi
  • Walau segi samping bak tidak bisa dibuka tetapi masih mungkin untuk bongkar muat barang dari samping bak itu.

Kekurangan bak standar deck:

  • Rumah roda pada bak membatasi penataan barang, terutamanya untuk barang yang lebar dan panjang.

2. Flat Deck (Lantai Rata)

Macam macam bak pada mobil pick-up yang ke-2 adalah Flat Deck. Flat deck ini memiliki arti bak lantai rata. Yang maknanya pada mobil bak ini, tidak mendapati rumah roda disebelah kiri kanan bak. Lantai bak akan rata semuanya dimulai dari sisi depan sampai belakang.

Selain lantai bak yang rata, ciri-ciri yang lain dari mobil pick up flat deck ini adalah status bak yang jadi lebih tinggi dari kerangka mobil. Status bak jadi lebih tinggi bila dibanding dengan mobil bak standard.

Disamping itu, untuk mobil pick up flat deck ini, segi bak sisi samping kiri kanan mempunyai karakter paten (tidak bisa dibuka tutup). Yang dapat dibuka dan ditutup sebagai tempat akses masuk keluar barang adalah lewat pintu bak belakang saja.

macam macam bak mobil pick up

Kelebihan bak flat deck:

  • Volume angkut yang dipunyai semakin besar dan masih tetap ekonomis
  • Lantai yang rata (tidak ada rumah roda) memberi kelonggaran dalam penataan barang angkutan hingga memungkinkannya untuk bawa barang yang dimensinya besar dan lebar.

Kekurangan bak flat deck:

  • Akses bedah muat barang dari segi samping bak sedikit menyusahkan karena status bak yang semakin tinggi dan segi samping bak yang biasanya dibikin paten (tidak dapat dibuka tutup).
  • Karena status bak yang telah semakin tinggi, dibutuhkan kehati-hatian saat mengusung barang yang tinggi.

3. 3 Way Deck (Lantai rata dengan 3 pintu)

Macam macam bak pada mobil pick up yang paling akhir adalah 3 way wide deck (bak lantai rata dengan 3 pintu). Bak mode ini mempunyai lantai bak yang rata (tidak ada rumah roda) tetapi dengan dimensi yang lebih lebar dibandingkan dengan bak flat deck. Oleh karena itu, bak mobil pick up type ini mempunyai status yang semakin tinggi dibandingkan dengan bak standard

Disamping itu, bak pick up dengan mode 3 way wide deck ini mempunyai design dinding bak yang dapat dibuka tutup sesuai keperluan. Dinding bak segi kanan dan segi kiri dibikin dapat dibuka dan di tutup hingga benar-benar mempermudah akses untuk masuk keluar barang.

macam macam bak mobil pick up

Kelebihan bak 3 Way Wide Deck :

  • Volume dan dimensi barang yang dapat diangkut jadi lebih besar dan semakin banyak dibandingkan dua mode yang lain.
  • Akses masuk keluar barang dapat semakin gampang karena ada 3 pintu yang dapat dibuka tutup kapan pun sesuai keperluan.

Kekurangan bak 3 Way Wide Deck :

  • Dibutuhkan kecermatan dan kehati-hatian untuk membuka tutup pintu bak karena karakternya yang fleksibel di semua sudutnya.

Diatas adalah ulasan terkait jenis atau macam macam bak pada mobil pick up beserta kelebihan dan kekurangan. Semoga dapat menambah wawasan pengetahuan.

Posting Komentar untuk "Macam Macam Bak Mobil Pick Up: 3 Jenis Dan Ulasannya"