Mengenal Huruf dan Angka Pada Gambar Teknik Beserta Fungsinya

Dalam gambar teknik terdapat beberapa huruf dan angka yang berfungsi untuk menjelaskan maksud dari gambar teknik. Huruf dan angka pada gambar teknik memberikan berbagai informasi yang menunjukan besarnya ukuran, keterangan gambar, dan catatan etiket gambar etiket. Oleh karena itu, huruf dan angka gambar teknik tidak boleh sembarangan ketika membuat agar semua orang teknik bisa memahami maksud dan tujuannya.

Huruf dan angka gambar teknik harus jelas atau dapat dibaca, dapat dibuat secara cepat, serta memiliki gaya yang tegas. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam penggunaan huruf dan angka gambar teknik yaitu sesuai dengan standar yang ada. Standar yang digunakan pada penggunaan huruf dan angka gambar teknik adalah sesuai dengan ISO 3098/1-1974. Hal ini menyebabkan ukuran, tinggi, ketebalan, jarak harus proporsional.

Lalu apa saja fungsi huruf dan angka pada gambar teknik? Bagaimana cara membuat huruf dan angka  gambar teknik yang sesuai dengan standar? Semua hal tersebut akan dibahas pada artikel berikut ini.

Fungsi Huruf dan Angka Gambar Teknik

Huruf dan angka gambar teknik memiliki fungsi yang sangat penting. Oleh karena itu, huruf dan angka gambar teknik wajib ditambahkan ketika proses penggambaran benda kerja dilakukan. Huruf dan angka gambar teknik berfungsi untuk:
  • Huruf dan angka gambar teknik berfungsi untuk menunjukan besarann ukuran suatu benda kerja.
  • Huruf dan angka gambar teknik berfungsi untuk menambah keterangan gambar seperti gambar potongan, muka, serta proyeksi.
  • Huruf dan angka gambar teknik berfungsi untuk menambah catatan pada etiket gambar teknik.

Cara Membuat Huruf dan Angka Gambar Teknik

Standar Huruf dan Angka Gambar Teknik

Pada penggunaan huruf dan angka gambar teknik terdapat standar ukuran tersendiri. Berikut merupakan standar ukuran huruf dan angka pada gambar teknik:
Berikut merupakan keterangan dari huruf dan angka gambar teknik:
  1. h merupakan ketinggian dari huruf atau angka
  2. c merupakan ketinggian dari huruf kecil
  3. a merupakan jarak antara huruf satu dengan huruf lainnya
  4. b merupakan jarak garis dari ketinggian huru ditambah jarak antara huruf atau angka dengan huruf atau angka dibawahnya.
  5. e merupakan jarak spasi antar kata
  6. d merupakan ketebalan dari huruf atau angka yang digunakan.

Ukuran Huruf dan Angka Gambar Teknik

Untuk mengetahui berapa ukuran standar dari huruf atau angka yang digunakan bisa memperhatikan tabel dibawah ini:

Perbandingan huruf untuk Tipe A (H/14)

Perbandingan huruf untuk Tipe B (H/10)

Sebagai contoh kita menggunakan huruf atau angka dengan ukuran h (ketinggian huruf) adalah 20. Maka ketika kita menggunakan huruf atau angka tipe A maka tinggi huruf kecil adalah 14 mm, jarak huruf 2,8 mm, jarak garis 28 mm, jarak kata 8,4 mm, serta tebal huruf 1,4 mm. Sedangkan ketika kita menggunakan perbandingan huruf tipe B maka tinggi huruf kecil adalah 14 mm, jarak huruf 4 mm, jarak garis 28 mm, jarak kata 12 mm, serta tebal huruf 2 mm.

Bentuk Huruf dan Angka Gambar Teknik

Selain ukuran bentuk huruf juga perlu diatur atau dibuat sesuai standar. Ada dua kondisi huruf atau angka gambar teknik yaitu huruf tegak dan huruf miring 15 derajat. Untuk lebih lanjut sebagai penjelasan mengenai bentuk huruf dan angka gambar teknik bisa melihat gambar dibawah ini.

Huruf dan Angka Gambar Teknik Tipe Tegak

Huruf dan Angka Gambar Teknik Tipe Miring
Diatas merupakan pembahasan mengenai huruf dan angka pada gambar teknik. Pembahasan mengenai fungsi huruf dan angka pada gambar teknik dan cara membuat huruf dan angka gambar teknik.

0 Response to "Mengenal Huruf dan Angka Pada Gambar Teknik Beserta Fungsinya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel