Ciri Ciri Bosch Pump Bermasalah: 3 Gejala Dan Cara Memperbaiki

Ciri Ciri Bosch Pump Bermasalah - Bosh pump pada mesin diesel terkadang mengalami beberapa permasalahan. Lalu apa saja ciri ciri bosch pump bermasalah?

Bosh pump sebagai elemen yang penting pada mesin diesel. Elemen ini berperan sebagai alat pemompa bahan bakar dari tanki solar ke arah nozzle. Oleh karenanya, performnya harus betul-betul jadi perhatian untuk menghindar permasalahan yang kemungkinan terjadi pada mesin diesel.

Performanya yang paling punya pengaruh pada mesin diesel, karena itu perawatan secara periodik juga harus diperioritaskan. Karena bila sampai bosh pump ini bermasalah, karena itu mesin akan sulit dihidupkan. Apabila mesin sukses dihidupkan, karena itu karena yang lain akan banyak muncul, seperti bunyi mesin jadi tidak konstan, tenaga mesin menyusut, atau yang lebih beresiko kembali mesin tidak bisa dihidupkan.

Dengan menyaksikan besarnya risiko yang terjadi, karena itu penting untuk kita untuk ketahui pertanda atau gejala dari kerusakan pada bosh pump. Untuk lebih jelasnya terkait ciri ciri bosch pump bermasalah dan cara memperbaiki akan diulas lebih dalam pada artikel berikut ini.

ciri ciri bosch pump bermasalah

Ciri Ciri Bosch Pump Bermasalah

Ada banyak gejala atau tanda yang dapat digunakan untuk mengetahui bahwa bosch pump pada sistem bahan bakar mesin diesel alami kerusakan. Berikut ciri ciri bosch pump bermasalah:

1. Mesin Diesel Sulit Dihidupkan

Ciri ciri yang pertama dari bosch pump bermasalah yakni mesin diesel sulit dihidupkan. Ini muncul karena kekuatan bosh pump dalam memompa solar tidak optimal, hingga solar tidak sanggup tekan nozzle untuk dikeluarkan. Mengakibatkan ruangan bakar tidak terima konsumsi solar yang cukup buat lakukan pembakaran.

2. Suara Mesin Tidak Konstan

Pada mesin diesel yang normal, saat kondisi hidup tentu bunyinya akan konstan. Tetapi, pada mesin diesel yang bosh pumpnya bermasalah, bisa terjadi bunyi seperti gas turun naik bila mesin dihidupkan. Ini muncul karena peranan bosh pump yang telah kurang kuat dan tidak kuat memompa bahan bakar, hingga bunyi mesin juga jadi tidak konstan. Hal ini juga dapat menjadi ciri ciri bosch pump bermasalah.

3. Mesin Tidak Bisa Dimatikan

Ciri ciri terakhir pada bosch pump yang bermasalah yakni mesin terus membandang dan tidak dapat dimatikan. Ini bisa muncul karena ada elemen dalam bosh pump yang macet, hingga saat tuas gas dibalikkan, plunger tidak bisa kembali untuk tutup bahan bakar, mengakibatkan bahan bakar akan mengucur terus-terusan dan mesiin tidak bisa dimatikan.

Cara Memperbaiki Bosch Pump Bermasalah

Setelah mengetahui ciri ciri bosch pump bermasalah maka perlu diketahui cara memperbaikinya. Adapun beberapa langkah yang bisa dilaksanakan untuk ketahui apa bosh pump masih berperan secara baik atau mungkin tidak. Berikut cara memperbaiki bosch pump bermasalah:

  1. Bebaskan selang tekanan tinggi (pipa solar) dari ujung bosh pump, selanjutnya geser tuas gas ke status penuh dan engkol mesin diesel seperti mau hidupkan mesin. Bila solar keluar dan tekanannya kuat, karena itu pertanda bosh pump masih normal. Tapi bila tidak keluar atau keluar tapi tekanannya kurang kuat, karena itu peranan bosh pump telah turun dan perlu dilaksanakan pengujian pada beberapa bagian seperti, plunger, delivery valve, ring delivey valve, dan spring delivery valve. Bila antara part itu yang tidak pantas, karena itu ubahlah sama yang baru.
  2. tahap selanjutnya untuk mengecek performa bosh pump yakni dengan menggerak-gerakan batang governor yang tersambung dengan tuas gas. Bila batang governor itu bisa bergerak ke kanan dan ke kiri dengan bebas, karena itu pertanda bosh pump pada kondisi bagus. Tapi bila tidak bisa bergerak, pertanda sleele kontrol pada bosh pump macet. Dan untuk menanganinya kita perlu memebongkar bosh pump dan mengecek sisi sleeve kontrol dan gear pinion. Bila pasangan elemen itu rusak, aus, atau pecah, karena itu lakukan pergantian di bagian yang rusak itu.

Diatas adalah ulasan terkait ciri ciri bosch pump bermasalah dan cara memperbaiki. Semoga dapat menambah wawasan pengetahuan.

Posting Komentar untuk "Ciri Ciri Bosch Pump Bermasalah: 3 Gejala Dan Cara Memperbaiki"