Biaya Memperbaiki Motor Matic Ngebul: 4 Opsi Pembiayaan Dan Ulasannya

Biaya Memperbaiki Motor Matic Ngebul - Menjaga motor harus dilakukan agar mesin dapat bekerja dengan maksimal dan tidak terjadi kerusakan. Namun apabila sudah terlanjut semisal motor matic ngebul maka perlu dilakukan perbaikan. Lalu berapa biaya memperbaiki motor matic ngebul?

Intinya melakukan service secara periodik, dalam masalah ini diutamakan tipe matik. Jika pemakainya lupa, karena itu dapat terjadi kerusakan elemen atau bahkan harus turun mesin. Bila hal tersebut terjadi maka harus harus masuk ke bengkel.

Jika mengalami persoalan itu, sebaiknya kenali lebih dulu berkenaan berapa besar biaya pembaruannya. Untuk kasus ini, kami ambil contoh motor tipe matik. Tetapi saat sebelum mengulas biaya rekondisi, baiknya kita ketahui dahulu tanda-tanda dan pemicu berlangsungnya turun mesin atau kerusakan keseluruhan.

Beberapa dari pemakai motor matic, bebek atau sport engan cepat memperbaiki sepeda motornya yang berasap karena kebatasan waktu atau biaya. Ingat waktu untuk memperbaiki mesin yang tidak dapat cepat dan biaya turun mesin mahal, hal itu pasti sebagai pemikiran besar untuk beberapa orang. Untuk lebih jelasnya terkait biaya memperbaiki motor matic ngebul dan penyebabnya akan diulas lebih dalam pada artikel berikut ini.

biaya memperbaiki motor matic ngebul

Penyebab Motor Matic Ngebul

Terdapat beberapa faktor yang dapat menjadi penyebab motor matic ngebul diantaranya yaitu:

1. Terlambat ganti Oli

Faktor pertama penyebab motor matic ngebul adalah telat ganti oli. Hal ini sebagai persoalan umum yang sering terjadi pada pemakai motor matic.

Terlambatnya agenda penggantian oli membuat kualitas dan volume oli mesin menyusut. Mengakibatkan suara mesin kasar dan cepat panas. Jika didiamkan, periode panjangnya beberapa elemen dapat mengalami kerusakan. Seperti seher/piston akan ngancing dan tidak dapat dihidupkan, knalpot ngebul sesudah mengganti oli.

2. Jarang Service Besar

Jarang atau malas melakukan service besar menjadi penyebab motor matic ngebul. Sepeda motor memerlukan service besar minimum sekali dalam satu tahun. Minimal bersihkan kerak-kerak yang menimbun pada bagian pembakaran mesin. Jika terlampau cuek, beberapa elemen dapat mengalami kerusakan.

3. Langkah Gunakan

Langkah pemakaian motor memengaruhi tahan lama atau tidaknya mesin. Rutinitas jelek dalam berkendara membuat spare part mesin cepat aus dan kurang kuat.

4. Tidak Sama sesuai Standard

Istilah umum yaitu tune-up atau bore-up. Membesarkan kemampuan silinder mempunyai resiko turun mesin semakin tinggi. Apa lagi tidak disertai dengan rekonsilasi di bagian lain. Bahasa simpelnya, motor yang dipaksakan naik kecepatannya atau cc-nya, membuat part mesin bekerja extra hingga membuat mesin cepat hancur.

5. Umur Gunakan Sepeda Motor

Penyebab terakhir motor matic ngebul adalah umur penggunaan. Makin kerap motor digunakan karena itu km semakin bertambah. Maka tidak boleh bingung bila motor tua perlu bedah mesin, karena part/elemen dalam mesin mulai aus. Umumnya motor yang sudah melalui km 30.000 atau sudah digunakan lebih dari tiga tahun, mulai rewel meminta perbaikan di bagian mesin.

Biaya Memperbaiki Motor Matic Ngebul

Setelah mengetahui penyebab motor matic ngebul maka perlu diketahui pula biaya memperbaiki. Biaya memperbaiki motor matic ngebul sebagai berikut disesuaikan dengan kerusakan yang terjadi yaitu:

1. Biaya Turun Mesin Matic

Sesudah mengetahui tanda-tanda dan pemicu motor matic harus turun mesin, seterusnya yang perlu dimengerti yakni berapakah besar biaya memperbaiki motor matic ngebul.

Biaya yang dikeluarkan untuk permasalahan ini pasti semakin besar. Karena bagian-bagian atau elemen perlu dibongkar dan ditukar, dan membutuhkan kecermatan khusus.

Biasanya beberapa bengkel, mereka menetapkan biaya atau harga jasa dimulai dari Rp150 ribu sampai Rp1 juta bergantung tipe maticnya. Untuk part atau elemen yang ditukar juga bervariatif, bergantung dari kerusakan.

Contoh wajarnya saat bedah mesin atas. Ini dilaksanakan saat motor alami kebocoran kompresi, piston aus dan noken as hancur. Umumnya diakibatkan karena kerak yang menimbun disekitaran payung klep. Dan piston yang aus biasanya karena umur gunakan dan mekanisme pemulasan yang tidak bagus. Ini berpengaruh pada noken as.

Dalam kasus ini kami ambil contoh New Honda Beat. Berikut perkiraan ongkosnya bila harus bedah mesin atas.

  1. Piston kit Rp150 ribu
  2. Gasket Hebat Set Rp80 ribu
  3. Skir Klep Rp50 ribu
  4. Korter Rp100 ribu
  5. Noken As Rp300 ribu
  6. Rocker Arm Rp170 ribu
  7. Bedah mesin atas Rp300 ribu

Kumpulan harga part dan jasa di atas ialah perkiraan yang umumnya terjadi bila dilaksanakan bongkar mesin atas. Harus diingat, masing-masing bengkel umumnya menetapkan biaya berbeda, bergantung pada peraturannya masing-masing. Disamping itu lokasi bengkel tentukan harga jasa pebaikan.

2. Bedah Mesin Keseluruhan

Pembongkaran mesin secara keseluruhan ini dilaksanakan bila ada kerusakan pada bagian connecting road/stang seher dan bearing connecting yang hancur. Rusaknya ke-2 part ini umumnya dikarenakan oleh umur penggunaan dan oli mesin yang bersatu sama air.

Cirinya diikuti dengan suara kasar yang dari sisi tengah mesin. Untuk part yang ditukar sama dengan saat bedah mesin atas dan ditambah lagi stang seher dan bearing kruk as, berikut rinciannya.

  1. Connecting Rod Rp200 ribu
  2. Bearing Kruk As Rp110 ribu
  3. Jasa Bedah Pasang Rp400 ribu

Berkaitan perbaikan untuk motor matic turun mesin bergantung di tingkat kerusakan dan kesusahannya. Makin kronis tingkat kerusakan, karena itu makin mahal juga biaya pembaruannya.

3. Kolter

Misalkan kamu berusaha untuk menkolter block silinder dengan mesin kolter maka makan biaya sedikit murah. Berikut biaya memperbaiki motor matic ngebul dengan cara kolter:

  1. Jasa tukang lemer / kolter silinder : 30.000 - 40.000 (bergantung kualitas dan tempat)
  2. Paking hebat set : 25.000 - 40.000 (merek biasa)
  3. Piston, ring, pen orisinal : 115.000 - 150.000 (tipe bebek dan matic, bahkan juga harga dapat lebih)
  4. Lem gasket : 15.000
  5. Seal klep : 15.000
  6. Oli mesin : 45.000
  7. Jasa bongkar-pasang : 240.000 - 350.000
  8. Waktu pembuatan : 1 - tiga hari pada bengkel umum

Nach, tafsir biaya yang perlu kamu persiapkan untuk menkolter motor adalah sekitaran 450.000 sampai 600.000. Harga itu di luar kerusakan lain seperti klep, dudukan klep, siting, busi dan lain-lain.

4. Tukar block dan piston

Untuk penggantian block dan piston umumnya saat yang diperlukan lebih cepat, karena perlu perlakuan penempatan dan pembersihan saja.

Tetapi dari sisi biaya pasti lebih mahal, ditambah lagi kualitas barang yang di pasarkan memakai orisinal.

Biaya memperbaiki motor matic ngebul dengan cara penggantian block tiap motor berbeda, maka dari itu kamu kemungkinan harus mempersiapkan dana sekitaran 900.000 sampai 1.500.000. Berikut beberapa barang yang perlu ditukar :

  1. Block silinder orisinal : 400.000 - 700.000
  2. Piston, ring, pen orisinal : 115.000 - 150.000
  3. Seal klep : 15.000
  4. Lem gasket : 15.000
  5. Paking hebat set : 25.000 - 40.000 (merek biasa)
  6. Oli mesin : 45.000
  7. Jasa bongkar-pasang : 240.000 - 350.000
  8. Waktu pembuatan : satu hari (kadang dapat dinanti)

Nach, biaya tafsir yang perlu kamu persiapkan untuk menukar block dan piston sekitaran 900.000 sampai 1.500.000. Harga itu di luar kerusakan lain seperti klep, botol klep, siting, busi dan lain-lain.

Diatas adalah ulasan terkait cara memperbaiki motor matic ngebul dan berbagai faktor penyebab motor matic ngebul. Semoga dapat menambah wawasan pengetahuan.

Posting Komentar untuk "Biaya Memperbaiki Motor Matic Ngebul: 4 Opsi Pembiayaan Dan Ulasannya"