Mengenal Berbagai Macam Spesial Service Tools Dan Fungsinya

SST atau special service tool berfungsi untuk membongkar dan memasang komponen mesin yang tidak bisa dengan kunci biasa. Dalam penggunaan SST terdapat dua jenis yaitu membongkar (remover) dan memasang (replacer). Ada banyak sekali special service tools yang digunakan dalam proses perbaikan dan perawatan mesin. Oleh karena itu, sebagai mekanik harus mengetahui berbagai special service tool, baik dari namanya, fungsinya, dan cara menggunakannya.

Fungsi Special Service Tools

Special service tools atau SST merupakan alat bantu manusia dalam proses perbaikan, perawatan yang tidak bisa dilakukan oleh kunci-kunci biasa sehingga memerlukan kunci khusus untuk melakukan pekerjaan tersebut. Jadi fungsi special service tools atau sst itu dikhususkan untuk membongkar dan memasang suatu komponen.

Macam-Macam Special Service Tools

Berikut macam-macam special service tools dan fungsinya:
  1. Bearing Puller Attachment merupakan alat khusus yang diciptakan untuk melepas bantalan pada posisi yang sulit dijangkau oleh puller biasa. Cara penggunaan cukup keraskan bearing spliter hingga mendesak bearing. Kemudian tingga putar batang pemutar hingga bearing terangkat dan terlepas dari tempatnya.
  2. Oil Seal Puller berfungsi untuk melepas perapat oli pada komponen-komponen seperti transmisi, kaki-kaki, dan lain sebagainya. Bentuknya seperti palu yang mempunyai ujung lancip dan melengkung.
  3. Bearing Cup Puller sama seperti bearing puller. Namun dalam penggunaannya berbeda yaitu untuk melepas bantalan atau bearing yang terpasang pada area silindris sehingga harus di dorong dari dalam. Cara penggunaannya yaitu dengan memasukkan kaki-kaki ke silindris tempat bantalan kemudian tarik tuasnya hingga bantalan terlepas.
  4. Universal Puller berfungsi untuk mempermudah pelepasan atau pemasangan komponen tanpa adanya proses pemukulan atau penekanan yang tidak merata. Universal puller biasanya terdiri dari dua kaki atau arm dan tiga kaki.
  5. Clutch Aligning Tool atau clutch center merupakan alat khusus yang digunakan untuk memposiskan kopling apakah sudah benar-benar ditengah atau belum sebelum baut penekan dipasang. Hal ini bertujuan agar transmisi mudah masuk saat pemasangan.
  6. Sliding Hammer merupakan alat khusus yang berfungsi untuk melepas komponen yang memerlukan hentakan atau kejutan seperti bearing roda dan lain sebagainya. Sliding hammer terdiri dari handle, dan hammer.
  7. Ring Compressor merupakan alat khusus yang berfungsi untuk menekan ring piston pada saat pemasangan agar mudah masuk kedalam silinder. Piston ring compressor terbuat dari plat yang dibentuk silindris dan dapat disetel ukurannya disesuaikan dengan ukuran piston.
  8. Piston Ring Plier atau tang ring torak merupakan alat khusus yang digunakan untuk melepas dan memasang ring piston agar tidak mengalami kerusakan.
  9. Valve Spring Compressor merupakan alat khusus yang befungsi untuk memasang dan melepas pengunci katup pada tapper. 
  10. Oil Filter Remover berfungsi untuk melepas dan memasang filter oli atau filter lain yang berbentuk tabung atau silindris. Dikarenakan bentuknya tabung maka perlu alat khusus ini agar filter oli mendapatkan momen kekencangan yang pas sehingga tidak timbul kebocoran.
  11. Coil Spring Compressor merupakan alat khusus yang berfungsi untuk menekan pegas koil sehingga mempermudah melepas dan memasang komponen shock absorber.
  12. Ball Joint Sparator atau treker ball joint merupakan alat khusus yang berfungsi untuk melepas ball joint dari dudukannya. Ada tiga jenis ball joint sparator yaitu ball joint splitter puller, splitter scissor, dan drafter ball joint splitter (fork). Semua memiliki fungsi yang sama.
  13. Tie Rod Remover merupakan alat khusus yang berfungsi untuk melepas tie rod.
  14. Disc Brake Piston Compressor merupakan alat khusus yang berfungsi untuk menekan piston caliper untuk mempermudah pemasangan kampas rem baru.
Beberapa alat diatas merupakan macam-macam special service tool (SST) beserta fungsinya. Berbagai alat tersebut memiliki fungsi special service tools atau SST berbeda-beda sehingga dalam penggunaan harus disesuaikan dengan peruntukannya.

2 Responses to "Mengenal Berbagai Macam Spesial Service Tools Dan Fungsinya"

  1. Bagaimana cara merawat dan memperbaiki peralatan special survice tools?

    BalasHapus
  2. untuk perawatan sebenarnya sama dengan peralatan lain cukup dibersihkan setelah penggunaan agar tidak terjadi karat dan lain sebagainya kemudian disimpan ditempat yang aman. Apabila terjadi kerusakan sebenarnya dianjurkan untuk penggantian unit karena mgkn alat tidak presisi apabila dilakukan proses perbaikan. Terima kasih kunjungannya. Jangan lupa untuk kunjungi dan belajar di sekolahkami.com

    BalasHapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel