Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menyetel Klep Mesin Diesel : 10 Cara, Alat, Dan Tujuannya

Cara Menyetel Klep Mesin Diesel - Mesin diesel perlu dilaksanakan penyetelan dan perawatan termasuk pada bagian klep atau katupnya. Penyetelan ini berperan untuk kembalikan kinerja dari mesin diesel tersebut agar optimal. Lantas bagaimana cara menyetel klep mesin diesel?

Mesin diesel ini memiliki satu block silinder. Sampai hanya ada dua buah klep pada silinder headnya, yaitu klep in dan klep ex. Dan dengan sepasang klep itu proses pembakaran dapat berjalan dengan sempurna.

Sebagai komponen yang selalu berjumpa dengan suhu panas dan penekanan kompresi yang tinggi, tidak tutup kesempatan jika klep ini alami aus yang menyebabkan jarak celah klep itu melebar. Mengakibatkan karena hal tersebut, mesin diesel jadi kurang bertenaga dan keluarkan bunyi nglitik.

Celah katup yang tidak sesuai maka perlu dikerjakan Penyetelan klep itu agar perform mesin diesel jadi normal kembali. Untuk lebih jelasnya berikut ulasan mengenai cara menyetel klep mesin diesel yang lengkap.

cara menyetel klep mesin diesel

Apa Itu Klep Mesin Diesel?

Klep atau katup pada Mesin Diesel dikenal dengan nama valve yaitu sebuah komponen pada mesin yang ada atau terpasang pada bagian kepala silinder yang akan bergerak seperti cara piston.

Peran khusus dari katup mobil sendiri untuk mengatur saranya gabungan udar dan bahan bakar dalam ruang bakar atau yang disebut katup IN (Intake) dan sebagai pengatura keluarnya gas buang sisa pembakaran atau disebut katup EX (Exhaust)

Dan dalam penggunaannya klep atau katup hanya selekasnya bisa kita jumpai pada mesin dengan tipe 4 tidak atau 4 cara. Pasalnya dalam proses kerja mesin 2 tidak tidak menggunakan klep atau katup sebagai pengatur masuk dan keluarnya gabungan bahan bakar dan udara.

Tujuan Proses Penyetelan Klep Mesin Diesel

Adapun menyetel Klep Mesin Diesel sebagai satu perihal yang cukup penting. Dampak penyetelan celah katup atau klep pada mesin diesel diantaranya :

  1. Untuk jamin efektifitas pendapatan gabungan bahan bakar dan udara dalam mesin yang kelak akan dikompresikan untuk kebutuhan pembakaran.
  2. Untuk jamin efektifitas pembuangan gas sisa pembakaran supaya keluar dari dalam mesin ke udara bebas melalui exhaust manifold.
  3. Untuk menjaga kondisi pendapatan dan pengeluaran gabungan udara dan bahan bakar dan gas sisa pembakaran pada setiap silinder sama atau nyaris sama.
  4. Penyetelan Klep Mesin Diesel akan balikkan power atau tenaga yang dibikin mesin sama seperti yang kemarin.

Akibat Celah Katup Terlalu Kecil atau Lebar

Cara menyetel Klep Mesin Diesel yang baik dan benar jadi hal yang sudah tentu harus menjadi perhatian. Karena pada dasarnya saat kerjakan keprekelan klep terjadi kekeliruan baik itu celah terlalu kecil atau terlalu lebar dapat banyak menyebabkan persoalan.

Misalkan saja, saat kerjakan keprekelan celah katup terlalu kecil bisa membuat katup tidak tutup dengan rapat sampai dapat terjadi kebocoran dan membuat tenaga yang dibikin tidak maksimal. Bahkan bisa juga menyebabkan ledakan dalam intake manifold.

Mesin mengeluarkan bunyi yang tidak wajar apabila celah klep terlalu besar. Seperti mesin bunyi kletek kletek saat di gas atau lainnya. Karena itu untuk kamu yang tidak kuasai teknik keprekelan katup silahkan bawa saja ke bengkel.

Alat dan Bahan Penyetelan Klep Mesin Diesel

Berikut tutorial atau tutorial cara menyetel Klep Mesin Diesel yang bisa kalian pelajari. Tapi awalnya optimis dulu kalian menyiapkan beberapa alat dan bahan yang umumnya digunakan untuk proses penyetelan klep. Apakah itu ?

  1. Kunci Ring ukuran 14/12.
  2. Kunci Ring/Shock ukuran 14/17/19
  3. Obeng + 
  4. Obeng -
  5. Feller Gauge 
  6. Tool Box Set.

Cara Menyetel Klep Mesin Diesel

Dalam melakukan penyetelan klep pada mesin diesel, hal pertama yang harus dipahami yaitu kenali status luar biasa mesin diesel. Karena, jika mesin diesel tidak ada pada status luar biasa, karenanya keprekelan jarak celah klep tidak bisa dikerjakan.

Untuk kenali titik luar biasa mesin diesel, dapat melihat tanda 0 yang berada di roda gendeng berada di atas. Atau dengan melihat status piston cocok ada di TMA (Titik Mati Atas). Dan setelah merasakan status luar biasa, baru kerjakan keprekelan dengan panduan berikut :

  1. Lepaskan cover bonet, dengan cara melepas mur penguncinya terlebih dahulu, seterusnya mengambil cover bonet itu tanpa merusak packing bonetnya.
  2. Gunakan kunci pas nomor 13mm untuk kurangi baut pengunci setelan klep. Seterusnya proses penyetelan klep dengan obeng min (-) dan menggunakan feeller gauge untuk mengatur jarak kerenggangan antara klep dengan rocker arm.
  3. Aturlah jarak kerenggangan itu sama ukuran antara 0,25mm sampai 0,30 mm.
  4. Setelah jarak cocok pada ukuran, kencangkan kembali mur pengunci setel.

Di atas ialah pembahasan berkaitan cara menyetel Klep Mesin diesel, tujuan, dan peranan Penyetelan klep pada mesin diesel. Mudah-mudahan berguna.

Posting Komentar untuk "Cara Menyetel Klep Mesin Diesel : 10 Cara, Alat, Dan Tujuannya"