Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Perbedaan ABS Dan CBS : 5 Perbedaan Dan Ulasan

Perbedaan ABS Dan CBS - Banyak pemakai kendaraan yang tidak memahami apakah itu perbedaan di antara rem ABS (antilock brake system) serta CBS (combi brake system). Selain itu kendaraan yang telah memakai sistem ABS memiliki harga yang lebih mahal dibanding kendaraan yang memakai sistem CBS. Lalu, apa perbedaan ABS dan CBS?

Pada intinya, ABS serta CBS adalah feature yang memberikan dukungan pengereman supaya bisa lebih optimal. Dengan begitu kendaraan akan lebih aman dan nyaman ketika dikendarai. Untuk lebih jelasnya mengenai perbedaan antara ABS dan CBS akan dibahas lebih lengkap pada artikel berikut ini.


Perbedaan ABS Dan CBS
perbedaan ABS dan CBS

1. Pengertian

Anti-Lock Brake Sistem (ABS) ABS atau Anti-lock Brake Sistem adalah metode pengereman yang berperan jaga supaya ban tidak menutup waktu pengendara lakukan panic brake, maksudnya kurangi resiko terpeleset. Combi Brake Sistem (CBS) Tentang hal metode kerja CBS ialah lakukan pengereman yang memungkinkannya ke-2 rem bekerja secara bertepatan walaupun cuman mendesak satu tuas rem, yakni tuas rem belakang.

2. Cara Kerja

Perbedaan yang lain terkait rem ABS dan CBS salah satunya adalah dari cara kerjanya. ABS atau anti lock brake system bekerja secara elektronik. Pada ABS terdapat sensor yang berguna untuk mendeteksi pergerakan dari kendaraan. Selain itu terdapat ECU sebagai otak untuk memproses dan mengontrol kerja dari sistem rem ABS.

Sementara itu CBS atau combi brake system bekerja secara mekanis. Pada rem CBS masih menggunakan tenaga murni dari tangan untuk mengontrol kerja dari sistem rem. Pada tuas rem abs untuk roda depan dihubungkan dengan tuas rem pada roda belakang. Namun terdapat jarak penyetelan antara tuas rem depan dan belakang. Pada rem depan jarak pengereman dibuat lebih pendek, sementara pada rem belakang jarak pengereman dibuat lebih panjang. Kedua hal tersebut disatukan sehinga pengereman menjadi lebih optimal.

3. Harga 

Dari segi teknologi yang digunakan, rem ABS dan CBS tentu terdapat beberapa perbedaan. Hal ini dikarenakan teknologi yang digunakan pada sistem rem ABS yang lebih baru yaitu dengan kontrol komputer. Sementara rem CBC menggunakan teknologi yang masih mekanis. Dari teknologi yang digunakan jelas rem ABS memiliki harga yang jauh lebih mahal dibanding dengan sistem rem CBS.

4. Teknologi

Perbedaan terakhir dari sistem rem ABS dan CBS adalah teknologi yang digunakan. Pada sistem rem ABS menggunakan sensor dan komputer yang digunakan untuk mengontrol kerja dari rem itu sendiri. Sensor-sensor ini digunakan untuk mendeteksi kondisi laju kendaraan. Sementara ECU digunakan sebagai pengolah dan memberikan output ke aktuator.

Sementara itu pada rem CBS masih menggunakan tangan atau secara mekanis untuk mengontrol kerja dari sistem rem tersebut. Namun ketika kita menekan satu tuas (rem depan) maka tuas rem belakang secara otomatis akan tertekan. Oleh karena itu rem depan dan rem belakang dapat bekerja bersama dengan porsi yang berbeda. 

Diatas merupakan pembahasan mengenai perbedaan ABS dan CBS. Semoga dapat menambah wawasan dan pengetahuan.

Posting Komentar untuk "Perbedaan ABS Dan CBS : 5 Perbedaan Dan Ulasan"