Fungsi Dan Jenis Alat Pemadam Kebakaran (APAR) Di Dalam Bidang Otomotif

Dalam bidang otomotif, alat pemadam kebakaran atau APAR sangat penting dalam bagian workshop equipment untuk menjaga keselamatan dan kesehatan kerja. 

Pengertian APAR

Alat pemadam api ringan atau APAR merupakan sebuah alat yang berfungsi untuk memadamkan dan mengendalikan api kecil. Alat pemadam api ringan ini biasanya berbentuk tabung berwarna merah yang berisikan zat pemadam. 

Jenis-Jenis Kebakaran

Jenis alat pemadam api ringan atau APAR mempunyai kapasitas untuk memadamkan api sesuai dengan peruntukannya. Kebakaran dapat dibedakan sesuai dengan jenis bahan yang terbakar sehingga proses pemadaman dapat dilakukan secara benar. Berikut jenis-jenis kebakaran:
  • Kebakaran kelas A merupakan kebakaran akibat bahan-bahan non logam seperti kertas, plastik, kayu, dan lain sebagainya. Apar yang cocok digunakan yaitu Foam, Water, Dry Powder.
  • Kebakaran kelas B merupakan kebakaran yang diakibatkan oleh bahan-bahan cair yang mudah terbakar seperti bensin, minyak tanah, dan lain sebagainya. Apar yang cocok digunakan yaitu CO2, Foam, dan Dry Powder.
  • Kebakaran kelas C merupakan kebakaran yang diakibatkan oleh listrik bertegangan tinggi seperti konsleting listrik, dan lain sebagainya. Apar yang cocok digunakan yaitu CO2 dan Dry Powder.
  • Kebakaran kelas D merupakan kebakaran yang diakibatkan oleh logam-logam seperti sodium, magnesium, alumunium, dan lain sebagainya. Kebakaran jenis ini memerlukan apar khusus untuk memadamkannya.
  • Kebakaran kelas K merupakan kebakaran yang terjadi akibat minyak masak ataupun lemak yang banyak digunakan didapur masak. Apar yang cocok digunakan yaitu CO2 dan Foam.

Jenis-Jenis Alat Pemadam Api Ringan

Berdasarkan bahan pemadam, alat pemadam api ringan dapat dibedakan menjadi beberapa macam. Berikut macam-macam alat pemadam api ringan dan fungsinya:
  1. Alat Pemadam Api Ringan Jenis Cairan atau water merupakan jenis APAR yang diisikan ari bertekanan tinggi. APAR ini merupakan jenis pemadam api ringan yang paling ekonomis yang dapat digunakan untuk memadamkan api berjenis no logam seperti kayu, dan lain sebagainya.
  2. Alat Pemadam Api Ringan Jenis Foam merupakan APAR yang terdiri dari bahan kimia yang mampu membentuk busa atau foam. Busa AFFF (Aqueous Film Forming Foam) yang disembur keluar akan menutupi bahan yang terbakar sehingga oksigen tidak akan masuk dan api akan mati. 
  3. Alat Pemadam Api Ringan Jenis Serbuk Kimia/Dry Chemical Powder merupakan serbuk kimia kombinasi mono amonium dan ammonium sulphate. Serbuk kimia kering ini akan memisahkan oksigen dengan unsur lain sehingga api menjadi padam.
  4. Alat Pemadam Api Ringan Jenis CO2 menggunakan karbondioksida atau CO2 sebagai  bahan pemadamnya. 

Cara Menggunakan APAR

  1. Menarik pin pengaman (Safety Pin) APAR
  2. Mengarahkan nozle atau selang ke sumber api.
  3. Menekan pemicu pada APAR untuk menyemprot
  4. Mengayunkan ke seluruh sumber api.
Beberapa hal diatas merupakan fungsi alat pemadam api ringan (APAR) yang sering digunakan pada bidang otomotif. Selain itu terdapat macam-macam alat pemadam api ringan atau APAR dan fungsinya.

0 Response to "Fungsi Dan Jenis Alat Pemadam Kebakaran (APAR) Di Dalam Bidang Otomotif"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel