Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengenal 22 Macam Spesial Service Tools Dan Fungsinya

Special Service Tools (SST) - Special service tools (SST) adalah salah satu jenis peralatan bengkel yang digunakan pada perbaikan dan perawatan kendaraan. Pengertian special service tool (SST) adalah peralatan yang memiliki fungsi untuk membongkar dan memasang komponen mesin yang tidak bisa dengan kunci biasa. Alat SSt dapat diartikan sebagai alat khusus untuk membantu atau melaksanakan satu proses pekerjaan.

Special service tool (SST) terdapat beberapa jenis yang digunakan pada proses perbaikan dan perawatan kendaraan. Setiap jenis special service tools (SST)   memiliki fungsi dan penggunaan yang berbeda-beda. Oleh karena itu diperlukan pengetahuan mengenai macam special service tools (SST) agar dapat berfungsi sesuai peruntukannya.

Special service tools (SST) dalam penggunaannya dapat digolongkan menjadi dua jenis yaitu membongkar (remover) dan memasang (replacer). Special service tools jenis remover adalah alat SST yang digunakan untuk proses pembongkaran komponen atau part mesin. Sementara itu special service tools jenis replacer adalah alat SST yang digunakan untuk proses pemasangan komponen atau part mesin.

Oleh karena itu, sebagai mekanik harus bisa dalam menentukan berbagai penggunaan berbagai special service tools (SST). Lalu apa pengertian special service tools (SST)? Apa saja jenis special service tools (SST)? Semua hal tersebut akan dibahas pada artikel berikut ini.

Pengertian Special Service Tools (SST)

Pengertian special service tools atau SST adalah alat bantu manusia dalam proses perbaikan, perawatan yang tidak bisa dilakukan oleh kunci-kunci biasa sehingga memerlukan kunci khusus untuk melakukan pekerjaan tersebut. Jadi fungsi special service tools atau sst itu dikhususkan untuk melakukan pekerjaan tertentu seperti membongkar dan memasang suatu komponen. Special service tools berguna agar pekerjaan lebih efektif dan efisien.

Macam-Macam Special Service Tools (SST)

Terdapat berbagai macam special service tool (SST) yang digunakan untuk proses perbaikan dan perawatan kendaraan. Untuk lebih jelasnya berikut merupakan pembahasan mengenai jenis special service tools (SST).

1. Bearing Puller Attacment

Bearing Puller Attachment adalah salah satu jenis special service tools yang diciptakan untuk melepas bantalan pada posisi yang sulit dijangkau oleh puller biasa. Cara penggunaan cukup keraskan bearing spliter hingga mendesak bearing. Kemudian tingga putar batang pemutar hingga bearing terangkat dan terlepas dari tempatnya. Dengan begitu maka bearing atau bantalan akan mudah terlepas dari dudukannya.
special service tools (SST)

2. Oil Seal Puller

Oil Seal Puller adalah salah satu jenis special service tools yang berfungsi untuk melepas perapat oli pada komponen-komponen seperti transmisi, kaki-kaki, dan lain sebagainya. Bentuknya seperti palu yang mempunyai ujung lancip dan melengkung. Bentuk ujung yang lancip ini dapat dengan mudah digunakan untuk mencongkel seal oli yang letaknya agak kedalam.
special service tools (SST)

3. Bearing Cup Puller

Bearing Cup Puller adalah salah satu jenis special service tools yang memiliki fungsi sama seperti bearing puller. Namun dalam penggunaannya berbeda yaitu untuk melepas bantalan atau bearing yang terpasang pada area silindris sehingga harus di dorong dari dalam. Cara penggunaannya yaitu dengan memasukkan kaki-kaki ke silindris tempat bantalan kemudian tarik tuasnya hingga bantalan terlepas. 
special service tools (SST)

4. Universal Puller

Universal Puller adalah salah satu jenis special service tools yang berfungsi untuk mempermudah pelepasan atau pemasangan komponen tanpa adanya proses pemukulan atau penekanan yang tidak merata. Universal puller digunakan dengan cara menarik komponen atau part yang akan dilepas. Selain itu setiap kaki universal puller diletakkan disetiap sisi komponen sehingga penekanan merata.

