Mengenal Berbagai Macam Power Tools Dan Fungsinya

Dalam bidang otomotif selain handtools terdapat alat lain yang disebut dengan powertools. Powertools merupakan alat yang penggunaannya membutuhan tenaga selain tenaga tangan atau otot manusia. Power tools bisa menggunakan listrik, mesin penggerak, hidrolik, pneumatik, dan tenaga yang lain. Dengan powertools tentu sangat membantu mempermudah pekerjaan manusia. Power tools dapat bekerja asalkan ada sumber tenaga. Tanpa adanya sumber tenaga maka powertools tidak dapat berfungsi sebagaimana mestinya.

Powertools memiliki jenis yang bermacam-macam. Selain itu fungsinya juga berbeda-beda. Oleh karena itu penggunaan harus disesuaikan dengan pekerjaan yang dilakukan. Berikut macam-macam power tools beserta fungsinya.

Macam-Macam Powertools Dan Fungsinya

  1. Bor (Drill) merupakan powertools yang befungsi untuk membuat lubang dengan diameter yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan. Pada umumnnya bor dihubungan dengan sumber daya listrik namun ada beberapa yang menggunakan baterai atau tekanan angin sebagai penggeraknya. 
  2. Gerinda (Grinder) merupakan powertools yang memiliki fungsi yang bermacam-macam. Berbagai macam fungsi tersebut diantaranya yaitu untuk meratakan suatu permukaan, manajamkan suatu alat, memotong atau membentuk suatu permukaan. Terdapat berbagai mata pisau gerinda untuk melakukan beberapa fungsi tersebut. Dari fungsinya terdapat beberapa jenis gerinda yaitu gerinda duduk (sit grinding), gerinda tangan (hand grinding), gerinda permukaan (surface grinding), gerinda potong (tool grinding), dan gerinda silindris (cylindrical grinding).
  3. Kunci Impact (Impact Wrench) merupakan powertools yang berfungsi untuk mengendorkan dan mengencangkan baut atau mur dengan lebih cepat atau efisien. Kunci impact dapat digunakan dengan momen pengencangan sesuai spesifikasi tenaga dari kunci impact itu sendiri. Artinya semakin besar kunci impact maka semakin besar juga momen pengencangannya dan sebaliknya. Kunci impact dapat bekerja apabila ada sumber tenaga yaitu pneumatik, namun ada beberapa yang menggunakan baterai atau listrik.
  4. Obeng Pneumatik (Pneumatic Screwdriver) merupakan powertools yang berfungsi untuk mengencangkan dan mengendorkan sekrup dengan momen kekencangan tertentu. Momen kekencangan obeng pneumatik bisa tinggi disesuaikan dengan tenaga dari alat itu sendiri. Sama seperti powertools yang lain, obeng pneumatik juga memilik sumber tenaga yaitu tekanan angin yang biasanya bersumber dari kompresor. 
  5. Air Chisel merupakan powertools yang berfungsi hampir sama seperti jack hammer yang bertugas untuk membuat lubang pada beton. Walaupun digunakan untuk membuat lubang pada beton, namun alat ini juga sering digunakan pada bidang otomotif untuk memutus baut yang tertinggal dan pekerjaan lain sebagainya. Air chisel juga membutuhkan sumber tenaga agar dapat berfungsi sebagaimana mestinya.
Diatas merupakan macam-macam powertools dan fungsinya. Powertools dapat bekerja apabila mendapat sumber tenaga baik dari listrik, pneumatik, ataupun hidrolik. Dalam penggunaan powertools harus disesuaikan dengan fungsinya agar dapat bekerja dengan baik.

0 Response to "Mengenal Berbagai Macam Power Tools Dan Fungsinya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel