Cara Paling Mudah Membaca Kode Baterai

Kode baterai tersebut menunjukan ukuran, kapasitas, dan posisi terminal positifnya. Kode baterai memiliki standarisasi sehingga perlu diketahui bagaimana cara membaca kode baterai. Kode baterai terdiri dari: kemampuan, lebar dan tinggi, panjang, dan posisi terminal baterai. 

Setiap baterai dibuat standarisasinya agar keamanan terjamin. Termasuk pemberian kode pengenal sesuai standar industri jepang (JIS). Kode baterai tersebut menunjukan ukuran, kapasitas, dan posisi terminal positifnya. Dengan adanya kode baterai ini maka dalam proses perawatan maupun perbaikan dapat berjalan lebih muda.

Cara Membaca Kode Baterai

1. Lokasi Kode Pengenal Baterai


Tanda pengenal baterai biasanya terletak pada bagian atas kotak baterai atau lebih tepatnya pada cover tutup kotak baterai. Lebih tepatnya, letak kode baterai berada diantara terminal positif dan terminal negatif dicetak secara timbul agar tidak mudah hilang.

2. Informasi Kode Pengenal  Baterai

Dalam kode pengenal baterai terdapat huruf dan angka yang masing-masing mempunyai arti dan fungsi yang berbeda. Berikut fungsi kode baterai:

55                        D                                      23                           L
Kemampuan       Lebar dan tinggi baterai   Panjang Baterai     Posisi Terminal Baterai

a. Kemampuan
Kemampuan pada kode pengenal baterai menunjukan kapasitas baterai secara tidak langsung. Daftar dibawah meruapakan hubungan kode pengenal baterai dan kapasitasnya. Kapasitas dinyatakan dalam Amper Hours.

b. Lebar dan Tinggi Baterai
Kombinasi lebar dan tinggi baterai ditunjukan salah satu dari 8 huruf sebagai berikut:


c. Panjang Baterai
Panjang baterai ditunjukan oleh kode angka ke 4 dan 5 dalam satuan centimeter. Sebagai contoh saja, angka 23 menunjukan panjang baterai 23 cm.


d. Posisi terminal positif
Posisi terminal positif baterai ditunjukan oleh kode huruf terakhir yaitu R, L, atau bahkan kosong. R menunjukan terminal positif berada di posisi kanan, sedangkan L menunjukan terminal positif berada di posisi kiri. Sementara kosong menunjukan bahwa terminal sejajar dengan lebar baterai.




Diatas merupakan cara membaca kode baterai. Kode baterai memiliki arti tersendiri sehingga dapat digunakan ketika diperlukan penggantian, pemasangan, maupun perbaikan.

1 Response to "Cara Paling Mudah Membaca Kode Baterai"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel