Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ciri-Ciri Aki Mobil Soak: 8 Gejala, Penyebab, Dan Perbaikan

Ciri-Ciri Aki Mobil Soak - Ketahui ciri-ciri aki mobil yang perlu ditukar atau telah soak menjadi satu diantara hal yang penting, karena aki sebagai salah satunya part pada kendaraan yang perlu. Lantas apa pertanda atau tanda-tanda yang ada jika aki mobil soak?

Aki mobil soak menjadi satu diantara permasalahan umum yang terjadi pada mobil. Aki mobil yang soak ini dapat membuat mobil mendadak berhenti. Tidak mau ini terjadi, kan?

Untuk menghindar hal itu, kamu perlu ketahui penyebab aki mobil jadi soak supaya bisa menghindar dan bisa juga menjaga aki mobil dengan lebih bagus. Untuk memperjelasnya berkaitan ciri ciri-ciri aki mobil soak, penyebab, dan cara mengatasi akan dibahas lebih pada dalam artikel di bawah ini.

ciri ciri aki mobil soak

Ciri-Ciri Aki Mobil Soak

Aki menggenggam peranan yang penting untuk mobil. Akan mencelakakan bila aki mobil mulai soak. Bila tidak dicheck keadaannya, bisa saja saat kamu berkendaraan mobil akan mendadak berhenti.

Saat sebelum hal itu terjadi, sebaiknya kamu ketahui pertanda aki mobil soak. Berikut info terkait ciri-ciri aki mobil soak secara lengkap yaitu:

1. Saat di-starter mobil tidak ingin berpijar

Sudah pernahkah kamu alami kesusahan saat men-starter mobil? Keadaan ini sudah tentu benar-benar menyebalkan, kan? Apa lagi saat pada kondisi tergesa-gesa untuk memulai perjalanan. Hal ini merupakan salah satu ciri-ciri aki mobil soak.

Bila umumnya langsung bisa starter, saat ini kamu perlu starter seringkali lebih dulu baru mobil berpijar. Apabila sudah demikian, kamu harus selekasnya memeriksa keadaan aki mobil kamu. Karena, ini menjadi satu diantara pertanda aki kering mobil soak.

Tidak itu saja, hal itu terjadi karena air aki yang ada di batasan minimum atau aki kering, hingga elemen aki kesusahan menyalurkan daya listrik. Pertanda aki kering mobil soak ini bukan hanya terjadi pada kendaraan yang diberi dengan aki basah saja.

Karenanya, kamu seharusnya kamu dapat semakin siaga berkenaan aki mobil saat sebelum mobil kamu berhenti keseluruhan.

2. Menurunnya lampu mobil khusus

Pertanda aki mobil soak seterusnya adalah menurunnya lampu mobil khusus. Di mana pertanda aki soak ini bisa mencelakakan kamu saat berkendara.

Karena, kamu tidak sanggup berkendaraan di jalanan gelap karena cahaya lampu yang dibuat oleh mobil kamu tidak optimal. Ini umumnya terjadi saat aki mobil telah melewati batasan pemakaian . Maka, kemungkinan telah saatnya untuk menukar aki.

3. Menurunnya suara klakson atau bahkan juga mati

Ciri-ciri aki mobil soak selanjutnya adalah menurunnya suara klakson atau bahkan juga mati. Walau sebenarnya biasanya, suara klakson mobil akan kedengar keras buat pengendara mobil atau kendaraan lain bisa dengar signal yang kamu beri.

Saat suara klakson mobil mulai menurun atau bahkan juga tidak keluar benar-benar walau telah kamu pencet sekeras-kerasnya, pertanda aki mobil memiliki masalah. Hal itu menjadi satu diantara ciri-ciri aki kering mobil soak.

Karena itu, kamu perlu selekasnya memeriksa keadaan aki supaya masih tetap aman dan tidak mencelakakan pemakai jalan lain saat berkendaraan.

4. Lampu Peringatan Muncul

Jika ke-3 ciri-ciri di atas telah anda alami, umumnya akan ada tanda peringatan pada dasbor. Terutamanya untuk beberapa pemakai mobil dan beberapa pemakai sepeda motor untuk keluaran terkini. Jika anda memakai sepeda motor keluaran lama, umumnya belum juga ada tanda peringatan aki soak.

Untuk anda yang disebut pemakai sepeda motor yang belum mempunyai tanda aki namun anda telah rasakan ke-3 ciri-ciri di atas, karena itu ada baiknya kalau anda selekasnya mengecek keadaan aki motor anda.

5. Hasilkan Berbau Saat Mesin Dihidupkan

Ciri-ciri aki mobil yang telah rusak atau soak seterusnya adalah akan hasilkan berbau yang tidak lezat di saat mesin dihidupkan, ini akan berasa pada kendaraan beroda 4. Berbau yang dibuat ini karena beberapa sel pada elemen aki mulai rusak. Hingga di saat mesin dihidupkan akan hasilkan berbau tidak lezat dan air aki akan mendidih.

Untuk keadaan semacam ini umumnya akan ada untuk anda yang memakai tipe aki basah dan jika sudah terjadi hal ini, maka benar-benar susah untuk diperbarui. Hingga anda harus menukar aki itu

6. Keadaan Air Aki Jadi Kotor

Bila anda telah rasakan berbau sama seperti yang dijelaskan di atas, karena itu keadaan air aki sudah tentu akan kelihatan kotor. Maka dari itu, untuk anda yang menyukai memakai type aki basah. Sebaiknya jika anda lakukan pengujian air aki dengan teratur, supaya status air aki masih tetap ada di batasan atas dan bawah.

7. Voltase Aki Menyusut

Ciri-ciri aki mobil soak yang seterusnya adalah voltase aki akan menyusut. Adapun cara untuk ketahui voltase aki menyusut atau tidak bisa memakai alat berbentuk load tester, jika voltase yang dibuat oleh aki masih sesuai standard. Di mana tegangan pada aki yang sehat itu di antara 12.3 sampai 12.6 Volt dan di saat mesin dihidupkan akan naik dengan batasan optimal 14.2 Volt.

Jika voltase pada aki yang anda punyai di bawah standard voltase yang sudah ditetapkan, karena itu anda bisa lakukan pengisian daya pada aki itu. Namun saat sebelum isi kembali daya pada aki, alangkah baiknya kalau menukar air aki lebih dulu dan membersihkan.

8. Terjadi Short Sirkuit Pada Aki

Keadaan aki yang tidak baik bisa hasilkan short sirkuit atau korsleting pada beberapa elemen kendaraan, jika telah tiba terjadi hal semacam itu, karena itu ada baiknya kalau anda selekasnya menukar aki sama yang baru atau juga bisa melakukan perbaikan

Penyebab Aki Mobil Soak

Terdapat beberapa penyebab aki mobil soak diantaranya yaitu:

1. Mobil jarang-jarang digunakan

Jarang-jarang melancong karena periode wabah? Tidak boleh malas memanasi mobil ya. Mobil yang jarang-jarang dipakai tidak mendapatkan supply listrik yang cukup, jadi kerja aki juga jadi kurang maksimal. Aki akan jadi tekor sampai mobil yang susah dihidupkan.

Bila kamu jarang-jarang memakai mobil untuk melancong, sekurang-kurangnya panasi mobil dengan teratur supaya supply listrik selalu terbangun dan umur gunakan aki jadi lebih tahan lama. Ciri aki mobil soak adalah elemen listrik pada mobil menurun, misalnya klakson yang suaranya tidak keras, lampu yang tidak begitu jelas, dan lain-lain.

2. Pemakaian mobil yang tinggi

Berkebalikan dengan jarang-jarang dipakai, mobil yang selalu dipakai dengan intensif tinggi makin lama membuat aki soak. Ini dikarenakan oleh penggunaan secara terus-terusan membuat aki bekerja extra. Bila mobilisasi kamu memang tinggi, yakinkan mengecek keadaan aki dengan teratur.

3. Air aki habis

Salah satunya penyebab aki mobil soak adalah air aki yang telah habis dan kamu tidak mengetahuinya hingga tidak dapat selekasnya dilaksanakan perawatan. Ini terjadi pada aki basah yang dengan teratur harus diisi ulangi air aki. Kamu dapat menyaksikannya pada tanda yang ada pada tempat aki. Apabila sudah capai batasan minimum atau berwarna jadi kotor, selekasnya menguras atau isi ulangi air aki.

4. Kecilnya kemampuan aki mobil

Bila kamu pilih memakai kemampuan aki mobil yang kecil, kamu perlu siap untuk kurangi keperluan kelistrikan mobil. Keperluan kelistrikan mobil yang tidak disertai dengan kemampuan aki akan membuat aki cepat soak.

5. Pemakaian aksesori mobil terlalu berlebih

Ini terkait dengan kemampuan aki mobil yang kecil. Sah-sah saja memodifikasi mobil dengan menambah beberapa aksesori. Misalkan menambah sound sistem yang lebih baik atau beberapa lampu yang memikat. Mekanisme audio ini yang umumnya memerlukan listrik yang besar. Yakinkan aki mobil kamu cukup buat memasok keperluan listriknya. Aki yang kerap tekor lama-lama bisa menjadi soak.

6. Memakai lampu proyektor

Selain audio, lampu proyektor mengisap listrik yang lumayan banyak . Maka saat sebelum memasangkan lampu projector, kamu perlu memerhatikan detail lampu dan berapakah daya yang diperlukan. Selanjutnya samakan dengan kemampuan aki mobil kamu. Bila kemampuan kurang, karena itu aki perlu ditukar dengan aki yang mempunyai kemampuan semakin besar.

7. Aki sudah masuk umur gunakan

Semua elemen mobil akan soak saat telah capai umur memakainya. Misalnya untuk usia aki mobil type aki kering yang memerlukan sekitaran dua tahun untuk ditukar sama yang baru. Oleh karena itu kamu perlu menulis dan ingat kapan waktu yang pas untuk menukar aki mobil.

Cara Mengatasi Aki Mobil Soak

Aki yang soak dapat diperbarui saat sebelum kamu memilih untuk beli aki baru. Ini dapat sedikit perpanjang umur gunakan aki kering dan membuat elemen mobil kamu kembali berperan normal.

1. Persiapkan semua alat

Kamu perlu mempersiapkan obeng minus, air aki zuur untuk isi aki baru, lap, suntikan tinta printer, gergaji atau pisau, dan selotip.

2. Bebaskan aki

Lepaskanlah aki dari mobil dengan cara melepaskan kutub positif lebih dulu baru melepaskan kutub negatif. Ini dilaksanakan supaya tidak ada recikan api karena gesekan logam.

3. Membersihkan aki

Untuk mempermudah proses pembaruan aki, karena itu aki perlu dibikin bersih lebih dulu. Seka dengan kain lap yang bersih.

4. Bedah penutup aki

Bedah penutup aki dengan memakai obeng minus. Bila tidak dapat, kamu dapat buka memakai pisau atau gergaji di bagian Do Not Open. Kamu perlu melakukan secara berhati-hati supaya kotak tidak rusak.

5. Isi air aki/cairan aki (zuur)

Sesudah terbuka, kamu akan menyaksikan ada beberapa lubang memiliki ukuran kecil. Saran air zuur ke lubang itu memakai suntikan tinta printer. Isi s/d batasan 1 cm di bawah lubang aki. Kemudian tutup kembali dan merapatkan memakai selotip.

Walau dapat diperbarui, tapi tidak boleh terbuai dengan keadaan ini. Aki yang telah rusak masih tetap perlu ditukar baru supaya keadaannya betul-betul sempurna.

Diatas adalah ulasan terkait ciri-ciri aki mobil soak, penyebab, dan cara mengatasi. Semoga dapat menambah wawasan pengetahuan.

Posting Komentar untuk "Ciri-Ciri Aki Mobil Soak: 8 Gejala, Penyebab, Dan Perbaikan"