Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Perbedaan Motor Bensin Dan Motor Diesel : 8 Perbedaan Dan Ulasan

Perbedaan Motor Bensin Dan Motor Diesel - Terdapat dua jenis motor yang digunakan pada kendaraan yaitu motor bensin dan motor diesel. Keduanya memiliki beberapa perbedaan yang mendasar. Lalu apa saja perbedaan motor bensin dan motor diesel?

Perbedaan di antara kedua jenis motor baik bensin maupun motor diesel umumnya pada proses kerja. Untuk mesin bensin, kompresi kombinasi bensin dan udara dinyalakan oleh busi untuk pembakaran. Akan tetapi pada mesin diesel, pembakaran berlangsung dari dampak panas udara kompresi, yang selanjutnya hasilkan kombinasi bahan bakar diesel.

Oleh karena itu perlu diperhatikan beberapa perbedaan antara kedua motor tersebut. Untuk lebih jelasnya mengenai perbedaan motor bensin dan motor diesel akan dibahas lebih lengkap pada artikel berikut ini.


Perbedaan Motor Bensin Dan Motor Diesel
perbedaan motor bensin dan motor diesel

1. Output Daya

Perbedaan pertama adalah output daya yang dihasilkan oleh motor bensin dan motor diesel. Mesin bensin mempunyai rasio kompresi yang lebih rendah dibanding mesin diesel karena kontribusi busi dan bahan bakar yang gampang menguap. Kebalikannya, mesin diesel mempunyai rasio kompresi yang semakin tinggi maka torsi atau tenaga yang dihasilkan semakin besar. Oleh karena itu mesin diesel seringkali digunakan untuk kendaraan berat.

Mesin diesel bisa dihandalkan dan memerlukan perawatan yang minim, serta pembuatan yang mahal. Akhir akhir ini mesin diesel mempunyai tingkat performa yang serupa dengan mesin bensin, tetapi dalam jarak menempuh yang lebih jauh. Secara singkat, mesin diesel lebih irit untuk periode panjang, dan serta biaya perawatan.

2. Permasalahan Lingkungan

Perbedaan kedua terkait motor bensin dan motor diesel adalah permasalahan yang timbul pada lingkugan akibat mesin. Pada mobil diesel dahulunya populer lebih berperan pada pencemaran udara dibanding mobil bensin, Akan tetapi beberapa bahan bakar dan mesin diesel sudah bertambah secara berarti sehingga emisi gas buang pada motor diesel sudah memenuhi peraturan EURO. Sudah diprediksi beberapa kota Eropa akan mengikut ketentuan dari Jerman yang larang kendaraan diesel tua. Oleh karena itu beberapa negara eropa malarang motor diesel tua bekerja, sebagai contoh Hamburg jadi kota pertama yang melakukan untuk mobil standard Euro-5 dan yang lebih tua.

3. Pemakaian Macam Bahan Bakar

Perbedaan di antara mesin diesel dan bensin berada pada pemakaian bahan bakarnya. Mesin diesel memakai solar, sedang mesin bensin memakai gasoline (bensin). Dalam mesin diesel, udara dikompresi lebih dulu dan bahan bakar disuntikkan ketika ruang bakar sudah panas hingga bahan bakar dapat berpijar. Sedangkan mesin yang memakai bensin, bahan bakar digabung dengan udara, selanjutnya dikompres dengan piston dan dinyalakan oleh percikan api dari busi.

4. Harga

Dilihat dari segi harga, motor diesel lebih mahal dibanding dengan mobil bensin. Pada motor diesel lebih mahal  dikarenakan material mesin diesel harus lebih kuat, hingga ongkos yang dikeluarkan semakin besar. Lebih khusus pada kepala dan blok silindernya jangan menggunakan sembarangan produk. Kualitas produknya harus terjaga nomor satu, oleh karena itu material yang digunakan harus kuat, tidak mungkin mesin itu dapat bertahan dengan kompresi diesel yang lumayan tinggi.

Sebaliknya pada mesin diesel memiliki harga yang lebih murah dikarenakan material yang dibutuhkan tidak perlu terlalu spesifik dikarenakan proses kerja motor bensin yang menggunaan kompresi rendah.

5. Performa Mesin

Perbedaan motor bensin dan motor diesel dapat dilihat dari segi perfoma. Performa mesin diesel lebih baik dibanding mesin bensin. Apabila dilihat secara seksama, pada mesin diesel memiliki perfoma yang lebih baik karena tenaga yang dihasilkan serta kemampuan jarak jauhnya dibanding mesin bensin.

Walau demikian, bukan bermakna mobil bensin tidak ada keunggulan sama sekalipun. Setiap jenis motor mempunyai keunggulan dan kekurangan tertentu. Mesin bensin memiliki keunggulan dalam akselerasi dan responsive.

6. Perawatan Mesin

Walau mesin diesel nampak kuat dan kuat, tetapi, langkah perawatannya tidak dapat asal-asalan atau sembarangan. Pada mesin diesel membutuhkan perawatan tambahan agar perfoma mesin dapat  Langkah kerja mesin diesel dan metode ruangan pembakarannya yang lebih kompleks membuat gampang kotor. Oleh karena itu pemeriksaan perlu secara teratur serta memberikan perhatian spesial pada mobil diesel.

7. Keiritan Bahan Bakar

Apabila dibedakan dari sisi keiritan bahan bakar, maka mesin diesel populer dengan pemakaian bahan bakar yang paling efektif. Bahan bakarnya yang sedikit mampu dibuat jadi tenaga yang optimal. Selain itu harga solar lebih murah dibanding bensin. Apabila sisi kehematan bahan bakar, karena itu mobil diesel ialah opsi yang pas untuk Anda. Apa lagi untuk Anda yang kerap lakukan perjalanan jarak jauh sehari-harinya. Walaupun teknologi yang digunakan pada mesin bensin sudah semakin optimal namun dari segi irit bahan bakar mesin diesel tetap menjadi yang pertama.

8. Keamanan

Mobil diesel pada saat ini telah diperlengkapi tehnologi hebat yang memerlukan metode kelistrikan yang ideal. Walau tahan pada banjir, seharusnya Anda masih siaga. Jangan sampai terjang banjir dengan kecepatan tinggi atau pecahan air dapat masuk di dalam mesin.

Sebaliknya pada mobil bensin, elemen listrik di ruangan mesin mobil ini lumayan banyak, ditambahkan ada busi, electronic control unit (ECU), dan aki. Karakter bahan bakar mobil bensin terhitung yang gampang terbakar. Oleh karenanya, jika ada kebocoran sedikit di selang bensin tentu saja bisa mencelakakan pengemudi mobil. Kekuatan mobil bensin terbakar semakin besar dibanding dengan mobil diesel. 

Diatas adalah pembahasan mengenai perbedaan motor bensin dan motor diesel. Semoga dapat menambah wawasan dan pengetahuan.

Posting Komentar untuk "Perbedaan Motor Bensin Dan Motor Diesel : 8 Perbedaan Dan Ulasan"