Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengenal 17 Macam Hand tools Dan Fungsinya

Hand Tools atau Alat Tangan - Hand tools atau alat tangan adalah salah satu peralatan yang banyak digunakan pada bidang otomotif. Hand tools adalah alat bantu kerja yang penggunaannya menggunakan tenaga atau otot manusia. Handtools atau alat tangan dalam dunia otomotif sangat erat kaitannya dengan berbagai proses perawatan maupun perbaikan kendaraan.

Dalam dunia otomotif banyak sekali alat tangan yang digunakan untuk berbagai kegiatan. Melepas baut dan mur membutuhkan alat tangan atau handtools berupa kunci. Selain itu masih banyak handtools atau alat tangan yang memiliki fungsi dan penggunaan yang berbeda-beda. 

Mengingat banyaknya jenis hand tools yang digunakan dalam dunia otomotif, maka teknisi harus bisa menentukan penggunaan alat tangan atau handtools. Semua alat tangan atau handtools memiliki prosedur penggunaan yang berbeda-beda. Hal ini bertujuan agar memenuhi keselamatan dan kesehatan kerja baik dari alat, teknisi, dan bahan perbaikan.
jenis handtools
Untuk itu maka penting untuk mempelajari alat tangan dan hand tools. Untuk lebih jelasnya mengenai berbagai jenis hand tools akan dibahas pada artikel berikut ini.

Macam-Macam Hand tools dan Fungsinya

Dalam penggunaannya, handtools atau alat tangan terdapat berbagai jenis. Untuk lebih jelasnya, berikut merupakan macam-macam hand tools dan fungsinya.

1. Kunci Pass atau Open End Spanner

Kunci pass atau open end spanner merupakan salah satu jenis hand tools yang memiliki fungsi untuk melepas baut atau mur. Pada umumnya kunci pass atau open wrench memiliki ukuran 6 mm sampai 36 mm. Cara penggunaannya cukup mudah yaitu dengan memasang bagian ujung kunci pass ke bagian kepala mur atau baut. Kemudian tinggal memutar ke kiri untuk mengendorkan dan ke kanan untuk mengencangkan.
jenis handtools

2. Kunci Ring atau Offset Ring Spanner

Kunci ring atau yang dikenal dengan box wrench merupakan salah satu jenis hand tools yang memiliki fungsi yang sama dengan kunci pass yaitu untuk melepas dan mengencangkan baut atau mur. Kunci ring dapat digunakan untuk mengendorkan atau mengencangkan baut mur pada posisi yang menjorok kedalam. Hal ini dikarenakan bentuk gagang kunci ring yang offset. Selain itu kunci ring memiliki keamanan yang lebih baik karena seluruh sisi baut mur mendapat permukaan ujung kunci ring.
jenis handtools

3. Kunci Kombinasi atau Combination Spanner

Kunci kombinasi atau yang lebih dikenal dengan combination spanner merupakan salah satu jenis hand tools yang memiliki fungsi sama dengan kunci ring atau kunci pass. Kunci kombinasi berfungsi untuk melepas dan mengencangkan baut mur. Kunci kombinasi tersedia mulai dari ukuran 3 mm sampai 32 mm. Kunci kombinasi menggabungkan kedua kunci ring dan pass menjadi satu gagang. Hal ini memiliki efisiensi alat yang lebih baik dari keduanya.
jenis handtools

4. Kunci L atau Allen Wrench

Kunci L atau yang lebih dikenal dengan allen wrench merupakan salah satu jenis hand tools yang memiliki fungsi untuk melepas dan mengencangkan baut atau mur yang memiliki kepala menjorok ke dalam. Dalam penggunaannya terdapat dua jenis kunci yaitu kunci L hexagonal, dan kunci L bintang. Kunci ini tersedia mulai dari ukuran 2 mm sampai 22 mm.
jenis handtools

5. Kunci Inggris atau Adjustable Wrench

Kunci inggris atau adjustable wrench merupakan salah satu jenis hand tools yang memiliki fungsi untuk mengendorkan dan mengencangkan fasterner yang tidak bisa dilakukan oleh kunci ring atau kunci pass dan kunci ring. Kunci inggris dapat distel mulai dari 13-35 mm dan 26-83 mm. Kunci inggris dapat disesuaikan dengan memutar penyetel untuk membesarkan atau mengecilkan ukuran kunci.
jenis handtools

6. Obeng atau Screwdriver

Obeng atau screwdriver merupakan salah satu jenis hand tools yang memiliki fungsi untuk mengendorkan atau mengencangkan skrup. Obeng terbuat dari batang baja yang diberi gagang dari kayu atau plasting dan memiliki dua ujung yaitu minus dan plus. Terdapat tiga jenis obeng menurut penggunaannya yaitu obeng biasa untuk melepas skrup biasa, obeng offset untuk melepas skrup yang tidak bisa dijangkau oleh obeng biasa, dan obeng ketok yang digunakan untuk melepas skrup dengan momen pengencangan yang sangat tinggi.
jenis handtools

