Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Fungsi Dan Cara Kerja Camshaft Position Sensor (CMP Sensor)

Camshaft Position Sensor (CMP) - Camshaft position sensor (CMP) adalah salah satu sensor yang terdapat pada sistem EFI. Fungsi camshaft position sensor adalah untuk mendeteksi posisi top kompresi silinder satu. Pada beberapa sistem EFI lama, camshaft position sensor sering disebut dengan G sensor. 

Camshaft position sensor atau CMP biasanya terletak pada bagian depan camshaft, lebih tepatnya pada penutup timing belt atau chain. Namun tidak semua kendaraan, ada beberapa kendaraan yang terletak pada head cylinder berkedudukan atas bawah dengan water temperature sensor. Selain itu untuk sistem EFI jenis lain, CMP berada di distributor pengapian.

Cara kerja camshaft position sensor (CMP) yaitu memanfaatkan sensor putaran. Untuk beberapa jenis menggunakan roda gigi yang memiliki satu tonjolan sebagai tanda top silinder satu. Sementara itu untuk tipe lain, konstruksi bergerigi didalam distributor dan pick up coil atau effect hall yang akan menghasilkan induksi tegangan. Namun untuk tipe lain bekerja dengan memanfaatkan phototransistor dan rotor.

Tanpa adanya camshaft position sensor maka kendaraan tidak akan menyala. Hal ini dikarenakan camshaft position sensor memiliki fungsi untuk mengetahui saat pengapian pada mesin. Oleh karena itu perlu dipelajari mengenai camshaft position sensor seperti, apa fungsi camshaft position sensor? Bagaimana cara kerja camshaft position sensor? Semua hal tersebut akan dibahas pada artikel berikut ini.

Fungsi Camshaft Position Sensor

Fungsi camshaft position sensor (CMP) atau G sensor adalah untuk mendeteksi posisi top silinder satu pada mesin melalui sebuah sensor putaran. Informasi mengenai top silinder akan dikonversi ke tegangan output yang kemudian dikirimkan ke ECU untuk fungsi selanjutnya. Putaran pada poros camshaft dihubungkan ke sebuah gear yang memiliki tonjolan. Apabila tonjolan melewati pick up coil maka akan terjadi lonjakan tegangan. Tegangan output ini yang dikirimkan ke ECU sebagai informasi saat pengapian atau top silinder satu. Dengan begitu ECU dapat menentukan pembukaan injektor dan timing pengapian.
letak camshaft position sensor

Cara Kerja Camshaft Position Sensor 

Cara kerja camshaft position sensor (CMP) sebenarnya sudah dijelaskan diatas. Pada umumnya, cara kerja camshaft position sensor yaitu berdasarkan effect hall dan induksi dengan pick up coil. Namun secara garis besar, kedua jenis sensor yang digunakan memiliki cara kerja yang sama. Walaupun secara konstruksi berbeda.
cara kerja camshaft position sensor

Camshaft position sensor (CMP) bekerja dengan memanfaatkan prinsip induksi elektromagnet. Pada umumnya terdapat dua bagian utama yaitu rotor yang mempunyai satu tonjolan dan terbuat dari logam, serta stator yang terbuat dari magnet permanen. 

Pada saat mesin berputar, maka camshaft akan ikut berputar. Hal ini membuat rotor akan berputar. Pada saat tonjolan memotong medan magnet dari stator maka akan timbul sinyal PWM yang berupa tegangan. Tegangan ini timbul dari pick up coil yang kemudian dikirimkan ke ECU sebagai informasi mengenai posisi top silinder satu.

Saat tonjolan mendekati stator (kutub magnet) maka akan terjadi perubahan medan magnet pada gulungan coil. Akibat perubahan medan magnet tersebut maka gulungan akan menghasilkan tegangan induksi. Besarnya tegangan induksi sesuai dengan kecepatan dan kekuatan perubahan pada medan magnet. 

Semakin cepat mesin berputar maka tonjolan akan semakin cepat memotong medan magnet pada stator. Oleh karena itu sinyal tegangan yang dihasilkan akan semakin cepat juga. Informasi ini akan digunakan untuk menentukan saat penginjeksian dan timing pengapian. 

Gulungan coil pada pick up coil memiliki tahanan sebesar 200-2500 ohm. Sementara itu tegangan induksi awal sebesar 1-2 volt dan akan bertambah ketika kecepatan mesin bertambah. Dalam berbagai kasus, karena tegangan induksi yang dihasilkan cukup kecil maka biasanya diberikan pelindung pada kabel yang digunakan yaitu cable shield.

Pada penggunaan sensor ada yang menggunakan effect hall yang mana tegangan yang dikirimkan ke sensor akan dirubah frekuensinya berdasarkan kecepatan putaran. Dengan kata lain, CMP tipe effect hall tidak bergantung pada perubahan medan magnet. Sinyal digital ini yang dikirimkan ke ECU sebagai informasi mengenai top kompresi silinder satu. Pada umumnya tegangan input effect hall sebesar 5/12 volt.

Diatas merupakan pembahasan mengenai camshaft position sensor (CMP) atau G sensor. Pembahasan mengenai fungsi camshaft position sensor (CMP), dan cara kerja camshaft position sensor (CMP).

Posting Komentar untuk "Fungsi Dan Cara Kerja Camshaft Position Sensor (CMP Sensor)"