Mengenal Berbagai Macam Handstools Dan Fungsinya

Dalam dunia otomotif ataupun bengkel terkenal dua jenis alat yaitu alat tangan atau handtools dan alat mesin tenaga atau powertools. Handtools adalah alat bantu kerja yang penggunaannya menggunakan tenaga tangan atau otot manusia. Berbagai pekerjaan dalam bidang otomotif tak lepas dari penggunaan hand tools. Melepas baut mur, dan pekerjaan lain sangat membutuhkan bantuan alat tangan atau hand tools. 

Namun terdapat banyak sekali alat tangan yang ada dalam dunia permesinan termasuk otomotif. Berbagai handtools tersebut memiliki fungsi dan penggunaan yang berbeda-beda. Oleh karena itu teknisi harus bisa menentukan alat tangan atau handtools yang digunakan sesuai dengan pekerjaan yang sedang dilakukan. Macam-macam handtools dan fungsinya harus digunakan sesuai dengan prosedur yang benar.

Macam-Macam Handtools Dan Fungsinya

Handtools merupakan alat bantu kerja yang masih menggunaan tenaga tangan. Namun handtools ini sangat membantu untuk berbagai pekerjaan dalam bidang otomotif. Oleh karena itu terdapat berbagai macam handtools dan fungsinya. Berikut macam-macam handtools dan fungsinya:
  1. Kunci Pass (Open Wrench) merupakan alat tangan yang berfungsi untuk melepas baut atau mur. Pada umumnya kunci pass memiliki ukuran mulai dari 6 mm sampai 36 mm. Cara penggunaannya cukup mudah yaitu memasang bagian ujung kunci pass yang berbentuk hexagonal ke baut atau mur kemudian putar kekiri untuk mengendorkan dan kekanan untuk mengencangkan. Namun dalam penggunaan di bengkel, alat ini jarang digunakan karena dapat menimbulkan kerusakan pada baut apabila tidak pas posisinya.
  2. Kunci Ring (Box Wrench) hampir sama seperti kunci pass yang berfungsi untuk melepas dan mengencangkan baut dan mur namun memiliki momen pengencangan yang besar dengan posisi yang terbatas. Cara penggunaan kunci ring sama seperti kunci pass. Kunci ring mempunyai ujung berbentuk cicin hexagonal. Oleh karena itu memiliki daya cengkeram baut yang lebih baik dari kunci pass karena menyentuh semua bidang baut atau mur.
  3. Kunci Kombinasi (Standar Wrench) merupakan gabungan dari kunci pass dan kunci ring. Kunci kombinasi saling mengisi kekurangan dari kedua jenis kunci. Kunci kombinasi tersedia mulai dari ukuran 3 mm-32 mm. Walaupun menggabungkan kedua jenis kunci namun kunci kombinasi tidak dapat menjangkau semua kelebihan pada kunci pass dan kunci ring yaitu tidak dapat menjangkau posisi fasterner yang terbatas, memiliki gagang yang kurang kuat sehingga tidak memungkinkan untuk mengencangkan pada momen besar.
  4. Kunci L (Allen Wrench) digunakan untuk mengendorkan dan mengencangkan baut yang memiliki bentuk muka menjorok kedalam. Dalam penggunaan dalam dunia otomotif biasanya terdapat dua jenis kunci L yaitu L bintang dan L hexagonal. Kunci L tersedia mulai dari ukuran 2mm - 22 mm.
  5. Kunci Inggris (Adjustabe Wrench) merupakan handtools yang memiliki fungsi untuk mengencangkan dan mengendorkan fasterner yang tidak bisa dilakukan oleh kunci pass dan kunci ring. Kunci inggris dapat distel sesuai dengan limitnya yaitu 13mm-35mm dan 26mm-83mm. Cara penggunaanya yaitu dengan memutar rahang gesernya dan menempatkan mulut kunci ke fasterner.
  6. Obeng (Screw Driver) merupakan handtools yang memiliki fungsi untuk mengencangkan dan mengendorkan komponen pada kendaraan semisal sekrup dan lain sebagainya. Obeng terbuat dai batang baja yang kuat kemudian diberi gagang dari kayu atau plastik. Obeng terdiri dari dua jenis dilihat dari bentuk penampangnya yaitu obeng minus yang digunakan untuk serkrup penampang min dan obeng plus untuk skrup berpenampang plus. Sementara dilihat dari jenis terdapat tiga jenis obeng yaitu obeng biasa, obeng offfset digunakan untuk melepas sekrup yang tidak dapat dijangkau oleh obeng biasa, dan obeng ketok yang digunakan untuk melepas sekrup dengan momen pengencangan yang tinggi.
  7. Palu (Hammer) yang digunakan untuk memasang dan melepas komponen mesin seperti bearing dan sambungan pada propeler shaft. Palu pada umumnya dibagi menjadi dua yaitu palu besi dan palu karet.
  8. Kunci Soket (Socket Wrench) merupakan handtools yang berbentuk tabung atau silindris yang mempunyai dudukan berbentuk segi empat dan ujung lain berbentuk hexagonal yang berfungsi untuk mengendorkan dan mengencangkan baut atau mur dengan momen kekencangan tertentu. Kunci shock dapat menjangkau berbagai tempat yang tidak dapat dijangkau oleh kunci biasa dikarenakan gagang dapat diganti sesuai dengan kebutuhan seperti gagang L, rachet, speed, dan sliding handle.
  9. Tang (Pliers) merupakan handtools yang berfungsi untuk memotong, membengkokan, memegang atau menjepit dan lain sebagainya. Tang memiliki beberapa jenis tergantung fungsi dan bentuknya yaitu diagonal cutting pliers yang befungsi untuk memotong kawat baja, ends cutting plier yang berfungsi untuk memotong kawat dengan rahang yang membuka 90 derajat, flat nose pliers yang berfungsi untuk memegang benda kecil dengan ujung berbentuk segi empat dan tirus pada ujungnya, long nose plier yang berfungsi untuk memegang benda kecil dengan ujugn berbentu bulat tirus, round nose plier untuk membengkokan kawat atau plat, combination plier digunakan untuk berbagai pekerjaan tangan, polygrip plier untuk memegang benda dengan ujung yang dapat diatur.
Diatas merupakan macam-macam handtools dan fungsinya. Dari ke sembilan alat tersebut sebenarnya masih terdapat beberapa alat lain yang juga merupakan alat tangan. Namun dalam penggunaan di bidang teknik jarang digunakan.

0 Response to "Mengenal Berbagai Macam Handstools Dan Fungsinya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel