Feeler Gauge atau Thickness Gauge (Fungsi, dan Cara Menggunakan)

Feeler gauge merupakan alat ukur mekanik yang digunakan untuk mengukur jarak atau celah antara dua benda. Selain digunakan untuk mengukur celah, fungsi feeler gauge adalah untuk mengukur kerataan dan lain sebagainya dengan di bantuan alat ukur lainnya. Dalam dunia otomotif sendiri, feeler gauge sangat membantu dalam proses perbaikan dan perawatan kendaraan.

Feeler gauge terbuat dari bilah baja tipis yang sangat presisi serta memiliki berbagai ketebalan. Ketebalan dari feeler gauge atau thickness gauge bervariasi  mulai dari 0,01 mm - 1 mm. Dengan kata lain, feeler gauge mempunyai tingkat ketelitian sampai 1/1000 mm. Pada feeler gauge atau thickness gauge memiliki jumlah bilah baja sebanyak 20. Bilah-bilah tersebut memiliki ketebalan yang berbeda-beda yang umumnya tertulis pada masing-masing bilah. 

Alat ini dinamakan feeler gauge dikarenakan dalam proses pengukurannya menggunakan feeling atau perasaan. Oleh karena itu cara menggunakan feeler gauge juga berdasarkan feeling atau rasa. Semisal dalam pengukuran celah katup maka diperlukan feel atau rasa agar ukuran celah yang didapat benar-benar sesuai. Biasanya bilah diurutkan dari yang kecil ke besar ataupun bisa dikombinasikan beberapa bilah untuk mendapatkan ukuran yang tepat.

Mengingat feeler gauge sering digunakan pada bidang otomotif, maka perlu diketahui prosedur penggunaan feeler gauge.  Apa fungsi dari feeler gauge atau thickness gauge? Bagaimana cara menggunakan feeler gauge atau thickness gauge? Semua hal tersebut akan dibahas pada artikel berikut ini.

Fungsi Feeler Gauge atau Thickness Gauge

Fungsi feeler gauge atau thickness gauge sudah dibahas sebelumnya. Feeler gauge merupakan alat ukur mekanik yang digunakan untuk mengukur jarak atau celah antara dua benda yang saling bersinggungan, keausan suatu benda yang bersiggungan, dan alur-alur atau groove yang berukuran kecil. Dalam dunia otomotif banyak sekali celah antara dua komponen yang saling bersinggungan. Berikut merupakan beberapa contoh fungsi feeler gauge atau thickness gauge:
  1. Mengukur celah katup atau klep
  2. Mengukur celah kontak platina
  3. Mengukur kerataan kepala silinder
  4. Mengukur celah busi atau spark plug
  5. Mengukur celah ring piston
  6. Mengukur celah pompa oli
  7. Dan lain sebagainya 
    Feeler Gauge

Cara Menggunakan Feeler Gauge atau Thickness Gauge

Dalam penggunaan feeler gauge sebenarnya sangat mudah sekali, namun ada beberapa hal yang perlu diperhatikan karena feeler gauge menghandalkan feeling atau perasaan. Tentunya perasaan satu orang dengan orang lainnya berbeda-beda, oleh karena itu perlu diperhatikan seberapa tebal celah yang benar-benar sesuai dengan feeler gauge. Berikut merupakan cara menggunakan feeler gauge atau thickness gauge:

1. Membersihkan Benda Dan Alat Ukur

Dalam melakukan proses pengukuran perlu memperhatikan beberapa hal seperti kebersihan benda yang diukur dan alat ukur yang digunakan. Hal ini berarti sebelum melakukan pengukuran perlu membersihkan alat ukur yaitu feeler gauge atau thickness gauge serta benda yang akan diukur dari oli maupun kotoran lainnya. Hal ini dikarenakan dapat mengganggu hasil pengukuran sehingga tidak akurat.

2. Posisikan Feeler Gauge Lurus

Saat melakukan proses pengukuran benda, pastikan menyisipkan feeler gauge dalam kondisi lurus. Jangan sampai melengkung dikarenakan dapat mengganggu hasil pengukuran. Selain mengganggu hasil pengukuran, feeler gauge yang melengkung juga akan merusak feeler gauge sehingga tidak dapat digunakan lagi dan perlu penggantian.

3. Menggabungkan Beberapa Bilah Feeler Gauge

Untuk mendapatkan hasil yang presisi maka dapat menggabungkan beberapa bilah feeler gauge menjadi satu. Kalian dapat menggabungkan beberapa bilah semisal dua atau beberapa lembar bilah untuk mendapatkan ukuran yang paling presisi. Namun usahakan gunakan sedikit bilah untuk mengurangi eror pada saat pengukuran.

4. Menarik Feeler Gauge Untuk Mendapatkan Feel atau Rasa Yang Tepat

Untuk pengukuran alangkah baik jangan sampai mendorong bilah feeler gauge ke dalam celah. Melainkan menarik bilah feeler gauge agar mendapatkan feel yang benar-benar sesuai dengan ukuran dari celah benda.
Diatas merupakan pembahasan mengenai feeler gauge atau thickness gauge. Feeler gauge sendiri digunakan untuk mengukur berbagai komponen yang ada didalam dunia otomotif baik proses perbaikan maupun perawatan. Selain itu dibahas juga mengenai fungsi feeler gauge atau fungsi thickness gauge, serta cara menggunakan feeler gauge atau cara menggunakan thickness gauge.

Tidak ada komentar untuk "Feeler Gauge atau Thickness Gauge (Fungsi, dan Cara Menggunakan)"