7. Palu atau hammer

Palu atau hammer merupakan salah satu jenis hand tools yang memiliki fungsi untuk melepas dan memasang komponen yang memerlukan penekanan dengan cara dipukul seperti bearing dan lain sebagainya. Palu pada umumnya terdiri dari dua jenis yaitu palu karet dan palu besi. Meskipun nantinya terdapat berbagai jenis palu menurut bentuk kepala palu. 
jenis handtools

8. Kunci Socket atau Socket Wrench

Kunci Soket (Socket Wrench) adalah salah satu jenis hand tools yang berbentuk tabung atau silindris yang mempunyai dudukan berbentuk segi empat dan ujung lain berbentuk hexagonal yang berfungsi untuk mengendorkan dan mengencangkan baut atau mur dengan momen kekencangan tertentu. Kunci shock dapat menjangkau berbagai tempat yang tidak dapat dijangkau oleh kunci biasa dikarenakan gagang dapat diganti sesuai dengan kebutuhan seperti gagang L, rachet, speed, dan sliding handle.
jenis handtools

9. Tang atau Pliers

Tang (Pliers) adalah salah satu jenis hand tools yang berfungsi untuk memotong, membengkokan, memegang atau menjepit dan lain sebagainya. Tang memiliki beberapa jenis tergantung fungsi dan bentuknya yaitu diagonal cutting pliers yang befungsi untuk memotong kawat baja, ends cutting plier yang berfungsi untuk memotong kawat dengan rahang yang membuka 90 derajat, flat nose pliers yang berfungsi untuk memegang benda kecil dengan ujung berbentuk segi empat dan tirus pada ujungnya, long nose plier yang berfungsi untuk memegang benda kecil dengan ujugn berbentu bulat tirus, round nose plier untuk membengkokan kawat atau plat, combination plier digunakan untuk berbagai pekerjaan tangan, polygrip plier untuk memegang benda dengan ujung yang dapat diatur.
jenis handtools

10. Kunci T

Kunci T merupakan salah satu jenis hand tools yang memiliki fungsi untuk mengencangkan baut atau mur dengan posisi yang menjorok ke dalam. Kunci ini sering digunakan untuk melepas atau mengencangkan baut mur yang terletak didalam lubang yang tidak mungkin dilakukan oleh kunci lain.
jenis handtools

11. Kunci Niple atau Flare Nut Spanner

Kunci niple atau yang lebih dikenal dengan flare nut spanner merupakan salah satu jenis hand tools yang memiliki fungsi untuk mengencangkan atau melepas baut yang terletak pada sambungan-sambungan pipa.
jenis handtools

12. Rachet

Rachet merupakan salah satu jenis hand tools yang memiliki fungsi untuk melepaskan atau mengencangkan baut dalam momen yang kecil tanpa harus melepaskan kunci shock dari baut atau mur. Selama proses melepas atau mengencangkan tinggal menggerakkan gagang rachet dan mengubah arah untuk memilih mengendorkan atau mengencangkan.
jenis handtools

13. Batang Geser T atau T Sliding Bar

Batang geser T atau T sliding bar merupakan salah satu jenis hand tools yang memiliki fungsi untuk melengendorkan dan mengencangkan baut mur dengan kunci socket yang memiliki momen pengencangan yang tinggi.
jenis handtools

14. Speed Handle

Speed handle merupakan salah satu jenis hand tools yang memiliki fungsi untuk mengendorkan dan mengencangkan baut mur menggunakan kunci socket yang posisinya jauh dari tangan dan tidak bisa dijangkau dengan kunci lain.
jenis handtools

15. Batang Universal

Batang universal merupakan salah satu jenis hand tools yang memiliki fungsi untuk mengendorkan dan mengencangkan baut mur dengan posisi yang tidak tegak lurus atau posisinya sulit dijangkau dengan batang kunci socket lain.
jenis handtools

16. Batang Perpanjangan Socket atau Socket Extension Bar

Batang perpanjangan socket merupakan salah satu jenis hand tools yang digunakan sebagai batang perpanjangan kunci socket agar dapat menjangkau baut-baut yang terletak tersembunyi atau menjorok kedalam.
jenis handtools

17. Sambungan Sock Universal

Sambungan socket universal merupakan salah satu jenis hand tools yang digunakan sebagai sambungan kunci socket yang dapat disesuaikan sudutnya untuk menjangkau baut dan mur. Kunci socket akan disambungkan dengan sambungan sock universal apabila baut mur tidak bisa dijangkau dengan batang perpanjangan socket.
jenis handtools
Demikian merupakan pembahasan mengenai berbagai jenis hand tools atau alat tangan. Macam-macam hand tools memiliki penggunaan yang berbeda satu dengan yang lain sehingga penggunaan juga disesuaikan dengan fungsi alat tangan atau hand tools tersebut.

Posting Komentar untuk "Mengenal 17 Macam Hand tools Dan Fungsinya"