Jenis-Jenis Dan Fungsi Mesin Konversi Energi Dalam Otomotif

Pengertian Mesin Konversi Energi

Mesin merupakan pesawat yang dapat menghasilkan suatu gerak atau kerja. Dari hal tersebut maka mesin konversi energi yaitu suatu pesawat yang dapat mengubah suatu energi menjadi energi lain sehingga menghasilkan suatu kerja atau gerakan yang dapat dimanfaatkan untuk kepentingan manusia. Berikut macam-macam mesin konversi energi.

Macam-Macam Mesin Konversi Energi

  1. Motor Bakar merupakan suatu pesawat kerja yang mengubah energi kimia yaitu campuran bahan bakar menjadi gerak translasi pada piston. Dilihat dari segi pembakaran atau energi thermal, motor bakar dapat dibedakan menjadi dua yaitu motor pembakaran dalam, dan motor pembakaran luar. Motor pembakaran dalam yaitu proses pembakaran terjadi didalam mesin sehingga panas hasil pembakaran dapat diubah menjadi tenaga langsung didalam mesin tersebut, sebagai contoh yaitu turbin gas, motor bakar torak, dan mesin propulansi pancar gas. Mesin pembakaran luar, proses pembakaran terjadi diluar mesin sehingga membutuhkan mesin untuk pembakaran, baru hasil panas pembakaran dialirkan ke mesin untuk diubah menjadi tenaga atau usaha, sebagai contoh yaitu ketel uap dan turbin uap. 
  2. Turbin Gas merupakan suatu pesawat kerja yang memanfaatan gas untuk memutar turbin dengan pembakaran internal. Didalam turbin gas, energi kinetik diubah menjadi energi mekanik melalui udara bertekanan yang mampu memutarkan turbin sehingga dapat menghasilkan usaha. Udara masuk melalui kompresor melalui inlet turbin. Gas yang bertekanan dan bertemperatur tinggi ini kemudian dibakar diruang bakar. Hasil pembakaran gas panas dan bertekanan tinggi dialirkan ke roda turbin untuk mendapatkan usaha. Kemudian udara panas yang telah melewati roda turbin  dibuang melalui exhaust.
  3. Motor Listrik merupakan sebuah perangkat elektormagnet yang merubah energi listrik menjadi energi mekanik. Energi mekanik ini yang digunakan atau dimanfaatkan ke media lain seperti mixer, pompa air, dan lain sebagainya. 
  4. Sell Bahan Bakar (Fuel Cell) pada dasarnya sama seperti baterai. Fuel cell merupakan pesawat kerja yang menggunakan reaksi kimia untuk menghasilkan listrik. Perbedaan fuel cell dengan baterai yaitu apabila baterai membutuhkan pengisian dan pengosongan kimia, maka fuel cell membutuhkan pengisian bahan bakar untuk menghasilkan listrik. Bahan bakar dielektrolisis untuk menghasilkan elektron. Salah satu bahan bakar yang digunakan pada fuel cell yaitu hidrogen.
  5. Solar Cell merupakan pesawat kerja yang mampu mengubah energi panas matahari menjadi energi listrik. Secara sederhana, solar cell terdiri dari persambungan bahan semi konduktor p dan n sehingga ketika terkena panas terdapat atau terjadi aliran elektron atau aliran listrik. 
Beberapa mesin atau pesawat kerja diatas merupakan mesin konversi energi yang banyak digunakan terutama dalam bidang otomotif. Selain itu terdapat macam-macam mesin konversi energi yang berbeda-beda fungsinya.

0 Response to "Jenis-Jenis Dan Fungsi Mesin Konversi Energi Dalam Otomotif"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel