Ciri Ciri Cross Joint Mobil Rusak : 5 Ciri Dan Ulasannya

Ciri Ciri Cross Joint Mobil Rusak - Cross joint merupakan salah satu bagian dari propeller shaft yang rawan terjadi kerusakan. Oleh karena itu perlu diketahui tanda atau gejala apabila cross joint mengalami kerusakan. Lalu apa saja ciri ciri cross joint mobil rusak?

Cross joint atau joint kopel berperan sebagai penyambung dua as yang tidak segaris sumbu. Pada intinya, semua kendaraan motor akan mempunyai elemen sama, terhitung mobil.

Walau tempatnya tidak demikian terlihat, tetapi Anda perlu ketahui ciri cross joint mobil rusak untuk menghindari sesuatu yang berbahaya. Ada banyak ciri apabila cross joint mengalami kerusakan. Oleh karena itu harus dilakukan pemeriksaan secara mendalam untuk memastikan kerusakan yang terjadi.

Untuk lebih jelasnya terkait ciri ciri cross joint mobil rusak akan diulas lebih dalam pada artikel berikut ini.

ciri ciri cross joint mobil rusak

Ciri Ciri Cross Joint Mobil Rusak

1. Getaran Pada Body Mobil

Semua tanda dan ciri yang ada terkait dengan balans atau kesetimbangan kopel yang menyusut. Begitupun karena ada getaran saat mobil berjalan.

Bukan getaran mobil yang muncul karena permukaan jalan tidak rata, tetapi getaran yang karena cross joint tak lagi konstan.

Getaran itu akan berasa walau Anda berjalan pada atas aspal mulus. Mobil semestinya mempunyai minim getar, tetapi akan berketerbalikan bila cross joint telah aus dan tidak balans.

Keadaan ini akan makin kronis tergantung dengan tingkat kerusakan atau keausan pada ikatan kopel. Selekasnya kerjakan service untuk jauhi kerusakan kronis.

2. Adanya Bunyi Dengung

Ciri ciri cross joint mobil rusak bisa juga diketemukan dari suara dengungan sepanjang perjalanan. Permasalahan ini umumnya muncul karena perputaran pada kopel tak lagi imbang, hingga suara seolah mendengung akan kedengar dari bawah mobil.

Biasanya, ausnya kopel dapat muncul karena umur mobil yang lebih dari 10 tahun atau cross joint bengkok karena tubrukan. Pada kasus yang telah kronis, suara dengung ini dapat dituruti dengan suara bletak. Yang mana seolah putaran gardan mulai sentuh elemen lain.

Bila suara berdesing atau kedengar klotok-klotok, cepatlah membawa ke tempat service. Sebab bisa saja kopel itu lepas dengan tau-tau, yang mengakibatkan mobil harus diderek.

3. Ada Hentakan

Pikirkan saja bila Anda menggulirkan bolpoin dengan permukaan yang tidak rata. Anda akan menyaksikan putaran yang tidak stabil. Berikut yang terjadi pada cross joint yang telah aus dan tidak imbang.

Timbulnya hentakan merasa saat kendaraan alami pemercepatan atau akselerasi adalah salah satu ciri cross joint mobil rusak.

Biasanya, permasalahan ini akan makin jelas pada mobil dengan transmisi manual. Yang mana membuat kendaraan berasa seperti mogok atau tersentak sentak.

Bukan hanya membikin tidak nyaman, tetapi dapat tingkatkan resiko kecelakaan jalan raya. Pada keadaan kronis, hentakan ini bahkan juga terjadi saat membelok.

4. Mobil Tidak Imbang

Pada kasus mobil dengan mekanisme RWD atau rear wheel drive, kopel sering mempunyai beban yang lebih berat. Hal itu karena mekanismenya lebih memprioritaskan pemakaian ban belakang sebagai pendorong.

Kopel yang alami kerusakan entahlah karena aus atau bengkok karena terbentur akan membuat balans menyusut.

Biasanya Anda dapat check keadaan kaki mobil dengan menggerakkan kemudi ke kiri dan ke kanan. Lihat status ban dan kaki untuk menyaksikan beberapa ciri cross joint mobil rusak.

ika mendapati jika keadaan ban atau kaki tidak imbang, tidak ada kelirunya untuk selekasnya check kopel ini.

5. Umur mobil yang telah tua

Tanda yang lain dapat dipakai untuk ketahui keadaan cross joint ialah umur mobil. Kerap kali, umur mobil bisa memvisualisasikan keadaan elemen didalamnya. Keadaan mobil yang telah lama digunakan pasti benar-benar berlainan dari mobil yang masih belum pernah digunakan.

Bila mobil Anda telah berumur di atas sepuluh tahun, seharusnya kerjakan pengecekan pada cross joint. Dicemaskan cross joint sudah alami keausan yang mengakibatkan pergerakan mobil jadi tidak imbang. Anda pun seharusnya periksakan cross joint bila pernah merasakan tubrukan. Tubrukan dapat membuat cross joint jadi bengkok dan tidak bekerja dengan normal.

Diatas adalah ulasan terkait ciri ciri cross joint mobil rusak. Semoga dapat menambah wawasan dan pengetahuan.

Posting Komentar untuk "Ciri Ciri Cross Joint Mobil Rusak : 5 Ciri Dan Ulasannya"