Gambar Potongan (Fungsi dan Jenis)

Pada dunia otomotif banyak benda berongga yang disajikan dengan gambar potongan. Gambar potongan merupakan salah satu teknik pada gambar teknik untuk menggambarkan elemen-elemen mesin yang berongga atau bagian yang tidak terlihat. Coba bayangkan apabila tanpa gambar potongan? Gambar teknik yang dibuat tidak akan mampu menggambarkan gambar yang sebenarnya dengan jelas sehingga semua orang baik perencana dan pelaksana mampu mengintepretasikan gambar.

Setiap elemen atau benda memiliki bentuk yang berbeda-beda tergantung fungsi dan perencana. Jika pada suatu bagian memiliki bagian yang rumit maka dalam proses menggambar rumit pula sehingga mempersulit informasi yang ingin disampaikan untuk dimengerti. Oleh karena itu diperlukan gambar potongan untuk mendeskripsikan bagian-bagian benda yang tersembunyi.

Terjadinya gambar potongan merupakan akibat dari penyederhanaan gambar suatu benda yang apabila digambar terlalu rumit. Dari pengaplikasian gambar potongan tersebut dapat membantu dalam pengaplikasian dan penerapan dalam kehidupan sehari-hari.

Lalu apa fungsi gambar potongan atau irisan? Apa saja jenis gambar potongan? Semua hal tersebut akan dibahas pada artikel berikut ini.

Fungsi Gambar Potongan

Gambar potongan memiliki fungsi untuk menyajikan prinsip struktur, elemen, kaitan antar elemen benda. Pada intinya gambar potongan atau gambar penampang memiliki fungsi untuk menyajikan atau memperlihatkan bagian-bagian dalam gambar agar posisi benda-benda yang rumit terlihat jelas dan lebih mudah untuk diintepretasikan.

Pada umumnya untuk membuat sebuah gambar potongan harus melewati sumbu dasar. Potongan ini dinamakan dengan potongan utama. Namun untuk memperjelas bagian dari suatu benda yang rumit, potongannya dapat dilakukan dengan tidak melewati sumbu dasar. Untuk gambar potongan yang tidak melewati sumbu dasar harus menggunakan tanda panah untuk menunjukan arah penglihatan atau pandangan dan tanda garis untuk menandakan arah potongan.

Jenis Gambar Potongan

Pada gambar teknik terdapat beberapa jenis gambar potongan. Untuk mengetahui apa saja jenis gambar potongan sebagai berikut:

Potongan Dalam Satu Bidang

Dalam membuat potongan pada suatu bidang terdapat dua cara yaitu sebagai berikut:

  1. Potongan oleh bidang potong melalui garis sumbu dasar, pada umumnya bidang potong dibuat melalui sumbu dasar. Jika bidang potong melalui garis sumbu maka tidak perlu diberikan tanda-tanda pada gambar potongannya.
  2. Potongan yang tidak melalui sumbu dasar, untuk membuat potongan pada suatu benda yang rumit atau tidak simetris maka untuk pemotongannya tidak bisa dilakukan segaris dengan sumbu dasar. Dalam hal ini maka dalam pembuatan potongan disesuaikan dengan bentuk benda yang akan dipotong, pada bagian mana bagian yang akan di perlihatkan. Oleh karena itu diperlukan tanda dan arah penglihatannya disesuaikan dengan arah panah.

Potongan Lebih dari Satu Bidang

Ada beberapa macam cara membuat gambar potongan lebih dari satu bidang. Potongan lebih dari satu bidang merupakan cara menggambar potongan benda dengan menyederhanakan gambar dan penghematan waktu dalam beberapa bidang sejajar yang tidak dalam satu bidang. Ada beberapa macam cara untuk membuat gambar potongan lebih dari satu bidang sebagai berikut:
  1. Potongan Meloncat, merupakan salah satu teknik mengambar potongan yang banyak digunakan pada gambar teknik. Potongan meloncat merupakan sebagai bentuk penyederhanaan gambar dan penghematan waktu potongan-potongan dalam beberapa biidang sejajar yang dapat disatukan. Sebagai contoh gambar berikut ini yang dipotong menurut garis potong X-X. Padahal sebenarnya bidang potongnya terdiri dari dua bidang yang disatukan. Potongan ini dikenal dengan potongan meloncat.
  2. Potongan Dua Bidang Berpotongan, pada suatu benda yang simetris atau sama maka untuk proses penggambarannya dapat melalui dua bidang potong yang saling berpotongan. Pada potongan dua bidang berpotongan maka satu bidang merupakan potongan utama dan bidang lain menyudut dengan bidang pertama. Sebagai contoh berikut ini yang merupakan contoh potongan dua bidang berpotongan yang menyudut untuk menampilkan secara jelas bagian khusus suatu benda.
  3. Potongan pada Bidang Berdampingan, pada gambar potongan bidang berdampingan, dapat dibuat atau digambar melalui garis sumbunya. Pada umumnya bidang-bidang yang berdampingan mengikuti lekukan-lekukan pada garis sumbu. Hal ini yang menyebabkan pandangan pada potongan terlihat jelas sehingga mudah diintepretasikan. 

Potongan Setengah

Pada gambar potong setengah atau separuh merupakan gambaran mengenai suatu benda yang simetris dan dipotong setengah bagiannya. Pada bagian ini hanya diperlihatkan setengah bagian dari benda karena sama dengan setengah bagian yang sudah diperlihatkan.

Potongan Setempat

Setiap benda yang dibuat gambar potongannya akan berbeda-beda satu dengan yang lainnya tergantung dari tingkat kesulitan benda yang akan digambar potongannya. Dalam gambar teknik terkadang diperlukan gambaran yang lebih jelas mengenai sebagian benda. Oleh karena itu diperlukan potongan setempat yang digunakan untuk menggambar benda kerja yang dipergunakan dari bagian kecil suatu benda yang tersembunyi. Untuk mendapatkan benda yang tersembunyi tersebut maka diperlukan penggambaran benda secara penuh kemudian dipotong pada sebagian sisinya untuk mendapatkan potongan pada bagian yang ingin diperjelas.

Potongan yang di Putar

Dalam proses pembuatan potongan yang diputar, ada beberapa proses yang harus dilalui. Selain itu pada potongan yang diputar juga harus melibatkan gambar potongan yang lain. Namun untuk gambar-gambar benda tertentu seperti pelek, ruji, dan lain sebagainya dapat digambar melalui potongan setempat. Namun nantinya, potongan setempat yang sudah jadi harus dipindahkan dan diputar pada tempat lain.

Potongan Berurutan

Pada gambar potongan berurutan, tipe pemotongan hampir sama dengan potongan benda yang diputar. Perbedaannya hanya terletak pada proses penggambaran potongannya yaitu dilakukan pada luar benda. Kemudian potongan-potongan yang dibuat disusun secara berurutan untuk pemberian ukuran dan keperluan lainnya. Sebagai contoh pada penggambaran pasak bertingkat yang berbeda-beda agar lebih jelas kedudukannya maka potongannya disusun secara berurutan.

Bagian Benda Yang Tidak Boleh di Potong

Dalam proses membuat gambar potongan benda, ada beberapa hal yang tidak boleh dipotong. Selain itu ada beberapa benda yang tidak bisa dipotong dalam beberapa potongan seperti potongan arah memanjang dan lain sebagainya. Benda-benda tersebut seperti poros, ruji, as, dan lain sebagainya. Berikut merupakan contoh pemotongan yang sesuai den pemotongan yang tidak sesuai:

Diatas merupakan pembahasan mengenai gambar potongan. Pembahasan mulai dari fungsi gambar potongan, jenis gambar potongan, dan bagian benda yang tidak boleh dipotong

0 Response to "Gambar Potongan (Fungsi dan Jenis)"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel