Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengenal 17 Macam Power Tools Dan Fungsinya

Power Tools atau Peralatan Bertenaga - Dalam dunia otomotif terdapat berbagai peralatan, salah satunya yaitu power tools. Power tools adalah alat yang penggunaannya membutuhkan tenaga selain tenaga otot manusia. Tenaga yang dibutuhkan power tools seperti listrik hidrolik pneumatik dan lain sebagainya 

Dalam penggunaan pada bidang otomotif terdapat berbagai jenis power tools yang digunakan dalam proses perbaikan maupun perawatan kendaraan. Namun kebanyakan power tools yang digunakan pada bidang otomotif menggunakan sumber tenaga dari listrik dan pneumatik.

Power tools dapat bekerja apabila ada sumber tenaga. Power tools tidak akan dapat bekerja apabila tidak ada sumber tenaga. Oleh karena itu power tools sangat membantu mempermudah dalam proses pekerjaan dalam bidang otomotif.

Berdasarkan klasifikasinya power tools dapat dibedakan menjadi beberapa jenis. Setiap jenis power tools memiliki fungsi dan kegunaan yang berbeda-beda. Oleh karena itu Dalam penggunaannya harus disesuaikan dengan pekerjaan yang dilakukan 

Mengingat penggunaan power tools dalam bidang otomotif sangat sering digunakan maka diperlukan pengetahuan mengenai berbagai jenis power tools. Untuk lebih jelasnya mengenai berbagai macam power tools dan fungsinya akan dibahas pada artikel berikut ini 

Macam-Macam Power Tools dan Fungsinya

Terdapat berbagai jenis power tools yang digunakan dalam bidang otomotif. Untuk lebih jelasnya Berikut merupakan pembahasan mengenai macam-macam power tools dan fungsinya.

1. Bor Listrik atau Electric Drill 

Bor listrik atau electric drill merupakan salah satu jenis power tools yang digunakan untuk membuat lubang dengan diameter yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan. Bor listrik dapat bekerja apabila terdapat sumber tenaga listrik. Walaupun ada beberapa tipe yang menggunakan baterai sebagai sumber tenaga.
jenis power tools

2. Bor Angin atau Air Drill

Bor angin atau air drill merupakan salah satu jenis power tools yang memiliki fungsi untuk membuat lubang dengan diameter yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan. Bor angin sebenarnya sama dengan bor listrik. Yang membedakan adalah sumber tenaga penggerak yang dibutuhkan yaitu dari pneumatik.
jenis power tools

3. Drill Press atau Bench Drill

Drill press atau bench drill atau bor duduk merupakan salah satu jenis power tools yang memiliki fungsi untuk membuat lubang dengan diameter tertentu. Bench drill dapat diatur kecepatan dan posisinya sehingga lebih mudah digunakan untuk pekerjaan dengan skala yang besar.
jenis power tools

4. Gerinda Tangan atau Portable Power Grinder 

Gerinda tangan atau portable power grinder adalah salah satu jenis power tools yang memiliki fungsi yang bermacam-macam. Fungsi gerinda tangan diantaranya yaitu ratakan suatu permukaan, memotong, atau membentuk suatu permukaan. Untuk melakukan fungsi tersebut maka terdapat berbagai mata gerinda. Gerinda tangan memiliki efisiensi pemakaian yang lebih besar karena mudah dipindahkan dan dapat diatur posisinya sesuai dengan kebutuhan.
jenis power tools

5. Gerinda Duduk atau Bench Grinding

Gerinda duduk atau yang lebih dikenal dengan bench grinding merupakan salah satu jenis power tools yang memiliki fungsi yang sama dengan gerinda tangan. Pada umumnya bench grinding terdiri dari dua mata gerinda yaitu batu asah yang digunakan untuk membentuk sebuah permukaan, dan kawat untuk membersihkan kotoran pada komponen-komponen otomotif seperti busi, dan lain sebagainya. Bench grinding tidak dapat dipindahkan secara mudah.
jenis power tools

6. Kunci Impact atau Impact Wrench

Kunci Impact (Impact Wrench) merupakan salah satu jenis powertools yang berfungsi untuk mengendorkan dan mengencangkan baut atau mur dengan lebih cepat atau efisien. Kunci impact dapat digunakan dengan momen pengencangan sesuai spesifikasi tenaga dari kunci impact itu sendiri. Artinya semakin besar kunci impact maka semakin besar juga momen pengencangannya dan sebaliknya. Kunci impact dapat bekerja apabila ada sumber tenaga yaitu pneumatik, namun ada beberapa yang menggunakan baterai atau listrik. 
jenis power tools

7. Obeng Pneumatik atau Pneumatic Screwdriver

Obeng Pneumatik (Pneumatic Screwdriver) merupakan salah satu jenis powertools yang berfungsi untuk mengencangkan dan mengendorkan sekrup dengan momen kekencangan tertentu. Momen kekencangan obeng pneumatik bisa tinggi disesuaikan dengan tenaga dari alat itu sendiri. Sama seperti powertools yang lain, obeng pneumatik juga memilik sumber tenaga yaitu tekanan angin yang biasanya bersumber dari kompresor.
jenis power tools