Universal puller biasanya terdiri dari dua kaki atau arm dan tiga kaki. Setiap kaki universal puller dihubungkan ke baut tengah. Kaki-kaki ini dipasangkan pada sisi komponen yang akan dilepas. Baut tengah diputar menggunakan kunci ring seperti mengencangkan baut seperti biasanya. Semakin kedalam baut masuk, maka komponen akan semakin tertarik sehingga akan terlepas.
special service tools (SST)

5.Clutch Aligning Tool

Clutch Aligning Tool atau clutch center adalah salah satu jenis special service tools yang digunakan untuk memposiskan kopling apakah sudah benar-benar ditengah atau belum sebelum baut penekan dipasang. Hal ini bertujuan agar transmisi mudah masuk saat pemasangan. Terdapat berbagai bentuk clutch aligning tools. Namun penggunaannya sama yaitu memasukkan clutch aligning tools ke lubang poros input transmisi. Setelah itu baru melakukan pengencangan baut plat penekan sehingga posisi kampas kopling center atau berada ditengah.
special service tools (SST)

6. Sliding Hammer

Sliding Hammer adalah salah satu jenis special service tools yang berfungsi untuk melepas komponen yang memerlukan hentakan atau kejutan seperti bearing roda dan lain sebagainya. Alat ini digunakan untuk melepas komponen yang tidak memiliki permukaan untuk penekanan balik.

Sliding hammer terdiri dari handle, dan hammer. Pada bagian ujung handel terdapat pengait yang dihubungkan ke bagian komponen yang akan ditarik. Apabila tidak ada bagian yang dikaitkan maka dapat membuat pengait dengan cara dilas pada komponen. Kemudian gerakkan hammer agar terjadi hentakan sehingga komponen akan terlepas.
special service tools (SST)

7. Ring Compressor

Ring Compressor adalah salah satu jenis special service tools yang berfungsi untuk menekan ring piston pada saat pemasangan agar mudah masuk kedalam silinder. Piston ring compressor terbuat dari plat yang dibentuk silindris dan dapat disetel ukurannya disesuaikan dengan ukuran piston.

Cara penggunaan ring compressor sangat sederhana. Ring compresor tinggal dimasukkan kedalam piston yang telah dipasangi ring piston dan ring oli. Kemudian menggunakan kunci L sampai ring compressor menekan ring piston. Piston yang sudah ditekan dimasukkan kedalam lubang silinder dan tekan piston sampai masuk kedalam silinder secara keseluruhan.
special service tools (SST)

8. Piston Ring Plier

Piston Ring Plier atau tang ring torak adalah salah satu jenis special service tools yang digunakan untuk melepas dan memasang ring piston agar tidak mengalami kerusakan. Alat ini didesain sedemikian rupa sehingga dapat memberikan penekan pada ring piston secara merata. Cara penggunaan piston ring plier sebenarnya sangat sederhana. Cukup masukkan ring piston ke bagian ujung piston ring plier dengan celah piston berada pada bagian dalam. Setelah itu tekan gagang atau handle sampai ring piston melebar. Tahan kemudian masukkan ring piston kedalam torak.
special service tools (SST)

9. Valve Spring Compressor

Valve Spring Compressor adalah salah satu jenis special service tools yang befungsi untuk memasang dan melepas pengunci katup pada tapper. Alat ini sangat mempermudah proses pemasangan katup terutama pengunci valve spring yang terkadang sulit masuk. Cara penggunaanya cukup pasangkan bagian penekan alat pada katup dan spring. Namun sebelum itu setting ketinggian penekan sampai cukup untuk menekan spring dan memudahkan memasang pengunci. Menekan handle dan masukkan pengunci serta melepas handle ketika pengunci sudah terpasang dengan rapi.

special service tools (SST)

10. Oil Filter Remover

Oil Filter Remover adalah salah satu jenis special service tools yang berfungsi untuk melepas dan memasang filter oli atau filter lain yang berbentuk tabung atau silindris. Dikarenakan bentuknya tabung maka perlu alat khusus ini agar filter oli mendapatkan momen kekencangan yang pas sehingga tidak timbul kebocoran. Oil filter terdiri dari berbagai bentuk tergantung jenis kendaraan yang menggunakan. Cara penggunaan juga tergantung pada bentuk oil filter remover.
special service tools (SST)

11. Coil Spring Compresor

Coil Spring Compressor adalah salah satu jenis special service tools yang berfungsi untuk menekan pegas koil sehingga mempermudah melepas dan memasang komponen shock absorber. Selain itu, coil spring compresor juga bertujuan sebagai pengaman dari spring agar tidak meloncat ketika komponen suspensi lain dilepas. Cara pemakaian coil spring compresor sangat mudah yaitu dengan memasang pengait pada bagian pegas suspensi. Kemudian kencangkan baut sampai pegas suspensi sedikit tertekan.
special service tools (SST)

