Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengatasi Kaca Mobil Seret: 7 Cara Dan Ulasannya

Cara Mengatasi Kaca Mobil Seret - Walau kelihatan remeh, kaca mobil seret saat naik turun bisa jadi kasus yang menjengkelkan. Apa lagi saat keadaannya terjadi saat kita ada di jalan tol pas sesudah membayar di gerbang tol. Lalu bagaimana cara mengatasi atau memperbaiki kaca mobil seret?

Meluncur di jalan tol dengan kecepatan minimum 60 km/jam dan dengan permasalahan kaca mobil seret tidak ingin di naikkan (di tutup), tentunya akan membuat kecewa. Kita akan bertemu dengan angin atau bahkan juga hujan sampai kita mendapati rest tempat untuk memperbaiki tempatnya.

Ada banyak cara menangani kaca mobil macet yang bisa di kerjakan. Kaca mobil macet tentu saja bisa mengusik kegiatan sepanjang berkendaraan. Oleh karenanya, sudah pasti hal itu mengusik kegiatan sepanjang berkendaraan, kan? Karena itu, dalam artikel ini akan dibahas cara yang bisa untuk mengatasi atau memperbaiki kaca mobil macet.

cara mengatasi kaca mobil seret

Cara Mengatasi Kaca Mobil Seret

Terdapat beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi atau memperbaiki kaca mobil yang seret yaitu:

1. Turunkan semua status kaca pintu mobil

Cara awal untuk mengatasi kaca mobil seret saat naik turun dengan turunkan semua status kaca pintu mobil satu-satu. Sekalian turunkan kaca mobil, check kelancaran masing-masing kaca saat diturunkan.

Upayakan untuk coba meningkatkan kembali kaca mobil untuk menyaksikan keadaannya apa cuman seret atau macet. Bila cuman seret karena itu cara di bawah ini bisa dipakai, tetapi bila macet, karena itu pengecekan pada elemen power window yang lain perlu dilaksanakan.

Sebaiknya untuk menghidupkan mesin mobil supaya proses pengecekan naik turunnya kaca mobil ini tidak menyebabkan accu mobil tekor. Matikan mesin bila proses pengecekan kelancaran kaca sudah usai dilaksanakan.

2. Check keadaan karet rel kaca pada masing-masing pintu

Cara ke-2 untuk mengatasi atau memperbaiki kaca mobil seret saat naik turun dengan mengecek karet rel kaca pada masing-masing pintu. Berikan perhatian khusus pada karet rel kaca yang berupa beludru dengan status vertikal (tegak keatas) yang melekat disebelah kanan dan kiri kerangka jendela.

Rel karet kaca yang tempatnya vertikal lah sebagai sandaran kaca supaya kaca bisa bergerak naik turun secara lancar.

Pemicu kaca mobil seret saat naik turun yang tersering terjdai ialah karena sisi dalam rel karet kaca banyak memiliki kotoran yang melekat di dalamnya. Kotoran ini, bisa menimbun dalam rel karet kaca karena salah pemakaian pelumas karet, atau karena telah lama tidak dibikin bersih hingga banyak debu yang menimbun didalamnya.

3. Membersihkan sisi dalam yang kotor dengan kuas atau sikat gigi

Tahap selanjutnya sebagai cara untuk mengatasi kaca mobil yang seret saat naik turun dengan cara bersihkan semua kotoran yang melekat di bagian dalam rel karet kaca itu dengan kuas atau sikat gigi.

Bila kotoran yang melekat susah dibikin bersih, sebaiknya untuk menyemprot sedikit air sabun pada bagian itu. Selanjutnya meninggalkan sesaat supaya kotoran melunak dan gampang untuk dibikin bersih. Sesudah kotoran melunak, membersihkan kotoran itu sampai habis. Selanjutnya membersihkan dan lap rel karet kaca sampai bersih dan kering.

Kerjakan pembersihan pada semua rel karet kaca yang ada. Prioritaskan untuk bersihkan padabagian rel karet kaca yang tempatnya vertikal lebih dulu karena sisi berikut yang bersinggungan langsung dengan kaca saat naik atau turun.

cara mengatasi kaca mobil seret

4. Semprot pelumas tipe silikon

Sesudah semua rel karet kaca yang ada telah dibikin bersih, teruskan dengan memberi pelumas rel karet kaca dengan memakai cairan semrpot berbentuk silikon (silicon). Tidak boleh pakai cairan semprot berbahan yang lain seperti minyak penetran anti karat atau solar karena bisa menghancurkan karet hingga karet jadi keras.

Pakailah cairan semprot dengan bahan dasar silicon yang populer aman untuk karet. Semprot cairan silicon itu pada rel karet kaca sisi dalam sekalian menaik turunkan kaca jendela. Untuk menahan accu mobil tekor karena mengetes kelancaran naik turunnya kaca jendela ini , seharusnya hidupkan kembali mesin mobil supaya mekanisme pengisian accu bisa jalan.

Semprot cairan silikon seperlunya ke semua rel karet kaca yang ada, dengan demikian, karena itu kaca mobil tidak akan kembali seret saat naik turun.

cara mengatasi kaca mobil seret

5. Berikan Minyak Goreng

Minyak goreng rupanya dapat digunakan sebagai cara untuk menangani kaca mobil yang macet. Anda cukup memulasi sisi karet dan reel kaca secara tipis. Cara ini bisapakai jika Anda tidak mempunyai silicon spray. Yakinkan Anda memoleskan minyak goreng secara rata dan janganlah sampai meluber ke tempat mobil yang lain.

​​​​​​​6. Pakai Shampoo

Cara ke-6 yang bisa Anda pakai untuk memperbaiki kaca mobil macet dengan memakai shampoo. Shampoo bisa merontokkan kerak yang melekat pada karet dan reel kaca mobil. Cara penerapannya lumayan gampang. Hal ini perlu memakai sikat gigi yang telah di celupkan ke air shampoo untuk menyikat karet dan reel kaca mobil, lalu basuh sama air bersih dan lap sampai betul-betul kering.

7. Memulasi Dengan Semir Ban

Selainnya memakai minyak goreng untuk membikin reel kaca mobil jadi lancar, Anda pun bisa memakai semir ban yang dibalurkan pada karet dan reel kaca mobil. Sesudah cairan semir ban dibalurkan atau disemprot, Anda perlu diamkan cairan itu sepanjang sesaat agar teresap ke sisi dalam antara karet dan reel kaca. Bila cairan dirasakan telah menyerap,anda bisa berusaha untuk lakukan pengujian dengan menekan tombol power window.

Diatas adalah ulasan terkait cara mengatasi atau memperbaiki kaca mobil seret sehingga tidak bisa naik dan turun. Semoga dapat menambah wawasan dan pengetahuan.

Posting Komentar untuk "Cara Mengatasi Kaca Mobil Seret: 7 Cara Dan Ulasannya"