8. Air Chisel

Air Chisel merupakan powertools yang berfungsi hampir sama seperti jack hammer yang bertugas untuk membuat lubang pada beton. Walaupun digunakan untuk membuat lubang pada beton, namun alat ini juga sering digunakan pada bidang otomotif untuk memutus baut yang tertinggal dan pekerjaan lain sebagainya. Air chisel juga membutuhkan sumber tenaga agar dapat berfungsi sebagaimana mestinya.
jenis power tools

9. Blow Gun

Blow gun merupakan salah satu jenis power tools yang memiliki fungsi untuk membersihkan berbagai kotoran pada mesin yang tidak dapat dijangkau oleh tangan. Blow gun membutuhkan udara bertekanan agar dapat bekerja. Cara kerjanya tingga mengarahkan ujung blow gun kemudian menekan tuas agar udara bertekanan dapat keluar untuk membersihkan kotoran.
jenis power tools

10. Spray Gun

Spray gun merupakan salah satu jenis power tool yang memiliki fungsi untuk melakukan proses pengecatan dengan lebih cepat teliti dan efisien. Spray gun memanfaatkan udara bertekanan untuk membantu proses penyebaran cat sehingga hasilnya lebih merata. Oleh karena itu spray gun banyak digunakan pada bidang otomotif terutama pada bidang body repairing.
jenis power tools

11. Nail Gun

Nail gun merupakan salah satu jenis power tools yang memiliki fungsi untuk memasang paku pada dinding atau permukaan lain. Sama seperti powertools pada umumnya, nail gun membutuhkan tenaga pneumatik yang berasal dari udara bertekanan agar dapat bekerja.
jenis power tools

12. Air Stapler

Air stapler merupakan salah satu jenis powertools yang memiliki fungsi untuk menempelkan wallpaper pada dinding atau permukaan lain. Sama seperti nail gun, air stapler juga memanfaatkan udara bertekanan agar dapat bekerja.
jenis power tools

13. Air Sander

Air sander merupakan salah satu jenis powertools yang memiliki fungsi untuk meratakan permukaan pada bidang datar. Hampir sama seperti gerinda, air sander biasanya digunakan untuk mengamplas permukaan cat agar lebih rata, dan lain sebagainya. Air sander memanfaatkan udara bertekanan untuk memutar amplas atau mata air sander.
jenis power tools

14. Sandblaster

Sanblaster merupakan salah satu jenis power tools yang memiliki fungsi untuk membersihkan sebuah permukaan dari adanya kotoran, karat, debu, atau cat yang menempel. Biasanya sandblaster digunakan pada proses pengecatan untuk membersihkan permukaan cat. Sandblaster membutuhkan angin bertekanan atau pneumatik agar dapat bekerja. Biasanya sandblaster digabungkan dengan air dan sabun agar proses pembersihan lebih maksimal.
jenis power tools

15. Caulking Gun

Caulking gun merupakan salah satu jenis power tools yang memiliki fungsi untuk melekatkan satu bagian ke bagian lain dengan lebih cepat dan mudah. Caulking gun dapat digunakan pada semua jenis permukaan.
jenis power tools

16. Mesin Gergaji atau Jigsaw

Mesin gergaji atau jigsaw merupakan salah satu jenis powertools yang memiliki fungsi untuk memotong suatu benda. Mesin gergaji atau jigsaw memiliki berbagai pisau yang dapat digunakan sesuai dengan kebutuhan. Mesin gergaji atau jigsaw sangat membantu dalam proses pemotongan terutama dalam produksi skala besar. Agar dapat bekerja maka jigsaw memerlukan sumber tenaga yang berasal dari listrik.
jenis power tools

17. Alat Press atau Hydraulic Press

Hydraulic press merupakan salah satu jenis powertools yang memiliki fungsi untuk meluruskan atau membengkokan suatu permukaan. Pada intinya, hydraulic press memiliki fungsi untuk memberikan tekanan pada suatu benda. Pada bidang otomotif, hydraulic press sangat dibutuhkan untuk memasang berbagai komponen yang membutuhkan penekanan seperti bearing, dan lain sebagainya.
jenis power tools
Demikian merupakan pembahasan mengenai powertools atau peralatan bertenaga. Terdapat beberapa jenis atau macam power tools dan fungsinya yang berbeda-beda. Oleh karena itu dalam penggunaan berbagai jenis powertools harus disesuaikan dengan kebutuhan.

1 komentar untuk "Mengenal 17 Macam Power Tools Dan Fungsinya"

  1. Mohon maaf untuk ketidaknyamannya. Mungkin untuk tambahan pengetahuan:
    1) Spray gun
    2) Air blow gun
    3) Abrasive cut shaw
    Untuk yang lain nnti masih bisa dijabarkan seperti gerinda nnti ada gerinda duduk gerinda angin, gerinda listrik dan lain sebagainya. terima kasih sebelumnya. Jangan lupa untuk berkunjung kembali

    BalasHapus