Widget HTML Atas

Mengenal Bagaimana Prosedur Pemeriksaan Thermostat

Thermostat merupakan salah satu komponen sistem pendinginan yang memiliki peranan penting. Fungsi thermostat adalah untuk mengatur sirkulasi air pendingin atau water coolant sehingga temperatur kerja mesin dapat terjaga. Pembahasan mengenai fungsi komponen dan cara kerja thermostat sudah ada pada artikel sebelumnya. Lalu bagaimana prosedur pemeriksaan thermostat?

Thermostat memiliki fungsi dan peran yang sangat penting pada sistem pendinginan mesin. Thermostat akan bekerja untuk menjaga temperatur mesin antara 80 sampai 90 derajat celcius. Sebelum mencapai temperatur kerja maka thermostat akan menutup saluran air pendingin agar mesin segera mencapai temperatur kerja. Setelah mencapai temperatur kerja maka thermostat akan membuka saluran pengingin untuk menjaga temperatur kerja mesin.

Tanpa adanya thermostat maka mesin dapat mengalami berbagai permasalahan seperti overcooling dan overheating. Berbagai permasalahan tersebut dapat menyebabkan berbagai kerusakan pada mesin. Apabila terjadi overcooling maka akan menyebabkan mesin susah nyala dan lain sebagainya. Namun apabila terjadi overheating maka akan timbul berbagai kerusakan akibat deformasi logam penyusun mesin. Oleh karena itu, kerja dari thermostat harus selalu terjaga agar sistem pendinginan dapat bekerja maksimal.

Mengingat fungsi yang penting pada mesin maka apabila terjadi kerusakan pada thermostat harus dilakukan penggantian. Namun untuk mengetahui thermostat mengalami kerusakan atau tidak perlu dilakukan pemeriksaan. Bagaimana prosedur pemeriksaan thermostat? Cara memeriksa thermostat akan dibahas lebih lanjut pada artikel berikut ini.

Cara Memeriksa Thermostat

Untuk mengetahui thermostat mengalami kerusakan atau tidak maka perlu dilakukan prosedur pemeriksaan thermostat. Untuk lebih jelasnya berikut merupakan cara memeriksa thermostat.

1. Melepas Thermostat

Langkah pertama prosedur pemeriksaan thermostat adalah melepas thermostat. Sebelum melepas thermostat maka pastikan air pendingin sudah dikeluarkan dan tidak dalam keadaan mesin panas. Setelah itu melepas selang saluran keluar dan juga rumah thermostat.
cara memeriksa thermostat

2. Mempersiapkan Alat dan Bahan

Dalam prosedur pemeriksaan thermostat maka perlu mempersiapkan alat dan bahan. Alat dan bahan yang dibutuhkan adalah kompor listrik, panci, alat ukur panjang seperti jangka sorong. Semua alat dan bahan tersebut akan digunakan pada proses pemeriksaan thermostat.

3. Memasukkan Thermostat Ke Dalam Panci Berisi Air

Panci berisi air dipanasi menggunakan kompor listrik. Kemudian masukkan thermostat kedalam panci tersebut. Proses pemanasan ini dilakukan secara bertahap sesuai dengan standar yang ada dibuku manual.

4. Pemeriksaan Pembukaan Awal Thermostat

Dengan menggunakan thermostat, memeriksa proses pembukaan katup thermostat. Temperatur pembukaan awal thermostat sesuai dengan yang tertulis pada bagian atas thermostat yaitu 80-84 derajat celcius. Apabila pembukaan awal thermostat tidak sesuai dengan spesifikasi maka perlu dilakukan penggantian.
cara memeriksa thermostat

5. Pemeriksaan Pembukaan Penuh Thermostat

Pemeriksaan pembukaan penuh thermostat digunakan untuk mengetahui kenaikkan tinggi katup thermostat. Kenaikkan thermostat akan terjadi pada suhu sekitar 95 derajat celcius dengan kenaikkan tinggi maksimal yaitu 8 mm atau lebih. Ukurlah panjang katup dengan jangka sorong kemudian bandingkan dengan standar spesifikasi. Apabila tidak sesuai spesifikasi maka perlu dilakukan penggantian.
cara memeriksa thermostat

6. Pemeriksaan Penutupan Katup Thermostat

Pemeriksaan penutupan katup thermostat bertujuan untuk mengetahui kapan katup thermostat akan menutup atau berhenti mengalirkan air pendingin ke water jacket mesin. Katup thermostat akan menutup sepenuhnya apabila suhu atau temperatur menurun sekitar 40 derajat celcius. Apabila tidak sesuai standar maka perlu dilakukan proses penggantian.

7. Pemasangan Kembali atau Penggantian

Untuk proses pemasangan kembali maka perlu diperhatikan kondisi seal thermostat. Apabila keadaan masih bagus maka tinggal dilakukan proses pemasangan kebalikan dari arah pembongkaran. Apabila dilakukan proses penggantian pastikan spesifikasi thermostat sama dengan standar spesifikasi pada mesin kendaraan.
cara memeriksa thermostat
Diatas merupakan pembahasan mengenai bagaimana prosedur pemeriksaan thermostat. Cara memeriksa thermostat diatas bertujuan untuk mengetahui kondis kerja thermostat apakah sesuai dengan spesifikasi atau tidak.

Tidak ada komentar untuk "Mengenal Bagaimana Prosedur Pemeriksaan Thermostat"