Mengenal Rem Tangan atau Rem Parkir (Fungsi, Komponen, dan Cara Kerja)

Rem tangan atau rem parkir merupakan salah satu jenis rem pada kendaraan. Rem tangan atau rem parkir memiliki tuga untuk melakukan pengereman kendaraan pada posisi berhenti. Pada intinya, rem tangan atau rem parkir memiliki fungsi untuk menahan kendaraan ketika berhenti. Selain itu dengan adanya rem tangan atau rem parkir memungkinkan kendaraan berhenti pada jalan yang tidak rata baik tanjakan maupun turunan. Rem tangan atau rem parkir juga dapat digunakan sebagai rem cadangan ketika rem utama tidak bisa digunakan atau blong.

Bisa dibayangkan apabila pada kendaraan tidak ada rem parkir atau rem tangan? Kita harus menginjak pedal rem ketika kendaraan berhenti dalam jangka waktu yang cukup lama. Tentu kita akan merasa kelelahan. Oleh karena itu rem parkir menjadi komponen penting pada kendaraan. 

Rem tangan atau rem parkir biasanya terletak pada mekanisme rem pada roda belakang. Namun ada beberapa jenis rem tangan atau rem parkir yang terletak di tengah. Setiap kendaraan pada umumnya memiliki rem parkir. Baik kendaraan maupun kendaraan niaga. Yang membedakan hanyalah pada tipe rem parkir yang digunakan. Pada kendaraan niaga pada umumnya memerlukan daya pengereman yang besar oleh karena itu mekanisme rem parkir yang digunakan juga harus memiliki daya pengereman yang besar.

Pada proses penggunaan rem tangan atau rem parkir biasanya menggunakan tangan. Namun ada beberapa yang sudah dikontrol secara elektrik sehingga hanya perlu menekan tombol saja. Meskipun begitu dalam penggunaannya, rem tangan atau rem parkir kebanyakan masih menggunakan tuas yang digerakkan secara manual dengan tangan. Tuas ini dihubungkan dengan kabel atau kawat menuju mekanisme rem parkir.

Oleh karena itu perlu dipelajari mengenai rem tangan atau rem parkir. Apa saja fungsi rem tangan atau rem parkir? Apa saja komponen rem tangan atau rem parkir? Bagaimana cara kerja rem tangan atau rem parkir? Semua hal tersebut akan dibahas pada artikel berikut ini.

Fungsi Rem Parkir atau Rem Tangan

Rem parkir merupakan salah satu jenis rem pada kendaraan yang memiliki beberapa fungsi. Berikut merupakan fungsi rem parkir pada kendaraan.
  1. Menahan kendaraan saat parkir sehingga kendaraan tidak bergerak. Hal ini merupakan fungsi utama dari rem tangan atau rem parkir. Dengan adanya rem parkir atau rem tangan memungkinkan kendaraan berhenti pada jalan yang tidak rata baik menanjak maupun turunan.
  2. Membantu kendaraan berhenti saat macet atau tanjakan. Dengan adanya rem tangan atau rem parkir maka memungkinkan kendaraan berhenti lama tanpa harus pengemudi menginjak pedal rem. 
  3. Membantu pengereman ketika rem utama tidak dapat difungsikan. Ketika rem utama tidak dapat difungsikan atau terjadi kerusakan maka rem tangan atau rem parkir dapat difungsikan sebagai rem cadangan untuk menghentikan kendaraaan.
  4. Membantu dalam aksi drifting yang membutuhkan manuver cepat. Manuver ekstrim dalam kecepatan tinggi merupakan kunci utama dalam drifting. Oleh karena itu rem tangan atau rem parkir sangat diperlukan untuk membuat selip roda belakang sehingga mampu bermanuver ekstrim.

Komponen Rem Tangan atau Rem Parkir Beserta Fungsinya

Dalam mekanisme rem tangan atau rem parkir memiliki beberapa komponen. Berikut merupakan komponen rem tangan atau rem parkir beserta fungsinya.

Komponen Rem Tangan atau Rem ParkirKomponen Rem Tangan atau Rem Parkir

Tuas Rem

Tuas rem merupakan salah satu komponen pada rem tangan atau rem parkir yang memiliki fungsi untuk menghubungkan tenaga dari pengemudi ke mekanisme rem parkir atau rem tangan. Dalam penggunaan tuas rem sebenarnya sangat mudah yaitu dengan ditarik untuk melakukan pengereman. Sementara untuk melepas tuas rem perlu menarik tuas rem keatas, menekan tombol, dan memposisikan tuas rem kembali ke posisi semula.

Lock Nut

Lock nut merupakan salah satu komponen pada rem tangan atau rem parkir yang memiliki fungsi sebagai mekanisme pengunci tuas rem. Lock nut berbentuk seperti pelatuk yang akan mengunci posisi tuas rem agar tetap dalam kondisi terkunci atau tertarik.

Locking Point

Locking point merupakan salah satu komponen pada rem tangan atau rem parkir yang memiliki fungsi sama seperti lock nut yaitu mekanisme pengunci posisi tuas rem. Locking point berbentuk bergerigi sebagai dudukan penahan locknut.

Kawat Kabel

Kawat kabel merupakan salah satu komponen pada rem tangan atau rem parkir yang memiliki fungsi untuk menghubungkan antara tuas rem tangan dengan mekanisme rem tangan atau rem parkir yang berada di roda. Mengapa harus memakai kawat kabel? Hal ini dikarenakan posisi tuas rem dan mekanisme rem tangan atau rem parkir yang terletak jauh dan posisi yang berkelok-kelok. Oleh karena itu kawat kabel lebih efektif.

