Fungsi Komponen Sleeve Yoke Adalah : 2 Fungsi & Ulasan

Fungsi Komponen Sleeve Yoke Adalah - Ada beragam komponen pada propeller shaft, satu diantaranya yakni sleeve yoke. Lantas fungsi komponen sleeve yoke adalah?

Poros propeller berada antara transmisi dan differential (gardan). Kita ketahui bahwasanya fungsi dari poros propeller yaitu untuk melanjutkan atau mengalihkan tenaga putar dari transmisi ke arah differential.

Poros propeller (propeller shaft) atau kerap kita mengatakan Poros kopel sebagai salah satunya sisi dari mekanisme pemindah tenaga dan Poros propeller ini ada pada type kendaraan FR (Front Wheel Rear Drive) dan 4WD (Four Wheel Drive) di mana jarak di antara mesin dengan roda pendorong jauh hingga membutuhkan komponen tambahan agar melanjutkan tenaga putar dari mesin ke roda belakang. Poros propeller berada antara transmisi dan differential (gardan).

Agar berperan seperti mestinya, karena itu sleeve yoke yang disebut komponen propeller shaft yang mempunyai fungsi penting adalah harus atau harus ada di Poros propeller. Berkaitan fungsi komponen sleeve yoke adalah akan dibahas lebih pada dalam artikel di bawah ini.

fungsi komponen sleeve yoke adalah

Fungsi Komponen SLeeve Yoke Adalah?

Fungsi komponen sleeve yoke adalah sebagai komponen propeller shaft yang pertama dan berperan sebagai penyambung di antara poros transmisi dengan poros propeller lewat sebuah front universal joint. Komponen ini mempunyai nama lain seperti slip yoke, sliding joint, atau slip joint.

Dengan kata lain sleeve yoke tersambung dengan output shaft transmisi. Di bagian ujung depan dari sleeve yoke ini ada sebuah Poros yang  di bagian dalamnya ada spline bergerigi yang hendak mengikat dengan output shaft transmisi. Dan di bagian ujung belakangnya, sleeve yoke mempunyai wujud U yang hendak tersambung dengan front universal joint.

Secara fungsi komponen sleve yoke mempunyai 2 fungsi khusus untuk propeller shaft adalah:

  1. Peran pertama yaitu sebagai penyambung antara output shaft transmisi dengan drive shaft atau tangkai poros propeller lewat front universal joint.
  2. Peran kedua yaitu sebagai tempat perubah ukuran dari propeller shaft supaya bisa memanjang atau memendek saat terjadi peralihan jarak akibat perubahan posisi gardan dengan transmisi.

Di atas adalah pembahasan terkati fungsi komponen sleeve yoke adalah penting pada propeller shaft. Mudah-mudahan bisa menambahkan wacana pengetahuan.

Posting Komentar untuk "Fungsi Komponen Sleeve Yoke Adalah : 2 Fungsi & Ulasan"