Mekanisme Katup SOHC : Pengertian Dan Cara Kerja

Mekanisme Katup SOHC - Dalam otomotif beroda 4 tentu saja yang tersering kita dengar adalah istilah mekanisme katup SOHC. Biasanya SOHC yang dipakai pada motor kerap dipermasalahkan berkaitan masing-masing performnya. Lantas apakah itu mekanisme katup SOHC? Dan Bagaimana cara kerjanya?

Ada yang ngomong SOHC lemot, dan beragam jenis kembali kecaman yang dilemparkan. Nach pertanyaannya apa kalian pahami makna dari kependekan itu? Untuk memperjelasnya berkaitan mekanisme katup SOHC baik pengertian atau cara kerjanya pada artikel di bawah ini.

mekanisme katup sohc

Apakah itu Mekanisme Katup SOHC?

Tipe yang ke-2 ini terhitung dalam mekanisme OHC atau Overhead Camshaft. Untuk mekanisme singe, cuman ada satu camshaft yang nanti berperan tekan katup hirup dan buang.

Pada umumnya, OHC sebagai serangkaian katup manfaatkan camshaft yang ada pada kepala silinder agar katup dapat ketekan. Tidak ada mekanisme yang lewat pushrod seperti mekanisme pertama.

Masing-masing silinder cuman ada satu camshaft dan mempunyai dua katup. Performnya sendiri dipandang lebih bagus hingga seringkali dipakai. Karena tidak banyak komponen penyambung yang dipakai.

Dapat disebutkan jika mekanisme ini akan lebih bagus karena argumen itu dan saat kendaraan berkecepatan tinggi performanya lebih baik. Cara kerjanya sendiri diawali dari rantai pendorong.

Saat rantai itu bergerak, karena itu camshaft akan berputar-putar dan tekan rocker arm. Langsung lobe noken akan terinput dan klep in dan katup buang akan bekerja buka dan tutup dengan timing pembakaran tepat.

Selainnya lebih baik performanya, sedikit komponen penyambung membuat serangkaian mekanisme ini gampang untuk dibuat. Ongkos produksi tambah murah dan mekanismenya juga termasuk bagus jadi sering dipakai.

Apabila dilihat dari kekurangan SOHC yaitu hanya tenaga yang dibuat menjadi lebih kecil, hanya karena ada 1 camshaft untuk menggerakan semua rocker arm.

Cara Kerja Mekanisme Katup SOHC

Cara kerja mekanisme katup SOHC atau single overhead camshaft sangat sederhana. Rantai pendorong langsung memutar camshaft hingga cam tekan rocker arm. Lobe noken as berperan sebagai input untuk gerakkan klep in (IN) dan katup buang (EX), supaya buka dan tutup sesuai timing pembakaran.

Type ini komponennya sedikit hingga ongkos produksi dan perawatan automatis tambah murah. Disebutkan single over head camshaft hanya karena memakai satu cam pada bentuknya.

Di atas adalah pembahasan berkaitan pengertian, dan cara kerja mekanisme katup SOHC atau single overhead camshaft. Mudah-mudahan bisa menambahkan wacana dan pengetahuan.

Posting Komentar untuk "Mekanisme Katup SOHC : Pengertian Dan Cara Kerja"