Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengenal Berbagai Gejala dan Penyebab Kerusakan Fuel Pump (Pompa Bahan Bakar)

gejala dan penyebab kerusakan fuel pump
Gejala dan Penyebab Kerusakan Fuel Pump - Fuel pump atau pompa bahan bakar merupakan salah satu komponen vital pada mesin. Namun sering kali terjadi kerusakan fuel pump yang disebabkan oleh berbagai hal yang dapat menyebabkan mesin macet. Namun biasanya akan terjadi berbagai gejala kerusakan fuel pump. Lalu apa saja gejala kerusakan fuel pump? Apa penyebab fuel pump rusak?

Gejala kerusakan fuel pump sangat sulit dikenali. Hal ini dikarenakan fuel pump tidak terhubung pada indikator check engine. Apabila timbul kerusakan pada fuel pump tentunya aliran atau suplai bahan bakar tidak akan naik atau sampai ke mesin. Oleh karena itu akan mengganggu kinerja dari mesin.

Penyebab kerusakan fuel pump bisa berbagai hal. Mulai dari kualitas bahan bakar, kondisi filter bahan bakar, masa operasi mesin, dan berbagai penyebab kerusakan yang lainnya. Berbagai hal tersebut dapat menjadi penyebab kerusakan fuel pump baik lemah bahkan yang terparah adalah fuel pump mati.

Oleh karena itu diperlukan proses perawatan dan perbaikan fuel pump untuk  menjaga perfoma kerja fuel pump. Untuk mengetahui lebih lenjut mengenai gejala kerusakan fuel pump, serta penyebab kerusakan fuel pump akan dibahas pada artikel berikut ini.

Gejala Kerusakan Fuel Pump

Terdapat beberapa gejala yang akan timbul apabila fuel pump terjadi kerusakan. Untuk lebih jelasnya berikut pembahasan mengenai gejala kerusakan fuel pump.

1. Mesin Brebet

Mesin brebet atau tersendat-sendat merupakan salah satu gejala kerusakan fuel pump. Hal ini disebabkan oleh suplai bahan bakar yang tidak mencukupi untuk kebutuhan mesin. Mesin brebet biasanya disertai dengan proses akselerasi yang kurang. Apabila semakin parah, maka frekuensi mesin brebet akan semakin sering dan dapat menyebabkan mesin mati.

Hal tersebut diakibatkan oleh fuel pump yang sudah lemah. Akibatnya bahan bakar yang dipompa dari tangki bahan bakar ke fuel pipe line jumlahnya berkurang dan tidak mampu memenuhi kebutuhan mesin. Apalagi ketika mesin sudah terlalu panas dan menyebabkan penguapan bahan bakar yang lebih cepat.

2. Mesin Susah Hidup

Mesin susah hidup merupakan salah satu gejala kerusakan fuel pump. Hal ini dikarenakan suplai bahan bakar terlambat sehingga proses pembakaran juga terlambat. Akibatnya diperlukan beberapa kali starter baru mesin dapat menyala.

Pada fuel pump terdapat one way valve yang berfungsi untuk menahan tekanan bahan bakar sisa agar tetap berada pada fuel pipe line. Apabila one way valve rusak maka tekanan bahan bakar akan kembali ke tangki bahan bakar dan menyebabkan timbulnya keterlambatan dalam proses suplai bahan bakar.

3. Suara Dengungan Pompa Melemah

Ketika diperhatikan pada saat kunci kontak di posisikan ON maka fuel pump akan bekerja dan menghasilkan suarang berdengung. Apabila terjadi kerusakan pada fuel pump maka suara dengungan ini tidak seperti biasanya atau melemah.

Hal ini diakibatkan oleh putaran fuel pump yang sudah tidak secepat ketika fuel pump dalam kondisi yang normal. Oleh karena itu suara serta jumlah bahan bakar yang dipompa akan menjadi lemah atau kurang.

4. Akselerasi Kurang

Akselerasi kurang atau terlambat merupakan salah satu gejala kerusakan fuel pump. Hal ini lumrah terjadi apabila fuel pump tidak mampu mensuplai bahan bakar sesuai dengan kebutuhan mesin. Oleh karena itu terkadang saat pedal gas diinjak, mesin ngempos atau tidak bertenaga.

Pada saat akselerasi membutuhkan jumlah bahan bakar yang banyak. Apabila fuel pump tidak mampu memenuhi suplai bahan bakar maka akselerasi akan terlambat. Jumlah bahan bakar yang tidak sesuai ini akan menyebabkan daya ledak pembakaran kurang sehingga tenaga yang dihasilkan pun lebih sedikit.

5. Asap Knalpot

Asap knalpot berbau bensin merupakan salah satu gejala kerusakan fuel pump. Hal ini dikarenakan jumlah suplai bahan bakar yang tidak sesuai dengan kebutuhan mesin. Akibatnya gas atau uap bahan bakar akan mengalir ke saluran pembuangan. 

Namun gejala ini tidak selalu akibat fuel pump yang mengalami kerusakan. Namun beberapa kendaraan yang sudah mengalami kerusakan parah pada fuel pump beberapa menunjukan gejala ini. Oleh karena itu diperlukan perbaikan agar fuel pump dapat bekerja dengan baik.

6. Mesin Hunting Saat Idling

Mesin terasa hunting saat idling merupakan salah satu gejala kerusakan fuel pump. Mesin hunting merupakan kondisi saat idle dan rpm mesin turun secara tiba-tiba seperti mau mati. Hal ini sebenarnya sama seperti mesin tersendat-sendat namun dalam kondisi idling.

Mesin terasa hunting diakibatkan oleh fuel pump yang sudah lemah. Pada saat idling membutuhkan campuran kaya. Apabila fuel pump tidak mampu memenuhi suplai bahan bakar maka rpm mesin akan turun akibat tenaga pembakaran yang kurang.

Penyebab Kerusakan Fuel Pump

Kerusakan pada fuel pump dapat diakibatkan oleh berbagai hal. Untuk lebih jelasnya berikut pembahasan mengenai penyebab kerusakan fuel pump.

1. Relay Fuel Pump Rusak

Salah satu penyebab kerusakan fuel pump adalah wiring kelistrikan fuel pump terutama pada relay fuel pump. Relay fuel pump merupakan salah satu komponen penting pada kelistrikan fuel pump yang berfungsi untuk mengatur aliran listrik ke motor fuel pump.

Apabila relay fuel pump mati, maka aliran listrik ke fuel pump menjadi hilang atau tidak ada. Akibatnya motor fuel pump tidak bekerja untuk mensuplai bahan bakar. Selain itu apabila tahanan kumparan relay yang terlalu besar juga menyebabkan arus yang mengalir ke motor fuel pump menjadi kecil. Akibatnya motor fuel pump akan berputar lemah.

2. Fuel Filter Kotor

Fuel filter yang kotor dapat menghalangi aliran bahan bakar ke pompa. Kotoran ini berasal dari kualitas bahan bakar itu sendiri. Semakin baik kondisi atau kualitas bahan bakar, maka kotoran semakin sedikit sehingga kerja fuel filter akan semakin ringan.

Fuel filter terdiri dari saringan atau serat berlubang yang akan menyaring kotoran pada bahan bakar yang dihisap oleh fuel pump. Apabila fuel filter sudah jelek maka sebagian kotoran juga dapat ikut masuk ke dalam motor fuel pump dan menyebabkan kerusakan pada rotak fuel pump. Apabila kotoran atau kerak semakin banyak maka dapat menyebabkan fuel pump macet.

3. Umur Fuel Pump

Fuel pump merupakan salah satu komponen pada sistem bahan bakar yang berputar secara terus menerus apabila kendaraan atau mesin beroperasi. Semakin lama mesin beroperasi maka fuel pump juga semakin bekerja keras. Hal ini dapat menimbulkan kerusakan pada fuel pump meskipun terjadi dalam jangka waktu yang cukup lama. 

4. Penyebab Lain 

Kerusakan fuel pump juga dapat disebabkan oleh berbagai penyebab lain seperti konsleting listrik, sekering putus, konektor yang longgar, dan berbagai penyebab lainnya. Oleh karena itu perlu dipastikan penyebab kerusakan fuel pump untuk dapat dilakukan proses perbaikan sehingga fuel pump dapat bekerja normal kembali.

Diatas merupakan pembahasan mengenai kerusakan fuel pump. Berbagai gejala kerusakan fuel pump akan muncul apabila fuel pump mengalami kerusakan. Selain itu terdapat berbagai hal yang menjadi penyebab kerusakan fuel pump.

Posting Komentar untuk "Mengenal Berbagai Gejala dan Penyebab Kerusakan Fuel Pump (Pompa Bahan Bakar)"