Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Peluang Usaha Produk Barang/Jasa (Pengertian, Ciri, Sumber, dan Analisis Peluang Usaha)

Peluang Usaha - Harus diakui bahwa sebenarnya peluang usaha di sekitar kita sangat banyak. Namun tidak semua peluang usaha atau bisnis tepat dilakukan pada sembarang waktu dan tempat. Lalu apa sih pengertian peluang usaha? Peluang usaha adalah berbagai hal yang bisa digunakan untuk membuka usaha baru.

Namun tidak semua peluang usaha dapat digunakan untuk bisnis atau usaha. Untuk menentukan peluang usaha baik atau potensial perlu dilakukan berbagai hal. Selain itu dapat juga melihat dari ciri-ciri peluang usaha tersebut apakah baik dan potensial atau tidak. Apabila peluang usaha memiliki ciri-ciri peluang usaha yang potensial atau baik maka dapat digunakan untuk membuka usaha atau bisnis baru. Sumber peluang usaha sendiri dapat terbentuk dari berbagai hal.

Untuk menentukan apakah peluang usaha baik atau potensial perlu dilakuan berbagai hal seperti analisis peluang usaha. Analisis peluang usaha ini sangat penting agar nantinya usaha yang dijalankan dapat berjalan baik. Analisis peluang usaha bagi calon atau seorang wirausaha yg akan membuka usaha dapat dilakukan dengan berbagai hal seperti observasi, survei lapangan, dan banyak bertanya mengenai seluk beluk bisnis yang akan digelutinya.

Analisis peluang digunakan untuk berbagai tujuan. Tentunya tujuan utama analisis peluang usaha adalah usaha dapat berjalan dengan lancar sesuai dengan rencana. Oleh karena itu perlu dilakukan pendekatan analisis peluang usaha.

Mengingat peluang usaha merupakan salah satu hal penting ketika memulai usaha atau bisnis. Maka perlu diketahui seluk beluk mengenai peluang usaha. Apa pengertian peluang usaha? Apa ciri-ciri peluang usaha potensial dan baik? Apa saja sumber peluang usaha? Bagaimana cara analisis peluang usaha? Semua hal tersebut akan dibahas pada artikel berikut ini.

Pengertian Peluang Usaha

Peluang usaha terdiri dari dua kata, peluang dan usaha. Peluang berarti kesempatan, dan usaha berarti upaya untuk mencapai tujuan yang diinginkan dengan berbagai daya atau sumber daya yang dimiliki. Secara sederhana pengertian peluang usaha merupakan suatu kesempatan yang dimiliki oleh seseorang untuk mencapai tujuan yang hendak dicapai dengan menggunakan sumber daya yang miliki.
peluang usaha

Tujuan yang hendak dicapai bisa dalam keuntungan, uang, kekayaan, kepuasan batin, popularitas, status sosial dan lain-lain. Untuk mencapai tujuan tersebut seseorang dapat memanfaatkan sumber daya yang dimiliki. Sumber daya itu dapat berupa uang/modal, pengetahuan, skill, relasi yang luas, pengalaman dan lain-lain. Artinya sumber daya ini mencakup segala sesuatu yang bisa dimanfaatkan untuk menunjang kegiatan usaha. 

Ciri-Ciri Peluang Usaha Yang Baik

Seorang wirausaha harus berfikir tentang seperti apa peluang usaha yang baik itu. Hal ini dikarenakan ketika ciri-ciri peluang usaha yang baik dan potensial dapat diketahui tentunya wirausahawan akan tepat memilih usaha yang bagus. Untuk lebih jelasnya berikut adalah ciri-ciri peluang usaha yang baik.
  1. Bersifat orisinil
  2. Harus dapat mengantisipasi peruabahan persaingan dan kebutuhan pasar
  3. Sesuai dengan minat
  4. Tingkat kelayakan usaha teruji
  5. Bersifat ide kreatif
  6. Ada keyakinan untuk mewujudkan
  7. Ada rasa senang saat menjalankan

