Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengenal Rangkaian Kelistrikan Sistem Central Door Lock Dan Cara Kerjanya

Rangkaian Central Door Lock - Central lock atau central door lock adalah salah satu contoh kemajuan teknologi kendaraan yang berfungsi untuk menambah kenyamanan dan keamanan. Pengertian central door lock adalah sebuah sistem yang mempunyai fungsi untuk mengunci semua pintu melalui satu pintu utama. Pintu utama biasanya terletak pada sebelah kanan dekat dengan sopir atau pengemudi. Jadi ketika pintu utama dikunci maka otomatis pintu lain juga terkunci. Hal ini berguna untuk menambah keamanan ketika berkendara.

Central door lock semakin lama semakin maju dengan ditambahkan penguncian jarak jauh dengan remote atau yang sering disebut keyless Entry. Oleh karena itu penguncian tinggal menekan tombol pada remote tidak memerlukan kunci atau yang dulu sering dilakukan secara mekanis. Semua hal tersebut tentunya menambah keamanan dan kemudahan ketika berkendara.

Untuk melakukan fungsinya, maka central door lock membutuhkan berbagai macam komponen. Komponen central door lock seperti actuator, module, serta mekanisme pengunci. Semua komponen tersebut masih dibagi menjadi beberapa komponen lain yang memiliki peranan dan fungsi yang berbeda-beda.

Berbagai komponen central door lock di rangkai menjadi sebuah sistem. Rangkaian central door lock ini berguna agar arus listrik dapat dalirkan ke berbagai komponen dan terintegrasi menjadi satu sistem. Artinya ketika satu bekerja maka central door lock secara keseluruhan juga akan bekerja. Cara kerja central door lock yaitu dengan mengontrol aliran arus yang mengalir ke actuator melalui sebuah module dan akan bekerja ketika dibutuhkan.

Oleh karena itu central door lock sudah menjadi kebutuhan utama kendaraan. Lalu apa sih sebenarnya pengertian central door lock? Apa saja komponen central door lock? Bagaimana rangkaian central door lock dan cara kerjanya? Semua hal tersebut akan dibahas pada artikel berikut.

Pengertian Central Door Lock

Pengertian central door lock adalah suatu sistem kelistrikan kendaraan yang memiliki fungsi untuk penguncian pintu mobil yang terpusat melalui satu langkah. Pada umumnya central door lock bekerja terpusat dari pintu utama yaitu pintu pengemudi atau melalui penekanan remote central lock.

Pada umumnya kendaraan terbaru sudah menggunakan central door lock tipe keyless entry. Artinya semua pengontrolan penguncian pintu kendaraan dapat melalui remote mobil. Biasanya central door lock menjadi satu rangkaian dengan alarm mobil. Ketika central door lock bekerja maka semua pintu akan terkunci secara otomatis tanpa harus mengunci pintu satu per satu.
central door lock

Komponen Central Door Lock Dan Fungsinya

Secara umum komponen central door lock dibagi menjadi tiga yaitu door lock actuator, door lock mechanisme, dan door lock control unit. Berikut pembahasan masing-masing komponen central door lock.

1. Door Lock Actuator

Door lock actuator adalah salah satu komponen central door lock yang mempunyai fungsi untuk menggerakkan locking link yang terhubung dengan door lock. Selain itu terdapat saklar yang terdapat pada sisi pintu pengemudi. Berikut merupakan beberapa komponen pada door lock actuator:
  1. Motor merupakan bagian dari door lock actuator yang berfungsi untuk penggerak locking link. Biasanya motor yang digunakan adalah motor DC.
  2. Gear merupakan penerus putaran dari motor listrik ke gear pinion.
  3. Gear pinion meshes merupakan penggerak armature rod melalui rack meshes.
  4. Armature rod berfungsi untuk menggerakan locking link.
  5. Kabel saklar berfungsi untuk menyalurkan arus listrik dari baterai ke unit door lock. Dua kabel menuju ke door lock control unit dan 1 kabel menuju massa.
  6. Kabel motor berfungsi untuk menyalurkan arus listrik dari baterai ke motor listrik.
komponen central door lock

2. Door Locking Mechanisme

Door Locking Mechanisme adalah salah satu komponen central door lock yang berfungsi untuk mengoperasikan sistem pengunci secara manual. Selain itu door locking mechanisme berhubungan dengan door lock actuator untuk mengunci pintu. Door locking mechanisme terdiri dari beberapa komponen seperti inside locking knob, outside handle, locking cylinder, opening control link, locking link door lock, dan striker.
  1. Locking knob berfungsi untuk menekan locking link agar berhubungan dengan actuator. Selain itu sebagai saklar untuk penguncian seluruh pintu pada pintu pengemudi.
  2. Locking link berfungsi untuk mengoperasikan door lock berdasarkan locking knob dan door lock actuator.
  3. Locking cylinder berfungsi untuk mengoperasikan door lock dari luar.
  4. Door lock berfungsi untuk sebagai pengait antara pintu dengan striker dan juga sebagai pengunci antara pintu dengan striker.
  5. Outside handle berfungsi untuk membuka pintu dari luar dengan melepakan kaitan antara door lock dengan striker.
  6. Inside handle berfungsi sama seperti outside handle hanya dari dalam kendaraan.
  7. Opening control link berfungsi untuk membebaskan perkaitan antara door lock dengan striker
  8. Striker berfungsi agar pintu dapat terkunci.
  9. Kunci pengaman dari anak-anak yaitu berfungsi untuk mengamankan pintu agar tidak bisa dibuka dari dalam.
komponen central door lock

