Kelebihan Dan Kekurangan Karbu PE: 6 Faktor Dan Ulasannya

Kelebihan Dan Kekurangan Karbu PE - Terdapat berbagai jenis karbu yang digunakan salah satunya PE. Karbu PE sendiri terdapat beberapa jenis yaitu 24, 26, 28. Lalu apa kelebihan dan kekurangan karbu PE baik tipe 24, 26, 28?

PE adalah salah satunya type karburator yang saat ini lebih banyak dipakai di kendaraan motor. Karburator PE sendiri terbagi dalam banyak ukuran, salah satunya ada 24, 26, 28, dan selanjutnya. Sebelumnya, karburator PE cuma dipakai di motor Honda NSR 2-tak.

Tetapi karena mempunyai perform yang garang, karburator PE sekarang kerap dipakai di motor merk yang lain. Namun meskipun begitu terdapat berbagai kelebihan dan kekurangan pada karbu PE ini. Untuk lebih jelasnya terkait kelebihan dan kekurangan karbu PE baik tipe 24, 26, dan 28 akan diulas lebih dalam pada artikel berikut ini.

kelebihan dan kekurangan karbu PE

Kelebihan Dan Kekurangan Karbu PE

Terdapat beberapa kelebihan maupun kekurangan pada karbu PE baik tipe 24, 26, maupun 28 diantaranya yaitu:

A. Kelebihan Karbu PE

Beberapa kelebihan dari karbu PE yaitu

1. Tarikan mudah

Kelebihan pertama kali yang dipunyai karburator PE adalah mempunyai tarikan yang mudah, kelebihan ini membuat karburator PE kerap dipakai di motor yang ditujukan untuk membalap.

Motor menjadi lebih responsive karena jarum skep pada karburator PE langsung tersambung ke selang gas, sedikit saja kamu menarik gas, karena itu bensin dan udara langsung akan terhisap ke ruangan pembakaran dan tingkatkan rpm mesin.

2. Gampang disetel

Kelebihan kedua dari karbu PE baik tip 24, 26, 28 adalah penyetelan yang mudah. Seting karburator PE pada motor sampai langsam yang diharapkan benar-benar sangat gampang. Sedikit yang perlu disetel karena pada intinya karburator type ini benar-benar sederhana.

Cuma ada dua seting umum yang umum dipakai yaitu baut angin dan baut gas, kamu perlu mengutak-atik ke-2 baut ini untuk menyetel karburator pada motor.

Bahkan juga untuk orang pemula sekalinya, dua sampai lima menit adalah saat yang biasa dihabiskan untuk menyetel karburator PE pada motor.

3. Perawatan sederhana

Selain gampang disetel, karburator PE rupanya mempunyai perawatan yang sederhana. Kerusakan yang biasa terjadi pada karburator PE adalah lubang angin yang tertutup debu. Tapi, kerusakan ini juga jarang-jarang sekali terjadi jika kamu memakai penyaring udara yang bagus. Disamping itu, ukuran pilot jet dan main jet adalah sisi yang kerap diubah di karburator ini.

Dengan begitu, semestinya kamu tidak perlu tiba ke bengkel untuk bersihkan karburator. Cukup bedah sendiri dan membersihkan beberapa lubang didalamnya dengan pompa angin atau sikat.

B. Kekurangan Karbu PE

Terdapat beberapa kekurangan dalam penggunaan karbu PE diantaranya yaitu:

1. Boros BBM

Dan untuk kekurangannya, karburator PE populer lebih boros dari karburator biasa. Ini benar-benar lumrah, ingat karburator ini mempunyai ukuran needle jet yang semakin besar dan mempunyai throttle valve yang lebih panjang. Ukuran needle jet yang semakin besar membuat bensin yang terhisap ke ruangan pembakaran jadi lebih banyak.

Dan throttle valve yang lebih panjang akan membuat tarikan gas jadi lebih dalam, ini menyebabkan volume bensin dan udara yang terhisap ke ruangan pembakaran lebih banyak dan membuat konsumsi BBM jadi lebih boros.

2. Sulit hidup pada pagi hari

Kekurangan ke-2 yaitu sulit hidup pada pagi hari. Walau langkah ini dapat ditangani, tetapi ini cukup menyusahkan apa lagi bila kamu cepat-cepat ingin kerja. Sulit hidup pada pagi hari pada karburator PE karena bensin tidak yang terhisap ke ruangan pembakaran sedikit. Juga bisa karena kekeliruan saat seting karburator, menyebabkan Air Fuel Ratio (AFR) tidak cocok.

Ada dua jalan keluar pas dapat kamu kerjakan untuk menangani permasalahan ini, yang pertama dengan tutup lubang angin dengan tangan. Lantas yang ke-2 dengan mengurangi baut angin.

3. Bila di full gas karena itu mesin motor kerap mati

'Ngok' adalah pernyataan yang kerap dirasakan pemakai karburator PE yang mesin motornya mati saat di-full gas. Walau demikian, ada pula beberapa kasus yang mesin ngok malah terjadi pada awal gas. Permasalahan semacam ini umumnya terjadi pada motor di bawah 150cc, karena Air Fuel Ratio (AFR) yang terlampau besar saat gas diambil penuh membuat motor malah tidak memiliki tenaga.

Untuk menanganinya, kamu harus melakukan modifikasi ukuran pilot jet dan main jet. Pilih ukuran yang sesuai motormu.

Diatas adalah ulasan terkait kelebihan dan kekurangan karbu atau karburator PE baik tipe 24, 26, dan 28. Semoga dapat menambah wawasan pengetahuan.

Posting Komentar untuk "Kelebihan Dan Kekurangan Karbu PE: 6 Faktor Dan Ulasannya"