Park Brake Strut Spring

Park brake strut spring merupakan bagian dari rem tangan atau rem parkir yang memiliki fungsi sebagai penghubung yang menghubungkan pergerakan park brake lever dengan kampas rem leading. Hal ini menyebabkan kampas rem leading dapat menekan brake drum atau rem tromol.

Park Brake Lever

Park brake lever merupakan salah satu komponen  rem tangan atau rem parkir yang memiliki fungsi sebagai pengungkit yang akan mengubah tenaga tarik dari kawat kabel menjadi gaya dorong pada kampas rem. Gaya dorong ini yang dimanfaatkan untuk menekan kampas rem agar menahan brake drum.

Adjuster Screw

Adjuster screw merupakan salah satu komponen pada rem tangan atau rem parkir yang memiliki fungsi sebagai tumpuan kampas rem sehingga memungkinkan kampas rem terungkit pada sisi lain untuk menekan kampas rem agar bergesekan dengan brake drum atau tromol. Selain itu adjuster screw juga berfungsi sebagai penyetel ketinggian dari rem tangan atau rem parkir.

Brake Shoe

Brake shoe merupakan salah satu komponen pada rem tangan atau rem parkir yang memiliki fungsi sebagai bidang gesekan yang menahan tromol rem agar tidak bergerak. Dengan tertahannya tromol rem ini maka kendaraan tidak dapat bergerak dan bisa berhenti pada jalan yang menanjak, menurun, atau tidak rata.

Cara Kerja Rem Tangan atau Rem Parkir

Sebenarnya cara kerja rem tangan atau rem parkir tergantung dari jenis rem tangan atau rem parkir yang digunakan. Namun pada umunya kebanyakan rem tangan atau rem parkir menggunakan jenis rem tangan atau rem parkir tipe tuas dengan mekanisme rem tangan tromol. Berikut merupakan cara kerja rem tangan atau rem parkir.

Saat Tuas Rem Tangan atau Rem Parkir Di Tarik

Saat tuas rem tangan atau rem parkir ditarik maka mekanisme rem parkir yang ada di rem tromol akan tertarik oleh kabel kawat. Kabel kawat ini sudah dihubungkan dari tuas rem parkir dengan mekanisme rem tangan atau rem parkir. Selain itu pada tuas rem juga terdapat mekanisme locking, sehingga apabila tuas rem dilepas maka rem parkir tetap dalam kondisi bekerja. Lock point akan mengunci lock gear pada tuas rem tangan atau rem parkir.
Cara Kerja Rem Tangan atau Rem Parkir

Kabel kawat rem tangan atau rem parkir akan manarik park brake strut. Park brake strut berhubungan dengan park brake lever. Oleh karena itu ketika park brake strut spring tertarik maka park brake lever juga akan ikut tertarik. Park brake lever akan mengungkit kedua kampas rem sehingga menekan tromol atau brake drum.

Park brake lever seperti ayunan yang mana apabila park brake lever tertarik, maka ujung akan mendorong adjusting screw. Adjusting screw akan mendorong kampas rem bagian kanan atau trailing sehingga menekan brake drum. Apabila park brake lever tertarik terus menerus maka bagian kampas rem leading atau bagian kiri juga akan menempel pada brake drum. Hal ini menyebabkan kedua kampas menahan brake drum sehingga kendaraan tertahan.

Saat Tuas Rem Tangan atau Rem Parkir Di Lepas

Saat tuas rem tangan atau rem parkir dilepas atau direlease maka kampas rem yang semula menekan brake drum akan kembali ke posisi semula. Hal ini menyebabkan rem parkir tidak bekerja sehinga roda dapat berputar dengan bebas.
Cara Kerja Rem Tangan atau Rem Parkir

Pada saat tuas rem tangan atau rem parkir ditekan maka mekanisme lock nut akan mengangkat dan melepas kuncian dengan lock gear. Kondisi ini yang menyebabkan tuas rem dapat kembali ke posisi semula. Selain itu, kabel kawat yang semula tertarik maka akan kembali kendor karena tuas rem tangan atau rem parkir kembali ke posisi awal.

Tuas rem parkir dan kabel kawat yang kembali ke posisi semula maka pegas pengembali akan mendorong park brake lever kembali ke posisi semula. Akibatnya kampas rem yang semula terungkit oleh park brake lever akan kembali ke posisi semula karena sudah tidak terungkit oleh park brake lever. Adjusting screw juga akan kembali ke posisi semula karena tidak terdorong sehingga menyebabkan kedua kampas terbebas dan kembali ke posisi semula baik kampas leading maupun kampas trailing.

Dalam penggunaannya ada beberapa jenis, untuk yang dibahas diatas merupakan jenis rem tangan atau rem parkir yang sering digunakan yaitu mekanisme rem tangan atau rem parkir pada rem tromol. Namun ada beberapa kendaraan yang menggunakan rem belakang cakram. Oleh karena itu mekanisme rem parkir atau rem tangan pada rem cakram jelas berbeda dengan rem tangan atau rem parkir pada rem tromol. Selain itu ada juga yang dikontrol secara elektronik.

Diatas merupakan pembahasan mengenai rem tangan atau rem parkir. Pembahasan mengenai fungsi rem tangan atau rem parkir, komponen rem tangan atau rem parkir dan fungsinya, serta cara kerja rem tangan atau rem parkir.

0 Response to "Mengenal Rem Tangan atau Rem Parkir (Fungsi, Komponen, dan Cara Kerja)"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel