Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Memperbesar Atau Mengecilkan Lubang Pilot Atau Main Jet Karburator: 3 Cara

Cara Memperbesar Lubang Pilot Jet Karburator - Walaupun memiliki bentuk yang kecil dan terkesan simple, namun bagian pilot jet dan main jet di karburator memiliki peranan yang sangat penting. Hal ini dikarenakan perfoma karburator dapat dirubah melalui dua komponen ini. Lalu bagaimana cara memperbesar atau merubah ukuran lubang pilot jet atau main jet karburator?

Secara fisikpun berkesan simpel memiliki bentuk tidak menandakan bagian penting atau barang mahal seperti umumnya. Akan tetapi sekali memperbesar atau mengecilkan diameter dari bagian tersebut maka perform mesin akan berubah baik tenaga mesin jadi joss atau justru lemah.

Ada dua bagian penting yang sering dirubah untuk menghasilkan perfoma racing. Pengantian knalpot tipe racing atau bagian mesin lain maka harus menseting karburator melalui dua piranti ini.

Namun ternyata cukup banyak yang meremehkan dua bagian ini dan karena tidak ingin keluar uang lebih buat beli pilot/main jet yang lain ukuran. Namun apabila menginginkan perfoma lebih perlu dilakukan perubahan ukuran atau memperbesar lubang baik pilot maupun main jet di karburator. Untuk lebih jelasnya terkait cara memperbesar atau memperkecil lubang pilot atau main jet karburator akan diulas lebih dalam pada artikel berikut ini.

cara memperbesar atau memperkecil lubang pilot atau main jet karburator

Cara Memperbesar Atau Mengecilkan Lubang Pilot Atau Main Jet Karburator

Beberapa orang, bahkan juga kelompok muda banyak yang mengubah ukuran pilot atau main jet dari karburator. Maksudnya cuma ada satu, yaitu menyesuaikan jumlah bensin yang masuk ke mesin.

Penggantian atau perubahan ukuran pilot atau main jet ini terjadi bila motor sudah di Bore Up, korter intake-exhaust, penggantian knalpot, dll. Terdapat beberapa cara untuk memperbesar atau memperkecil lubang pilot atau main jet karburator diantaranya yaitu:

1. Penggantian

Cara pertama dan paling mudah dilakukan untuk memperbesar atau memperkecil lubang pilot atau main jet karburator yaitu dengan melakukan penggantian. Beberapa langkah untuk mengganti ukuran pilot atau main jet adalah seperti berikut:

  1.  Lepaslah Karburator dari dudukannya
  2. Membuka 4baut di mangkok Karburatornya
  3. Bebaskan Spuyer PJ/MJ, lalu tukar dengan ukuran lainnya
  4. Memasangkan PJ/MJ tidak boleh di putar terlampau keras! (bisa menyebabkan karburator pecah)
  5. Tutup kembali mangkok dan balikkan ke dudukannya
  6. Check pengaturannya,bila ngok brarti PJ MJ meminta gedein, bila mbrebet meminta turun. (nggk harus PJ dan MJ yang di tukar, salah satunya bisa)

2. Ditambal

Trik atau cara kedua untuk memperbesar atau memperkecil lubang pilot atau main jet karburator yaitu di tutup dengan lem epoxy seperti merek Dextone, dan lain sebagainya. Pada prakteknya bila adonan lem siap silakan tutupi sisi lubang main/pilot jet.

Apabila dirasakan sisi lubang pada main/pilot jet yang di tutup lem hampir mengeras tusuk kembali dengan jarum peniti. Lalu biarkan beberapa saat sampai betul-betul mengeras seperti sebelumnya. Apabila sudah berhasil maka pilot/main jet siap di rojok kembali dan disesuaikan ukuran sesuai kebutuhan.

3. Di rojok

Cara terakhir untuk memperbesar atau memperkecil lubang pilot atau main jet karburator yaitu dirojok. Langkah ini dilaksanakan semenjak tehnologi terbaru muncul. Jika dahulu rojoknya menggunakan paku atau kawat dan benda apa yang dapat mengeruk lubang spuyer semakin besar.

Saat ini telah ada jarum rojok khusus. Apa lagi di daerah terdapat beberapa ukuran spuyer yang jarang ada. Maka cara rojok ini masih tetap diperlukan. Yang perlu tahu triknya untuk lakukan rojok lubang setahap

Misalkan perlu lubang antara 152 dan 155 main-jet Keihin. Dikasih 152 seperti dicekek alias terlampau miskin, saat dinaikkan 155 justru busi basah.

Karena itu spuyer 152 yang diperbesar dikit demi sedikit yang dasarnya lubang 155. Memiliki arti pemakaian jarumnya tidak muat di 152 tetapi longgar sedikit di 155. Perbedaan harus dilaksanakan berhati-hati, entahlah memakai jarum hebat maupun jarum rojok ciptaan sendiri.

Diatas adalah beberapa cara untuk memperbesar atau memperkecil lubang pilot atau main jet karburator. Semoga dapat menambah wawasan pengetahuan.

Posting Komentar untuk " Cara Memperbesar Atau Mengecilkan Lubang Pilot Atau Main Jet Karburator: 3 Cara"