Mengenal Plastic Gauge (Fungsi, Cara Menggunakan)

Plastic gauge adalah salah satu alat ukur dalam bidang otomotif. Plastic gauge adalah alat yang digunakan untuk mengukur celah minyak atau oil clearance antara jurnal poros engkol, pin, dan bantalan. Plastic gauge atau plastigage berbentuk seperti benang dan terbuat dari plastik. Plastic gauge ini memiliki ketebalan merata dan di bungkus didalam amplop.

Plastic gauge terdiri dari beberapa ketebalan. Ketebalan ini disesuaikan dengan ketebalan celah atau oil clearance yang terdapat pada jurnal poros engkol, pin, dan bantalan. Mengapa harus menggunakan plastic gauge? Hal ini dikarenakan oil clearance tidak dapat dijangkau dengan alat ukur lain seperti feeler gauge. Untuk menjangkau posisi oil clearance yang agak tersembunyi membutuhkan alat ukur elastis yang mampu menyesuaikan dengan bentuk dan posisi celah. Oleh karena itu dibuatlah plastic gauge untuk mengukur oil clearance dengan posisi yang sulit.

Oil clearance sendiri merupakan celah diantara komponen-komponen mesin yang saling bergesekan. Celah ini berfungsi untuk jalannya oli pelumas sehingga bagian-bagian yang bergesekan terlindungi. Dengan begitu akan mengurangi timbulnya kerusakan akibat gesekan dari benda-benda yang bergerak tadi. Oil clearance ini harus di ukur untuk memastikan benda yang bergesekan masih sesuai spesifikasi dan tidak perlu adanya perbaikan atau pergantian.

Oleh karena itu pengunaan plastic gauge perlu dipelajari. Lalu apa sih sebenarnya fungsi plastic gauge? Apa saja jenis plastic gauge? Bagaimana cara penggunaan plastic gauge? Semua hal tersebut akan dibahas pada artikel berikut ini.

Fungsi Plastic Gauge

Plastic gauge adalah salah satu alat ukur yang memiliki fungsi untuk mengukur celah minyak atau oil clearance. Namun oil clearance yang diukur menggunakan plastic gauge adalah oil clearance yang tidak dapat dijangkau menggunakan alat ukur seperti feeler gauge karena letaknya yang sulit dijangkau dengan alat ukur yang rigid atau kaku. Oleh karena itu dibutuhkan plastic gauge yang bersifat elastis dan mampu menyesuaikan dengan bentuh celah atau oil clearance.
plastic gauge
sumber: Plastic Gauge
Platic gauge terbuat dari bahan plastik. Selain itu plastic gauge mempunyai ketebalan tertentu sesuai dengan kebutuhan. Plastic gauge ini berbentuk seperti benang.

Jenis Plastic Gauge

Plastic gauge satu dengan yang lain sebenarnya sama. Oleh karena itu jenis plastic gauge ini hanya dibedakan dari ketebalan plastic gauge itu sendiri. Plastic gauge sendiri memiliki beberapa macam ukuran. Berikut merupakan jenis atau macam plastic gauge.
  1. Plastic gauge berwarna hijau, plastic gauge jenis ini memiliki range atau ukuran ketebalan dari 0,025-0,076 mm. 
  2. Plastic gauge berwarna biru, plastic gauge jenis ini memiliki range atau ukuran ketebalan dari 0,102-0,229 mm.
  3. Plastic gauge berwarna merah, plastic gauge jenis ini memiliki range atau ukuran ketebalan dari 0,051-0,152 mm.

Cara Penggunaan Plastic Gauge

Untuk menggunakan plastic gauge ada beberapa prosedur yang harus dilaksanakan agar hasil pengukuran yang dihasilkan akurat. Berikut merupakan cara penggunaan plastic gauge.
  1. Sebelum proses pengukuran celah oli dilakukan dengan menggunakan plastic gauge maka pastikan bahan yang diukur sudah bersih dari adanya kotoran dan oli yang menempel. Hal ini diperlukan agar hasil pengukuran akurat sesuai dengan aslinya.
  2. Memilih ketebalan plastic gauge sesuai dengan kebutuhan. Untuk mengetahui range pengukuran maka dapat membuka buku manual untuk mengetahui standar celah oli yang akan diukur.
  3. Meletakkan plastic gauge yang sudah dipilih ke celah yang akan diukur. Sebagai contoh berikut peletakkan plastic gauge pada crankshaft pin.
    cara menggunakan plastic gauge
  4. Setelah plastic gauge diletakkan pada celah oli yang akan diukur maka rakit kembali crankshaft dan pasang kembali tutup bantalan. Setelah itu keraskan bantalan sesuai dengan momen spesifikasi yang ada pada buku manual.
    cara menggunakan plastic gauge
  5. Setelah itu, lepaskan kembali tutup bantalan dan ukur plastic gauge menggunakan skala yang terdapat pada amplop. Skala ini biasanya sudah terdapat pada wadah saat pembelian plastic gauge. Bila lebar plastic gauge tidak merata, maka ukurlah pada bagian yang paling lebar. Apabila plastic gauge lebar maka celah oli adalah sempit atau kecil, hal ini dikarenakan tekanan yang dialami plastic gauge besar. Sebaliknya apabila plastic gauge kecil maka celah oli adalah besar. Hal ini dikarenakan tekanan yang dialami plastic gauge tidak terlalu besar.
    cara menggunakan plastic gauge
Diatas adalah pembahasan mengenai plastic gauge. Pembahasan mulai dari fungsi plastic gauge, jenis plastic gauge, dan cara pengguunaan plastic gauge.

Tidak ada komentar untuk "Mengenal Plastic Gauge (Fungsi, Cara Menggunakan)"