Etiket Gambar Teknik atau Kepala Gambar (Fungsi, Komponen, dan Cara Membuat)

Dalam gambar teknik, etiket atau kepala gambar merupakan salah satu hal penting. Etiket gambar teknik atau kepala gambar ini berisikan berbagai informasi yang berupa keterangan mengenai gambar. Etiket gambar teknik ini lebih dikenal dengan kepala gambar. Etiket gambar teknik terletak disebelah bawah atau bawah bagian kanan.

Oleh karena itu etiket wajib ada dalam setiap gambar teknik. Etiket terdapat beberapa jenis yang nantinya juga disesuaikan dengan ukuran kertas yang digunakan. Etiket bisa digunakan pada ukuran kertas mulai dari A1 sampai A5. Sebenarnya dalam proses pembuatan etiket tidak terlalu sulit. Namun dalam setiap proses gambar teknik, etiket gambar teknik perlu digambar atau dibuat terlebih dahulu.

Lalu apa fungsi etiket gambar teknik atau kepala gambar? Apa saja jenis etiket gambar teknik atau kepala gambar? Lalu bagaimana cara pembuatan etiket gambar teknik atau kepala gambar baik ukuran, model atau jenisnya? Semua hal tersebut akan dibahas pada artikel berikut ini.

Fungsi Kepala Gambar atau Etiket Gambar Teknik

Etiket gambar teknik memiliki fungsi untuk memuat data-data dan informasi mengenai gambar yang dibuat. Informasi-informasi tersebut diantaranya yaitu judul gambar, ukuran, dan lain sebagainya.

Jenis Kepala Gambar atau Etiket Gambar Teknik

Kepala gambar atau etiket gambar teknik terdiri dari beberapa jenis. Berikut merupakan kepala gambar atau etiket gambar teknik yang sering digunakan:
  1. Model Sekolah Teknik Mesin (Verein Schweizerischer Maschinen) merupakan salah satu jenis etiket gambar teknik. Pada etiket model sekolah teknik mesin, selain terdapat keterangan seperti pada etiket standar namun ditambahi keterangan-keterangan yang berhubungan dengan bagian detailnya seperti skala, tanggal pembuatan, pembuat, dan lain sebagainya. Model sekolah teknik mesin lebih sederhana daripada jenis etiket lain.
  2. Model Penunjukan Proyeksi merupakan salah satu jenis etiket atau kepala gambar pada gambar teknik. Pada kepala gambar atau etiket model penunjukan proyeksi sebenarnya sama dengan model sekolah teknik mesin atau model vsm. Perbedaan mencolok dari kepala gambar atau etiket gambar teknik model penunjukan poyeksi dengan vsm yaitu pada model penunjukan proyeksi terdapat kolom untuk menuliskan proyeksi yang digunakan semisal proyeksi eropa atau proyeksi amerika.

Cara Membuat Kepala Gambar atau Etiket Gambar Teknik

Kepala gambar atau etiket gambar teknik merupakan salah satu bagian penting dalam gambar teknik. Untuk membuat kepala gambar atau etiket gambar teknik maka perlu diketahui bagian-bagian serta ukuran yang digunakan. Pada kepala gambar atau etiket gambar teknik terdapat beberapa bagian yang wajib ada dikarenakan termasuk standar ISO. Berikut merupakan bagian-bagian penting dari kepala gambar atau etiket gambar teknik:
  1. Nama pembuat gambar merupakan salah satu bagian dari kepala gambar atau etiket gambar teknik yang memiliki fungsi untuk memberikan informasi mengenai pembuat gambar.
  2. Nama gambar atau judul gambar merupakan salah satu bagian dari kepala gambar atau etiket gambar teknik yang memiliki fungsi untuk memberikan informasi mengenai gambar yang dibuat semisal potongan baut dan lain sebagainya.
  3. Nama perusahaan atau instansi merupakan bagian dari kepala gambar atau etiket gambar teknik yang memiliki fungsi untuk memberikan informasi mengenai perusahaan atau instansi yang membuat gambar tersebut.
  4. Tanggal gambar merupakan bagian dari kepala gambar atau etiket gambar teknik yang memiliki fungsi untuk memberikan informasi mengenai tanggal selesainya gambar dibuat.
  5. Tanggal pemeriksaan dan nama pemeriksa gambar merupakan bagian dari kepala gambar atau etiket gambar teknik yang memiliki fungsi untuk memberikan informasi mengenai tanggal gambar diperiksa serta nama pemeriksa agar gambar benar-benar sesuai dan terhindar dari kesalahan.
  6. Nomor gambar merupakan salah satu bagian dari kepala gambar atau etiket gambar teknik yang memiliki fungsi untuk memberikan informasi mengenai identitas gambar yang terdiri dari nomor-nomor khusus sehingga gambar mudah dikenali.
  7. Skala gambar merupakan salah satu bagian dari kepala gambar atau etiket gambar teknik yang memiliki fungsi untuk memberikan informasi mengenai mengenai skala gambar yang digunakan atau perbandingan ukuran dari gambar dengan bentuk benda aslinya.
  8. Berbagai informasi lain yang diperlukan untuk menambah informasi dan keterangan gambar sehingga gambar benar-benar jelas dan dapat dipahami oleh semua orang baik perencana maupun pelaksana seperti proyeksi yang digunakan, ukuran kertas, dan lain sebagainya.
Selain komponen atau bagian-bagian dari kepala gambar atau etiket gambar teknik memiliki ukuran-ukuran yang harus disesuaikan dengan standarnya. Baik secara manual maupun menggunakan komputer  melalui berbagai software seperti autocad dan lain sebagainya, setiap gambar harus memiliki kepala gambar atau etiket gambar teknik. Untuk mengetahui ukuran kepala gambar atau etiket gambar teknik maka sebelumnya perlu menentukan garis tepi gambar berdasarkan ukuran kertas gambar yang digunakan.
Setelah membuat garis tepi sesuai dengan ukuran kertas gambar yang digunakan. Ukuran garis tepi dapat digunakan baik dalam posisi potrait atau tegak maupun landscape atau horisontal. Setelah garis tepi dibuat maka barulah membuat kepala gambar atau etiket gambar teknik. Pemilihan jenis kepala gambar disesuaikan dengan kebutuhan. Berikut merupakan ukuran dari kepala gambar atau etiket gambar teknik.

Model Sekolah Teknik Mesin atau VSM (Verein Schweizerischer Maschinen)

Berikut merupakan ukuran dari kepala gambar atau etiket gambar teknik untuk model sekolah teknik mesin atau vsm:


Model Penunjukan Proyeksi

Berikut merupakan ukuran dari kepala gambar atau etiket gambar teknik untuk model penunjukan proyeksi:


Diatas merupakan berbagai pembahasan mengenai kepala gambar atau etiket gambar teknik. Baik melalui fungsi kepala gambar atau etiket gambar teknik, jenis kepala gambar atau etiket gambar teknik, cara membuat kepala gambar atau etiket gambar teknik

0 Response to "Etiket Gambar Teknik atau Kepala Gambar (Fungsi, Komponen, dan Cara Membuat)"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel