Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Per Pegas Daun Lurus, Pilih Diganti atau Diroll dan Berapa Biayanya

Konten [Tampil]
Cara Mengatasi Pegas Daun Lurus - Per pegas daun dapat menjadi lurus apabila telah mengalami pemakaian yang dalam jangka waktu yang lama. Lalu bagaimana cara mengatasi per pegas daun lurus? Diganti atau diroll? Lalu berapa biaya roll per daun yang lurus?

Terdapat berbagai jenis pegas yang digunakan pada sistem suspensi. Salah satunya yaitu per pegas daun. Jenis per ini banyak digunakan pada kendaraan niaga atau kendaraan yang mengankut beban besar. Hal ini dikarenakan pegas daun memiliki kekuatan yang lebih besar dibanding jenis pegas lainnya.

Namun apabila digunakan dalam jangka waktu yang lama akan menyebabkan timbulnya berbagai kerusakan. Salah satunya yaitu per pegas daun lurus. Degan lurusnya per pegas daun maka suspensi tidak dapat menyerap oksilasi dengan baik. Hal ini tentunya menyebabkan kenyamanan dan keamanan kendaraan terganggu. 

Kondisi tersebut tentunya wajar apabila kendaraan sudah bekerja keras dalam jangka waktu yang lama. Tentunya apabila telah mengalami kerusakan tersebut maka  perlu dilakukan perbaikan agar per pegas daun dapat bekerja dengan baik kembali. Apabila tidak diperbaiki maka dampaknya yaitu gesrot atau bodi bersentuhan dengan roda.

Mengingat efek per pegas daun yang lurus cukup berbahaya, maka perlu dilakukan berbagai hal. Lalu bagaimana cara mengatasi pegas daun lurus? Berapa biaya (biaya roll per daun dan biaya penggantian) yang dikeluarkan untuk mengatasi per pegas daun yang lurus? Semua hal tersebut akan dibahas pada artikel berikut ini.

Cara Mengatasi Pegas Daun Lurus

Ada beberapa cara yang dilakukan untuk mengatasi per atau pegas daun yang lurus. Berikut pembahasan mengenai cara mengatasi pegas daun lurus atau lemah.
Per daun lemah atau lurus

1. Roll Per Daun

Cara mengatasi pegas daun lurus atau lemah yaitu dengan roll per daun. Roll per daun dilakukan dengan cara mengepress pegas daun agar kembali kebentuk semula. Setiap lembaran per daun dikembalikan ke keadaan yang melengkung yaitu dengan dipress. Hal ini akan menyebabkan per daun menjadi lebih tinggi. 

Dengan cara roll per daun ini tentunya hanya membutuhkan biaya yang cukup murah untuk mengembalikan per daun seperti semula. Namun biasanya, roll per daun tidak akan bertahan dalam jangka waktu yang lama. Oleh karena itu, hal ini direkomendasikan apabila kalian ingin menjual atau tidak memiliki biaya untuk penggantian pegas daun.

2. Mengganjal Per Daun

Mengganjal per daun merupakan salah satu cara untuk mengatasi per atau pegas daun lurus atau lemah. Mengganjal per daun yaitu dengan melakukan penambahan pegas daun. Jumlah lempengan per daun atau pegas daun yang dapat ditambahkan yaitu berkisar 1-2 buah lempengan saja. Namun setelah melakukan penambahan per daun membutuhkan penyettingan per daun atau roll per daun.

Dengan menambah lempengan per daun, maka proses roll per daun akan bertahan atau memiliki jangka waktu yang lebih lama dibandingkan hanya proses roll per daun saja. Hal ini dikarenakan terdapat tenaga tambahan dari per daun yang baru ditambahkan. Namun cara ini tentunya memiliki kelemahan yaitu harganya yang lebih mahal dibanding roll per daun. Hal ini dikarenakan perlu biaya tambahan untuk menambah lempengan per daun.

3. Mengganti Per Daun

Mengganti per daun merupakan salah satu cara terbaik untuk mengatasi per atau pegas daun yang lurus atau lemah. Dengan mengganti per daun maka kinerja per daun akan maksimal kembali seperti baru. Namun cara ini tentunya memiliki kelemahan yaitu harganya yang mahal. Harga per daun perlembar sekitar 250-400 ribu.

Namun untuk mempermurah biaya yaitu dengan mengganti per daun dengan per daun bekas atau per daun mobil merk lain. Namun perlu diperhatikan panjang, tebal, dan lebar per daun harus sama dengan per daun mobil yang akan diganti.

Biaya Roll Per Daun

Biaya roll per daun sebenarnya tergantung dari bengkel masing-masing. Namun biasanya biaya roll per daun berkisar dari 150-200 ribu rupiah. Hal tersebut termasuk pembongkaran dan pemasangan. Cukup murah bukan? Namun proses roll perdaun hanya akan bertahan 5-6 bulan saja. Oleh karena itu proses roll per daun dilakukan ketika kepepet saja. Semisal belum ada biaya penggantian dan lain sebagainya.

Untuk penggantian per daun dihargai perlembar sebesar 250-400 ribu rupiah. Oleh karena itu apabila kendaraan memiliki 4 lembar per daun maka 4 x 250 ribu = 1 juta rupiah hanya untuk penggantian saja belum ditambah biaya bongkar pasang pegas daun.

Setiap cara untuk mengatasi per atau pegas daun yang lemah atau lurus tentunya memiliki kelebihan dan kekurangan. Namun untuk kenyamanan dan keselamatan tentunya penggantian dengan unit per daun baru adalah rekomendasi yang terbaik. Hal ini dikarenakan, desain per daun sudah dilakukan perhitungan atau perancangan yang sudah disesuaikan dengan kebutuhan kendaraan. Namun hal ini tentunya tergantung para pengguna apakah mau di roll atau diganti.

Diatas merupakan pembahasan mengenai cara mengatasi per daun lemah atau lurus. Terdapat berbagai cara untuk mengatasi per daun lemah atau lurus. Selain itu biaya perbaikan (biaya penggantian atau biaya roll per daun) tergantung proses perbaikan per daun lemah.

Posting Komentar untuk "Per Pegas Daun Lurus, Pilih Diganti atau Diroll dan Berapa Biayanya"