Ciri-Ciri Peluang Usaha Potensial

Dalam kenyataannya peluang yang baik saja tidak cukup, tapi juga harus potensial. Banyaknya peluang usaha di sekitar kita, mengharuskan seorang wirausaha untuk cermat dalam mengkaji mana peluang usaha yang potensial. Ciri-ciri peluang usaha yang potensial adalah sebagai berikut.
  1. Memiliki nilai jual
  2. Usaha bukan hanya ambisi pribadi semata, dan bersifat nyata
  3. Usaha tersebut mamapu bertahan lama di pasar
  4. Tidak menghabiskan modal, karena terlalu besar investasinya
  5. Bisa ditingkatkan skalanya menjadi industri
  6.  Mampu memenuhi kebutuhan konsumen
  7. Memiliki keunggulan bersaing
  8. Tidak bersifat sementara
  9. Ada nilai uang
  10. Memenuhi aspek kreatif dan inovatif

Sumber Peluang Usaha

Peluang usaha bersumber atau diawali dengan adanya ide atau Inspirasi yang bersumber dari faktor internal dan eksternal. Berbagai faktor baik internal maupun eksternal dapat memunculkan berbagai peluang usaha. Berikut merupakan sumber peluang usaha.

1. Faktor internal

  1. Pengetahuan yg dimiliki
  2. Pengalaman dari individu itu sendiri
  3. Pengalaman dari orang lain
  4. Intuisi/pemikiran yg muncul dari diri sendiri

2. Faktor eksternal

  1. Masalah yang dihadapi dan belum terpecahkan
  2. Kesulitan yang dihadapi sehari-hari
  3. Kebutuhan yang belum terpenuhi
  4. Pemikiran yang besar untuk menciptakan sesuatu yg baru

Analisis Peluang Usaha

Tidak semua peluang yang ada dihadapan kita secara otomatis bisa dikerjakan. Namun terlebih dahulu harus dilakukan analisis. Analisis peluang usaha adalah suatu analisis untuk mengetahui berbagai kemungkinan dari berbagai macam kesempatan usaha, mana yang bisa dilakukan dan bisa memberikan keuntungan dengan berbagai tingkat resiko yang akan di hadapi. 

Untuk dapat menggali dan memanfaatkan peluang usaha, seorang wirausaha harus dapat berfikir secara positif dan kreatif, diantaranya yaitu:
  1. Percaya dan yakin bahwa usaha tersebut dapat dilaksanakan
  2. Mau menerima gagasan atau ide-ide baru
  3. Memiliki semangat kerja yang tinggi
  4. Mampu berkomunikasi dengan baik
  5. Bertanya pada diri sendiri
  6. Mau mendengarkan saran orang lain

Langkah Analisis Peluang Usaha

Dalam melakukan analisis peluang tidak dapat dilakukan secara sembarangan. Hal ini tentunya agar hasil analisis peluang usaha dapat maksimal. Perlu dilakukan berbagai persiapan analisis peluang usaha. Untuk melakukan analisis peuang usaha di butuhkan persiapan sebagai berikut. 
  1. Meneliti luas usaha yang dipilih 
  2. Bentuk usaha 
  3. Jenis usaha yang ditekuni 
  4. Mengenal informasi usaha yang diterima 
  5. Memiliki peta peluang usaha yang menguntungkan
Setelah melakukan berbagai persiapan, selanjutnya tinggal melakukan langkah-langkah analisis peluang usaha. Langkah-langkah analisis peluang usaha sebagai berikut: 
  1. Membuat sketsa bidang usaha yang ditekuni 
  2. Penyediaan modal 
  3. Mengurus izin usaha 
  4. Menyiapkan tenaga kerja 
  5. Menyiapkan sarana 
  6. Menyiapkan bahan baku 
  7. Menetapkan lokasi 
  8. Menetapkan metodologi 
  9. Menetapkan teknologi usaha 
  10. Menetapkan Manajemen 
  11. Mencari Mitra Usaha

Tujuan Analisis Peluang Usaha

Secara umum tujuan analisis peluang usaha adalah untuk mengetahui apakah usaha tersebut layak dikerjakan atau tidak. Oleh sebab itu seorang wirausaha harus cermat, yakin dan berani. Tujuan analisis peluang usaha :  
  1. Untuk menemukan peluang usaha.
  2. Untuk menemukan potensi usaha.
  3. Untuk mengetahui besarnya potensi usaha yang tersedia.
  4. Untuk mengetahui berapa lama usaha bertahan 

Pendekatan Analisis Peluang Usaha

Dalam melakukan analisis peluang usaha diperlukan berbagai pendekatan. Pendekatan analisis peluang usaha ini diperlukan agar hasil dari peluang usaha sesuai dengan apa yang ada dilapangan. Ada beberapa pendekatan yang digunakan dalam menganalisis peluang usaha, yaitu.