12. Ball Joint Sparator

Ball Joint Sparator atau treker ball joint adalah salah satu jenis special service tools yang berfungsi untuk melepas ball joint dari dudukannya. Ada tiga jenis ball joint sparator yaitu ball joint splitter puller, splitter scissor, dan drafter ball joint splitter (fork). Semua memiliki fungsi yang sama. 
special service tools (SST)

13. Tie Rod Remover

Tie Rod Remover adalah salah satu jenis special service tools yang berfungsi untuk melepas tie rod. Cara penggunaan tie rod remover sebenarnya sangat mudah yaitu pasangkan pada ball joint tie rod dan kencangkan baut sampai menekan ball joint tie rod terlepas dari sambungan atau knuckle arm.

special service tools (SST)

14. Disc Brake Piston Compressor

Disc Brake Piston Compressor adalah salah satu jenis special service tools yang berfungsi untuk menekan piston caliper untuk mempermudah pemasangan kampas rem baru. Disc brake compressor akan menekan piston rem agar kembali keposisi awal atau tidak menekan kampas sehingga kampas baru dapat dengan mudah dipasang.
special service tools (SST)

15. Differential Flange Holder 

Differential flange holder adalah salah satu jenis special service tools yang berfungsi untuk menahan flange pinion agar tidak bergerak atau berputar ketika drive pinion dilepas. Differential flange holder bekerja dengan menahan pinion memanfaatkan permukaan lantai.
Special Service Tools

16. Oil Seal Protector Sleeve

Oil seal protector sleeve adalah salah satu jenis special service tools yang berfungsi untuk melindungi seal oli ketika dilakukan pemasangan. Seal oli terbuat dari bahan rubber sehingga mudah terjadi kerusakan apabila timbul gesekan. Oleh karena itu perlu dilindungi ketika proses pemasangan dilakukan.
Special Service Tools

17. Obeng Ketok atau Impact Driver

Obeng ketok atau impact driver adalah salah satu jenis jenis special service tools yang berfungsi untuk melepas atau membuka baut yang keras sehingga diperlukan hentakan untuk proses pelepasannya. Obeng ketok digunakan dengan cara dipukul. Pukulan ini akan menyebabkan hentakan pada ujung mata obeng dan diteruskan untuk menghentak baut atau skrup yang kersa sehingga mudah terbuka.
Special Service Tools

18. Injector Tester

Injector tester berfungsi untuk memeriksa tekanan injector. Pada umumnya alat ini digunakan untuk mengetahui besarnya tekanan injektor apakah masih sesuai standar atau tidak.
special service tools

19. Torque Wrench

Torque wrench atau kunci momen berfungsi untuk mengencangkan baut atau mur dengan tingkat kekencangan tertentu. Dengan begitu keamanan dan keselamatan akan lebih terjamin.
special service tools

20. Screw Extractor

Screw extractor berfungsi untuk mengeluarkan baut. Pada umumnya screw extractor berguna untuk mengeluarkan baut yang patah didalam sebuah lubang.
special service tools

21. Clamp G

Clamp G berfungsi seperti ragum yaitu untuk menjepit atau menahan benda kerja agar tidak bergeser ketika akan dilakukan sebuah perlakuan.
special service tools

22. Camshaft Lock Holder 

Camshaft lock holder berfungsi untuk menahan camshat agar tidak berputar ketika dilakukan proses pelepasan ataupun pengencangan baut. Dengan begitu camshaft sprocket akan lebih mudah dipasang dan dilepas tanpa adanya gerakan yang dapat merubah posisi timing mesin.
special service tools
Diatas merupakan pembahasan mengenai alat special service tools (SST). Terdapat berbagai jenis special service tools (SST) yang digunakan pada bidang otomotif.

6 komentar untuk "Mengenal 22 Macam Spesial Service Tools Dan Fungsinya"

  1. Bagaimana cara merawat dan memperbaiki peralatan special survice tools?

    BalasHapus
  2. untuk perawatan sebenarnya sama dengan peralatan lain cukup dibersihkan setelah penggunaan agar tidak terjadi karat dan lain sebagainya kemudian disimpan ditempat yang aman. Apabila terjadi kerusakan sebenarnya dianjurkan untuk penggantian unit karena mgkn alat tidak presisi apabila dilakukan proses perbaikan. Terima kasih kunjungannya. Jangan lupa untuk kunjungi dan belajar di sekolahkami.com

    BalasHapus
  3. Sangat-sangat lengkap thank you😁😁😁

    BalasHapus
  4. Sungguh ilmu yang bermanfaat

    BalasHapus