Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Penyebab Busi Mobil Cepat Mati : 5 Faktor & Cara Mengatasi

Penyebab Busi Mobil Cepat Mati - Terkadang busi mengalami permasalahan salah satunya yaitu busi mobil cepat mati. Terdapat berbagai penyebab busi mobil cepat mati. Lalu apa saja penyebab busi mobil cepat mati?

Busi sebagai bagian utama dalam kendaraan, baik motor atau mobil, khususnya dalam mekanisme perapian. Elemen ini mempunyai pekerjaan khusus untuk membakar kombinasi dari udara dan bahan bakar yang sudah di kompresi dalam mesin.

Jika terjadi permasalahan pada salah satunya busi, mesin tidak langsung akan mati sama seperti yang terjadi untuk motor. Kalian cuman akan rasakan ketidaksamaan pada mesin, seakan pincang dan bergetar luar biasa saat di gas. Hal itu, sudah pasti, membikin tidak nyaman untuk dilaksanakan berkendaraan dan Kalian terus akan cemas mobil berhenti tiba-tiba di tengah-tengah jalan.

Apa yang perlu dilaksanakan saat alami peristiwa itu? Pertama kali yang dapat Kalian kerjakan ialah menukar busi. Tetapi, ada banyak peristiwa, di mana busi telah ditukar, tetapi mesin masih tetap alami masalah.

Rupanya sesudah dilihat busi mati kembali. Sulit ya? Memang, ada saatnya Kalian akan berasa malas untuk memerhatikan, bahkan juga tidak memedulikan keadaan busi.

Beberapa orang yang memakai mobil, cuman mengutamakan mobil berpijar, lalu menggunakannya. Berkaitan berbagai faktor penyebab busi mobil cepat mati dan cara mengatasi akan diulas pada artikel berikut ini.

penyebab busi mobil cepat mati

Penyebab Busi Mobil Cepat Mati

Tidak bisa disangkal jika pemakai kendaraan, terutamanya mobil, pernah merasakan busi mobil cepat mati . Maka, apa sebetulnya penyebab busi mobil cepat mati?

Banyak factor yang bisa menyebabkan busi mati dan hancur. Berikut beberapa faktor yang dapat menjadi penyebab busi mobil cepat mati:

1. Bahan bakar yang masuk terlalu berlebih

Salah satu penyebab busi mobil cepat mati umumnya terjadi untuk mobil dengan tipe karburator dan beberapa mobil yang mempunyai mekanisme EFI. Dalam kasus ini bahan bakar masuk ke ruangan mesin terlalu berlebih, karena karburator banjir.

Jumlahnya bahan bakar yang masuk pada karburator mengakibatkan ruangan mesin lama-lama jadi lembap dan kotor.

Hal itu berjalan pada hisapan mesin, di mana piston bergerak dari TMA ke TMB mengisap bahan bakar dan udara, dan jadi tidak termonitor.

Busi terus-terusan basah karena banjirnya bensin dan tidak bisa hasilkan recikan api secara baik. Busi yang basah cuman bisa hasilkan recikan api kecil, atau bahkan juga tidak bisa lakukan pengapian sama sekalipun. Pada akhirannya, busi mobil jadi cepat mati.

2. Oli masuk ke mesin pembakaran

Tidak hanya kualitas bahan bakar, oli atau pelumas dapat menjadi penyebab busi mobil jadi cepat mati.

Hal itu karena ada oli yang masuk ke ruangan pembakaran pada piston atau dinding piston yang telah tergesek.

Umumnya, beberapa ciri untuk oli yang telah masuk ke mesin pembakaran, saat mobil dihidupkan ada asap putih tebal pada knalpot.

Oli yang naik ke busi dan membuat cepat mati selain menghalangi terjadi proses pembakaran. Oli itu akan membasahi busi, tutup, dan merintangi busi untuk memercikkan api dengan prima.

Oli yang masuk ke mesin pembakaran memiliki risiko yang besar untuk kerusakan komponen, seperti koil dan power transistor dan yang lebih jelas akan berpengaruh pada kinerja busi.

