Penyebab Wiper Mobil Mati : 5 Penyebab, Kerusakan, & Cara Mengatasi

Penyebab Wiper Mobil Mati - Terkadang terjadi beberapa permasalahan pada sistem wiper mobil, salah satunya yaitu mati atau macet. Hal ini tentu mengganggu dalam berkendara terutama pada saat hujan. Lalu apa saja penyebab wiper mobil mati? Apa saja kerusakan yang sering terjadi pada wiper mobil? Dan bagaimana cara mengatasi wiper mobil mati?

Wiper merupakan salah satunya elemen yang cukup utama pada sebuah mobil, di mana karena ada wiper penglihatan kita tetap terang saat mengemudi pada kondisi hujan yang cukup deras. Secara peranan, wiper ini menjami penglihatan kalian di saat mengemudi supaya tidak terhambat oleh apa saja seperti air hujan atau kotoran seperti debu yang menyelimutinya kaca mobil baik kaca sisi depan atau sisi belakang.

Dengan penglihatan yang pasti pasti kita makin lebih aman serta nyaman saat mengemudi, pikirkan bila di saat keadaan hujan deras kita mengemudi dengan penglihatan yang kurang optimal, pasti kekuatan kecelakaan akan lumayan besar. Oleh karena itu check semua elemen mobil, seperti wiper apa berperan secara baik.

Andaikan terjadi kerusakan pada wiper mobil kalian maka maka harus segera diatasi. Untuk lebih jelasnya terkait penyebab wiper mobil mati, kerusakan wiper, dan cara mengatasi akan diulas lebih dalam pada artikel berikut ini.

penyebab wiper mobil mati

Kerusakan Wiper Mobil

Terdapat beberapa macam kerusakan yang sering terjadi pada sistem wiper kendaraan. Berikut kerusakan pada sistem wiper mobil:

1. Karet Wiper yang Aus

Pertama kali yang perlu Anda lihat ialah keadaan dari karet wiper. Jika sudah aus atau mengeras, seharusnya ditukar dengan karet yang lentur. Karet yang mengeras, kecuali mengakibatkan sapuannya pada air di atas kaca tidak rata, mempunyai potensi mengakibatkan kaca mobil baret. Jika itu terjadi, ongkos rekondisinya lumayan mahal.

2. Pergerakan Wiper Lamban

Kerusakan wiper yang bergerak lamban umumnya dikarenakan oleh ada sisi dalam mekanisme pendorong wiper yang kotor. Kotoran ini berpengaruh pada arus listrik dan bisanya membuat engkol wiper terhalang. Langkah untuk menanganinya, membersihkan tahanan koil itu. Disamping itu argumen wiper lamban yaitu karena ada yang berkarat di komponen wiper tesebut. Akhirnya membuat performa tidak maksimal, sapuannya melamban. Langkah untuk menanganinya, membersihkan engkol dari karat dan semprot sisi itu dengan cairan anti karat. Jika sudah kronis harus dilas atau menukarnya.

3. Wiper tidak bergerak dengan benar

Kadang ada peristiwa di mana wiper tidak ingin bergerak. Peluang pertama yaitu motor listrik yang telah aus. Jika terjadi jadi tidak ada alternatif lain terkecuali menukarnya sama yang baru. Ke-2 , sekring memiliki masalah. Persoalan pada sekring itu juga ada dua. Jika sekring putus memiliki arti ada arus listrik yang terlalu berlebih. Karena itu, perhatikan serangkaian dan jalinan antarkabel yang berkaitan dengan sekring.

4. Dinamo Wiper (Motor Wiper) Rusak

Kerusakan yang umum terjadi pada Dinamo Wiper permasalahan kumparan yang terbakar. Umumnya disebabkan karena jalinan singkat arus listrik pada Mobil. Jika sudah ini Wiper Mobil dipastikan rusak keseluruhan dan harus ditukar.

5. Semburan Air dari Washer Kurang

Yang terakhir kerusakan yang sering terjadi diantaranya yaitu semprotan air dari kepala washer yang berada di kap mobil kurang kuat, kecil, atau tidak tepat. Semua masalah itu karena lubang di kepala washer yang mampet.

Langkah membersihkannya lumayan gampang. Anda tinggal melepaskan tabung langsung campur pasir kerikil lalu kocok-kocok sampai kotoran yang melekat dinding tabung raib. Supaya betul-betul bersih, kerjakan cara tersebut seringkali. Tentu saja janganlah lupa untuk membasuhnya sama air bersih.

Penyebab Wiper Mobil Mati

Kerusakan pada wiper diatas dapat disebabkan oleh beberapa faktor. Penyebab wiper mobil mati diantaranya yaitu:

  1. Terjadi kerusakan sakelar yang mengakibatkan wiper yang tidak berperan.
  2. Karet pada wiper mobil telah keras.
  3. Wiper link dan batang wiper patah, ini umumnya karena umur wiper link dan batang yang telah lama.
  4. Keausan pada Bush wiper.
  5. Dan yang paling akhir umumnya karena Dinamo wiper yang terbakar.

Cara Mengatasi Wiper Mobil Macet

Wiper mobil yang mati biasanya terjadi akibat adanya kerusakan pada beberapa komponen yang sudah kami sebut di atas. Dan kerusakan wiper biasanya yaitu macet, nach untuk langkah menanganinya kalian bisa mengikut beberapa langkah yang telah kami persiapkan di bawah ini.

  1. Pertama kali yang perlu kalian kerjakan dengan mengecek kelistrikan atau sekring wiper mobil kalian. Check lebih dulu apa terjadi kerusakan pada sekring.
  2. Bila keadaan kelistrikan pada kondisi baik, karena itu kalian bisa mengecek motor pendorong pada wiper mobil.
  3. Jika kerusakan terjadi pada wiper karena ada kotoran yang melekat, karena itu kalian bisa bersihkan kotoran itu dengan selekasnya.
  4. Kalian dapat manfaatkan pelumas hingga kutub pendorong bisa berperan secara baik.
  5. Dan yang paling akhir bila kerusakan terjadi pada elemen wiper kalian dapat segera mengantarnya ke bengkel mobil paling dekat di wilayah kalian.

Ada banyak cara yang bisa kalian turuti saat mendapat masalah pada wiper yang macet. Diatas adalah ulasan terkait penyebab wiper mobil mati, kerusakan, dan cara mengatasinya. Semoga dapat menambah wawasan dan pengetahuan.

Posting Komentar untuk "Penyebab Wiper Mobil Mati : 5 Penyebab, Kerusakan, & Cara Mengatasi"