3. Door Lock Control Unit 

Door Lock Control Unit adalah salah satu komponen central door lock yang berfungsi untuk mengontrol suplai arus yang digunakan untuk menggerakkan door lock actuator. Door lock actuator terdiri dari relay yang dikontrol dengan berbagai sirkuit elektronik. 
  1. Relay pada door lock control unit berfungsi untuk saklar elektronik yang digunakan untuk membuka dan menutup aliran arus listrik ke door lock actuator. Relay terdiri dari dari beberapa jenis yaitu Single pole single throw (dua terminal on off), single pole double throw (tiga terminal), double pole single throw (dua pasang terminal), double pole double throw (dua pasang relay dengan tiga terminal).
  2. Transistor berfungsi untuk modulasi signal untuk control unit door lock, selain itu sebagai stabilisasi tegangan dan juga switch atau saklar.
komponen central door lock

Jenis-Jenis Central Door Lock

1. Central Door Lock 2 Pintu (Pengunci Semua Pintu Melalui Dua Pintu Depan)

Central door lock 2 pintu adalah salah satu jenis central door lock yang menggunakan dua pintu depan untuk mengunci semua pintu. Artinya kita dapat menggunakan salah satu dari kedua pintu depan untuk mengunci pintu secara keseluruhan. Hal ini dapat dilakukan karena central door lock terpusat pada kedua pintu depan.
jenis central door lock

2. Central Door Lock 1 Pintu (Pengunci Semua Pintu Melalui Pintu Pengemudi)

Central door lock 1 pintu adalah salah satu jenis central door lock yang menggunakan satu pintu depan yaitu bagian pintu pengemudi untuk mengunci semua pintu. Oleh karena itu ketika kita mau mengunci seluruh pintu harus melalui pintu pengemudi karena central door lock terpusat pada pintu pengemudi.
jenis central door lock

3. Central Door Lock 2 Pintu + Tangki (Pengunci Semua Pintu dan Tangki Melalui Dua Pintu Depan) 

Central door lokc 2 pintu dan tangki adalah salah satu jenis central door lock yang menggunakan kedua pintu depan untuk mengunci semua pintu termasuk tutup tangki bahan bakar. Oleh karena itu ketika ingin membuka tutup tangki dapat menggunakan pintu depan baik kiri maupun kanan.
jenis central door lock

Rangkaian Central Door Lock Dan Cara Kerjanya

Cara kerja central door lock sebenarnya sangat sederhana. Central door lock akan bekerja mengunci pintu mobil secara elektrik. Artinya proses penguncian diatur menggunakan komponen elektronika melalui sebuah control module. Saat module tidak menerima input dari remote maka aliran arus ke actuator unit tetap sehingga solenoid berubah menjadi magnet dan menarik door lock dalam posisi terkunci. Sebaliknya saat ada input baik dari switch door lock maupun remote maka aliran arus ke solenoid akan dihentikan dan menyebabkan aktuator tidak menarik door lock.

Rangkaian central door lock sebenarnya sangat sederhana. Untuk lebih jelasnya mengenai rangkaian central door lock adalah sebagai berikut.\
rangkaian central door lock
Keterangannya sebagai berikut
  1. Door lock switch 
  2. Door control relay 
  3. Solenoid

1. Cara Kerja Central Door Lock Posisi Lock

Aliran arusnya sebagai berikut yaitu arus positif dari baterai mengalir menuju fusible link → fuse 30 A → terminal 6 → terminal 5 → solenoid → terminal 4 → terminal b → terminal 1 → massa. Hal ini menyebabkan solenoid menjadi magnet.

Saat solenoid menjadi magnet maka akan menarik door lock sehingga posisi pintu terkunci. Selama detik terminal a akan kembali terhubung dengan terminal 1 sehingga solenoid tidak teraliri listrik secara terus menerus.
cara kerja central door lock

2. Cara Kerja Central Door Lock Posisi Unlock

Aliran arusnya sebagai berikut yaitu arus positif dari baterai mengalir menuju fusible link → fuse 30 A → terminal 6 → terminal 4 → solenoid → terminal 5 → terminal a → terminal 1 → massa. Hal ini menyebabkan solenoid menjadi magnet.

Saat solenoid menjadi magnet namun arah arus kebalikannya maka menyebabkan medan magnet juga berubah. Akibatnya solenoid tidak dapat menarik door lock sehingga pintu posisi terbebas. Selama detik terminal b akan kembali terhubung dengan terminal 1 sehingga solenoid tidak teraliri listrik secara terus menerus.
cara kerja central door lock
Diatas merupakan beberapa bahasan mengenai central lock atau central door lock. Pembahasan mulai dari pengertian central door lock, komponen central door lock dan, jenis central door lock, dan rangkaian central door lock dan cara kerjanya

2 komentar untuk "Mengenal Rangkaian Kelistrikan Sistem Central Door Lock Dan Cara Kerjanya"