3. Berlangsungnya korsleting pada lajur pengapian

Korsleting yang diketemukan di mesin pembakaran, akan melebar ke elemen yang lain, seperti koil, CDI, dan spul yang pada akhirannya jadi cepat mati.

Bukan hanya busi yang terserang dampak berlangsungnya korsleting ini. Oleh karena itu, pemilik yang arif, sebaiknya Kalian lakukan perawatan mobil dengan teratur dan periodik.

Hal itu mempunyai tujuan supaya tidak ada kembali masalah pada elemen yang lain, yang mengakibatkan mobil tidak dapat dihidupkan. Nah ini dapat menjadi penyebab busi mobil cepat mati.

4. Proses pembakaran yang kurang prima

Banyak hal menjadi argumen proses pembakaran pada mobil tidak prima. Dua salah satunya yakni pemakaian bensin atau bahan bakar yang mempunyai kualitas rendah dan perbedaan di antara bensin dengan udara yang kurang bagus. Pada keadaan begitu, mesin mobil jadi menghasilkan karbon dengan jumlah besar.

Tersisa karbon pada mesin akan menimbun, bahkan juga melekat pada busi. Busi yang kotor hasilkan performa yang tidak maksimal dan mengusik proses pengapian.

Bila terus terjadi dapat menajdi penyebab busi mobil akan mati, bahkan juga buruknnya busi jadi cepat mati meskipun telah ditukar sama yang baru.

5. Kualitas buruk mengakibatkan busi mobil cepat mati

Kadang, tidak seluruhnya permasalahan busi mobil cepat mati datang dari kendaraan punya Kalian. Dapat memang kualitas busi yang dipakai buruk.

Contoh, karena keperluan menekan, Kalian beli besi murah. Atau kalian bawa mobil untuk dilaksanakan servis ke bengkel mobil yang tidak dikenali dan tidak professional.

Cara yang terbaik untuk menuntaskan case ini ialah pilih dan beli busi yang telah terjaga popularitasnya.

Cara Mengatasi Busi Mobil Cepat Mati

Maka bagaimana cara mengatasi busi cepat mati? Hal termudah yang dapat dilaksanakan ialah mencari pemicunya lebih dulu.

Sama seperti yang sudah disebut sebelumnya, ada 3 (tiga) permasalahan yang menyebabkan busi mobil cepat mati. Bila karburator alami kebocoran, selanjutnya berpengaruh pada mesin mobil, selekasnya membersihkan injeksi yang kotor degan proses tone up.

Tetapi, saat sebelum lakukan tone up, susuri dahulu sisi yang mana membuat karburator bocor dan busi jadi kebanjiran.

Untuk kasus oli yang masuk ke mesin pembakaran, Kalian wajib melakukan turun mesin. Dengan demikian, permasalahan banjir dapat usai dengan habis.

Masalah khusus yang umum diketemukan ialah ada kerusakan pada ring yang aus. Ring hancur itu tidak dapat menahan dan meredam oli tidak untuk masuk ke ruangan mesin pembakaran.

Kerak tersisa karbon pada busi tidak mengakibatkan busi hancur, tetapi membuat performa busi jadi terhalang. Proses pembakaran juga terhalangi oleh karbon, yang mengakibatkan pengapian jadi kurang prima.

Sama dengan kasus banjir bensin untuk mesin, Kalian wajib melakukan tune up untuk membersihkan.

Disamping itu, perlu diselenggarakan geprekelan ulangi mekanisme pembakaran, lebih memutuskan untuk memakai bahan bakar yang mempunyai oktan tinggi, dan lakukan kikis karbon dalam busi.

Memang pada pokoknya busi mobil cepat mati muncul karena terhalang mesin mobil. Busi sendiri sebagai bagian utama dalam mobil.

Bila tidak inginkan hal jelek mendadak menerpa kendaraan Kalian, sebaiknya lakukan perawatan secara periodik dan teratur. Janganlah sampai perawatan serta pemeliharaan mobil cuman dilakukan saat mobil hancur.

Diatas adalah ulasan terkait penyebab busi mobil cepat mati dan cara mengatasi. Semoga dapat menambah wawasan dan pengetahuan.

Posting Komentar untuk "Penyebab Busi Mobil Cepat Mati : 5 Faktor & Cara Mengatasi"