1. Analisis SWOT

Merupakan analisis untuk mengetahui faktor internal (Strenght dan Weaknes) dan eksternal (Opportunity dan Threats) perusahaan. SWOT sangat penting untuk mengetahui kelebihan, kelemahan, peluang dan ancaman, sehingga wirausaha bisa melakukan strategi yang tepat. Analisis SWOT digunakan untuk mengetahui:
  • Strenght yaitu kekuatan atau kelebihan yang dimiliki perusahaan yang dapat digunakan untuk mendukung usaha, contoh: memiliki produk yang berkualitas dan sudah dikenal masyarakat, memiliki tenaga kerja (SDM) yang kompeten dan loyal
  • Weakness yaitu kelemahan yang dimiliki oleh perusahaan, bila tidak diatasi akan menghambat kinerja usaha, contoh: karyawan yang kurang pengalaman,
  • Opportunity : Peluang atau kesempatan untuk mengembangkan usaha
  • Threat: Ancaman, gangguan, hambatan

2. Analisis 5 W + 1 H

Analisis ini untuk menjawab pertanyaan
  • What : produk apa?
  • Where : dimana lokasi?
  • When : kapan akan memulai?
  • Why : Mengapa memilih produk ini?
  • Who : Siapa orang yang akan terlibat di dalamnya
  • How : Bagaimana menjalankan usaha ini?

3. Study Kelayakan Usaha Studi kelayakan bisnis

Study Kelayakan Usaha Studi kelayakan bisnis merupakan salah satu cara pendekatan analisis peluang usaha. Ada beberapa pengertian study kelayakan usaha, salah satunya yaitu menurut Husein Umar (2003) yaitu penelitian terhadap rencana bisnis yang tidak hanya menganalisis layak atau tidaknya bisnis dibangun tetapi juga saat dioperasionalkan secara rutin dalam rangka pencapaian keuntungan maksimum dalam waktu yang tidak ditentukan, misalnya rencana peluncuran produk baru.

Dari pengertian diatas, dapat disimpulkan bahwa studi kelayakan bisnis adalah menganalisis faktor-faktor bisnis dalam menentukan rencana bisnis tersebut harus dilaksanakan, tidak dilaksanakan ataupun ditunda, dan untuk menilai kelayaka dalam pengembangan sebuah usaha.
Manfaat studi kelayakan bisnis antara lain digunakan untuk:
1. Merintis usaha baru
2. Mengembangkan usaha yang sudah ada
3. Memilih jenis usaha atau investasi yang paling menguntungkan

Tahapan Studi kelayakan usaha dapat dilakukan dengan cara :
  • Tahap penemuan ide, suatu produk yang akan dibuat haruslah berpotensi untuk laku dijual dan menguntungkan
  • Tahap penelitian usaha, dimulai dengan mengumpulkan data, mengolah, menganalisis dan menyimpulkan
  • Tahap evaluasi, mengevaluasi usulan proyek yang akan didirikan, mengevaluasi proyek yang sedang dibangun, dan mengevaluasi bisnis yang sudah di operasionalkan secara rutin
  • Tahap pengurutan usulan yang layak, jika terdapat lebih dari satu usulan rencana bisnis, maka perlu dilakukan pemilihan rencana bisnis yang dianggap paling penting untuk direalisasikan
  • Tahap perencanaan pelaksanaan, setelah rencana bisnis di pilih untuk direalisaskan, perlu di buat rencana kerja pelaksanaan proyek.
  • Tahap pelaksanaan, setelah semua persiapan selesei, tahap berikutnya adalah merealisasikan pelaksanaan.
  • Tujuan studi kelayakan bisnis/usaha adalah untuk mengetahui seberapa jauh peluang usaha menguntungkan agar terhindar dari keterlanjuran penanaman modal yang terlalu besar pada peluang bisnis yang kurang menguntungkan.
Diatas merupakan pembahasan mengenai peluang usaha. Pembahasan mulai dari pengertian peluang usaha, ciri-ciri peluang usaha yang baik, ciri-ciri peluang usaha potensional, analisis peluang usaha, langkah analisis peluang usaha, tujuan analisis peluang usaha, sumber peluang usaha, dan pendekatan analisis peluang usaha.

1 komentar untuk "Peluang Usaha Produk Barang/Jasa (Pengertian, Ciri, Sumber, dan Analisis Peluang Usaha)"